Inilah Daftar 22 Gunung Tertinggi Di Dunia

Gunung Everest

1. Everest, Nepal (8.848 meter). Gunung yang disebut sebagai puncak tertinggi di dunia ini ditemukan oleh Sir George Everest. Ia juga yang memperkirakan berapa ketinggian dari gunung ini memiliki puncak tertinggi yang diukur dari atas permukaan laut. Ketinggian gunung Everest sendiri baru diukur secara matematis oleh seorang india bernama Radanath Sikdar dengan menggunakan perhitungan trigonometrik dan menghasilkan ukuran sebesar 8.848 meter. Sebagian orang menganggap justru harusnya penamaan gunung tersebut diberikan kepada Sikdar bukan Everest. Sir Edmund Hilary dan Tenzing Norgay merupakan orang yang pertama kali mampu menaklukan gunung Everest melalui ekspedisi pendakian yang mereka lakukan. Setelah mereka melakukan ekspedisi pendkian barulah banyak ekspedisi-ekspedisi lain yang dilakukan untuk menaklukan pencak Everest dengan keunikan ceritanya masing-masing. Puncak Everest sendiri senantiasa tertutup oleh salju terkecuali pada wilayah-wilayah yang diterpa oleh angin kencang.

Gunung Everest itu sendiri dikenal dengan banyak nama. Orang Tibet atau China menyebut gunung ini sebagai Qomolangma, Chomolungma atau Zhumulangma yang artinya Dewi Ibu Pegunungan. Sedangkan di Nepal gunung ini dikenal dengan nama Sagarmatha yang berarti ‘Dahi di Langit’.

Dengan demikian, Gunung Everest saat ini menjadi gunung tertinggi di dunia dilihat dari ketinggiannya di permukaan laut.  Nah, itulah daftar gunung tertinggi di dunia. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.