Inilah Daftar 5 Gunung Tertinggi Di Dunia

Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol dibandingkan wilayahnya sekitarnya.

Gunung yang merupakan bagian dari gambaran demografi bumi menjadi sesuatu yang menarik dan tidak habis dibahas terutama bagi para pencinta alam dan petualangan. Berbagai ekpedisi pendakian dilakukan dalam rangka menaklukan ketinggian berbagai gunung yang ada. Di Indonesia sendiri terhitung begitu banyak gunung yang menarik dan menjadi favorit para pencinta alam sebagai jalur pendakian. Beberapa di antara yang populer antara lain Semeru, Gede Pangrango, Rinjani, Ceremai dan banyak yang lainnya.

Semakin sering kita mencoba mendaki semakin terpacu pula semangat dan hasrat kita untuk dapat mendaki gunung-gunung yang memiliki ketinggian lebih dari yang lainnya. Oleh karena itu berikut adalah 5 daftar gunung yang disebut-sebut sebagai gunung tertinggi di dunia:

5. Makalu, Nepal (8.463 meter). Gunung Makalu merupakan salahsatu gunung yang termasuk dalam jajaran 5 gunung tertinggi di dunia. Gunung Makalu ini termasuk gunung yang sulit didaki, selain karena ketinggiannya, jalur pendakian yang curam membuat gunung ini menjadi semakin sulit didaki. Usaha pendakian gunung Makalu ini pertama kali dilakukan pada tahun 1954, namun justru baru setahun kemudian gunung ini sukses didaki oleh tim ekspedisi dari Perancis. Gunung ini terletak hanya 19 kilometer dari Everest yang disebut sebagai puncak tertinggi dunia

 

 4. Lhotse, Nepal (8.516 meter). Gunung Lhotshe berada pada posisi keempat sebagai salahsatu dari gunung tertinggi yang ada di bumi. Terletak di perbatasan Nepal dan Tiongkok gunung ini langsung terhubung dengan puncak tertinggi everest. Gunug ini juga terhitung sangat sulit untuk didaki dan ditaklukan, tercatat baru pada tahun 2001 gunung ini berhasil ditaklukan oleh tim ekspedisi yang berasal dari Rusia.

 

 3.Nepal (8.586 meter). Gunung Kangchenjunga yang berada pada urutan ketiga gunung dengan puncak tertinggi ini memiliki wilayah yang masuk dalam empat negara yaitu Cina, India, Nepal dan Bhutan. Kangchejunga memiliki panggilan sebagai The Five Treasures of Snows atau Lima Harta Karun Salju, karena memiliki lima puncak dengan ketinggiaan yang sangat menjulang.Wilayah gunung ini juga memiliki taman nasional yang diperuntukan melindungi hewan-hewan langka seperti panda merah, burung dan tanaman-tanaman khas dari Nepal.

 

 2. Godwen Austen, Pakistan (8.611 meter). Gunung ini terdapat di wilayah Karakoram Pakistan. Godwen Austen yang dikenal juga sebagai K-2. Pemberian label K-2 itu sendiri diberikan oleh Thomas Montgomery untuk menamai puncak-puncak yang ada. Godwen Austen juga dikenal sebagai gunung yang buas untuk para pendaki, sebab banyak sekali memakan korban ketika pendakian dilakukan. Pendakian yang paling aman dilakukan adalah melalui wilayah Pakistan sebab hampir tidak mungkin gunung ini didaki dari wilayah China.

 

 1. Everest, Nepal (8.848 meter). Gunung yang disebut sebagai puncak tertinggi di dunia ini ditemukan oleh Sir George Everest. Ia juga yang memperkirakan berapa ketinggian dari gunung ini memiliki puncak tertinggi yang diukur dari atas permukaan laut. Ketinggian gunung Everest sendiri baru diukur secara matematis oleh seorang india bernama Radanath Sikdar dengan menggunakan perhitungan trigonometrik dan menghasilkan ukuran sebesar 8.848 meter. Sebagian orang menganggap justru harusnya penamaan gunung tersebut diberikan kepada Sikdar bukan Everest. Sir Edmund Hilary dan Tenzing Norgay merupakan orang yang pertama kali mampu menaklukan gunung Everest melalui ekspedisi pendakian yang mereka lakukan. Setelah mereka melakukan ekspedisi pendkian barulah banyak ekspedisi-ekspedisi lain yang dilakukan untuk menaklukan pencak Everest dengan keunikan ceritanya masing-masing. Puncak Everest sendiri senantiasa tertutup oleh salju terkecuali pada wilayah-wilayah yang diterpa oleh angin kencang.