Inilah Cara yang Bisa Anda Lakukan Untuk Menghindari Menangis Saat Memotong Bawang

Banyak hal unik dan menarik dari ilmu pengetahuan yang sangat menarik dan berguna untuk andaa aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Faktanya sebagian besar cara unik tersebut biasanya akan membantu kita dalam melakukan sebuah pekerjaan agar bisa dikerjakan dengan lebih ringan dan mudah. Berbicara mengenai cara fakta dan cara unik melakukan sesuatu pekerjaan, contoh yang paling sederhana adalah pada saat anda sedang bekerja di dapur.

Pekerjaan di dapur biasanya adalah memasak, pada saat itu biasanya anda akan melakukan banyak hal dari mulau mengupas sayuran, memotongnya hinga mengolahnya menjadi sebuah hidangan yang lezat bagi keluarga anda. dari sekian banyak hal yang anda lakukan di dapur salahsatunya adalah memotong bawang. Memotong bawang terkadang menjadi pekerjaan yang cukup besar, apalagi bawang bombay yang biasanya akan membuat mata anda perih hingga mengeluarkan air mata.

12-memotong-bawang

Tahukah anda mengapa anda menangis ketika memotong bawang? Ternyata mekanisme menangis yang selama ini terjadi adalah air mata yang keluar setiap kali menangis itu diproduksi oleh kelenjar yang berada di sudut-sidut mata dan akan mulai memproduksinya dikala ia merasa terganggu dan terangsang oleh suatu hal. Dalam kasus memotong bawang ini kelenjar tersebut ternyata terangsang oleh sebuah zat dari bawang yang menguap ke udara dan mengenai mata, zat tersebut bernama syn-propanethial-S-oksida. Zat kimia tersebut muncul tepat ketika bawang mulai dipotong dan menguap kemudian merangsang mata kelenjar-kelenjar mata anda.

Melihat hal tersebut faktanya ada sebuah cara unik yang bisa anda tempuh untuk mengatasinya, sehingga ketika anda memotong abwang, anda tidak perlu lagi menteskan air mata dan mengalami drama selama memasak. Ada beberapa cara yang biasanya dilakukan unutk mengatasinya antara dengan merendam bawang terlebih dahulu dalam air kemudian mengupasnya sambil merendamnya dalam air. Cara kedua adalah dengan cara meletakannya terlebih dahulu ke dalam lemari pendingin dan mengupasnya dalam keadaan dingin pada saat dikeluarkan, hal tersebut membuat bawang tidak mengeluarkan uapnya dengan cepat sehingga anda masih memiliki waktu cukupuntuk mengupas dan memotong bawnag tanpa menangis.

Dari sekian banyak cara yang dilakukan tersebut ternyata yang paling unik dan mudah adalah dengan cara mengunyah permen karet sembari mengupas bawang. Faktanya mengunyah permen karet selagi mengupas bawang bisa membantu anda tidak menangis selama melakukan pekerjaan dengan bawang. Pada dasarnya ternyata hal tersebut dapat dilihat dari ilmu pengetahuan, sebab ketika memotong atau mengupas bawang dengan mengunyah permen karet maka mulut anda terbuka lebih lebar dan membuat anda bernafas melalui mulut, hal tersebut membuat uap zat kimia yang menguap dari bawang jumlahnya sedikit sekali yang mampu merangsang dan mengiritasi kelenjar air mata, sehingga anda terhindar dari menangis selama bekerja dengan bawang.

Dengan mengetahui fakta tersebut tentunya dapat membantu anda agar tidak kembali menangis ketika bekerja dengan bawang, meskipun demikian ternyata ada sebagian orang yang merasa menangis ketika mengupas bawang juga menjadi sebuah terapi yang cukup baik untuk membersihkan mata mereka melalui air mata yang keluar.

Bagaimana menarik bukan fakta dan cara unik untuk menghindarkan diri dari menangis selama memotong bawang. Mari berbagi dengan teman dan sahabat mengenai cara unik ini. Jangan lupa juga untuk memberikan komentar mengenai fakta dan cara unik tadi dengan memasukan pendapat anda dalam kolom komentar yang tersedia di bagian bawah. Terima kasih.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook