Inilah Alasan Mengapa Dilarang Meminum Air Es Saat Berbuka Puasa

Puasa adalah menahan makan dan mimum serta menghindari perbuatan buruk lainnya selama dalam waktu yang telah ditentukan, yakni mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari.

Ketika menjalankan puasa tidak jarang jika kita selalu dilanda lapar dan haus. Dalam keadaan tersebut selalu muncul keinginan untuk memninum air es. Namun karena puasa, maka keinginan meminum air es akan ditunda sampai tiba waktunya berbuka puasa. Dan memang pada kenyataannya setelah menahan lapar serta haus selama sehari penuh, mengawali buka puasa dengan air es atau minuman dingin akan sangat nikmat dan menyegarkan, karena air es dipercaya sebagai pilihan terbaik untuk menyingkirkan rasa haus yang dirasa.

Hampir semua orang memiliki kebiasaan meminum air es atau minuman dingin saat berbuka puasa. Tanpa memikirkan akibat yang akan terjadi mereka selalu melakukan kebiasaan tersebut dalam setiap harinya. Tahukah anda meminum air es saat buka puasa merupakan kebiasaan buruk yang harus kita semua hindari. Mengada demikian? Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bahaya meminum air es saat berbuka puasa. Dan mungkin sebagian orang tidak atau kurang paham akan informasi ini.

Air-es-untuk-buka-puasa

Meminum air es saat berbuka puasa akan menimbulkan kontraksi lambung. Pernyataan ini disampaikan oleh salah satu dokter dari IDI atau Ikatan Dookter Indonesia yakni dokter Nursyam.

Menurut beliau berbuka puasa akan lebih baik jika diawali dengan minuman manis yan memiliki suhu hangat-hangat kuku. Karena hal tersebut dipercaya baik untuk mengembalikan energi yang hilang serta menstabilkan kembali kondisi tubuh yang diakibatkan karena lambung kosong selama sehari penuh mejalankan puasa.

Menurutnya, jika kita tetap ingin minum air es maka setidaknya kita harus memberikan jeda dalam waktu kurang lebih 5 sampai 10 menit dan baru kemudian bisa meminum air es, karena setelah waktu jeda ini maka kondisi perut akan kembali stabil.

Dokter Nursyam pun menjelaskan apabila lambung dalam keadaan kosong selama 14 jam atau lebih dan langsung dihantam air es, hal yang akan terjadi yaitu lambung menjadi kaget dan kemudian akan berkontarksi.

Nah, dalam menjalankan puasa maka ada baiknya jika kita semua mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup banyak sebelum tidur dan disaat sahur kurang lebih sekitar 1 sampai 2 liter. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kita bisa tetap menjaga kebuthkan mineral yang diperlukan oleh tubuh saat berpuasa. Untuk mencukupi kebutuhan mineral, kita juga bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti sayur dan juga buah-buahan.

Selain mampu menjaga asupan mineral, serat pun mampu menjaga keadaan perut agar tidak mudah lapar. Tidak hanya itu, serat pun mampu menjaga kapasitas daya tampung air di dalam lambung kita sehingga kita tidak akan merasakan haus selama puasa. Dengan begitu maka kita bisa menghindari meminum air es atau minuman dingin ketika berbuka puasa.

Nah, sekarang sudah tahu dan paham alasan mengapa dilarang mengkonsumsi air es pada saat berbuka puasa? Menjaga kesehatan tubuh saat bulan puasa adalah hal penting yang harus kita lakukan, oleh sebab itu kita semua harus bisa memastikan kondisi tubuh tetap terjaga selama satu bulan penuh puasa. Salah satu cara yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan yaitu dengan menghindari makanan atau minuman yang memang akan berpengaruh buruk pada keadaan tubuh seperti misalkan air es yang telah dijelaskan di atas.

Setelah mengetahui informasi ini akan lebih baiknya jika anda membagikannya kepada orang-orang di sekeliling anda dengan cara klik tombol share yang telah tersedia.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook