Inilah 5 Situs Warisan Dunia yang Terancam Bahaya dan Punah

Perkembangan dan kemajuan yang terjadi pada dasarnya selalu membawa 2 bilah sisi, yakni positif dan negatif.

Salahsatu hal yang negatif adalah adanya kecenderungan manusia terhadap kurangnya keperdulian terhadap alam. Dalam perkembangannya, pembangunan dan perkembangan membawa dampak buruk juga terhadap alam tempat kita tinggal baik secara lokal maupun keseluruhan bumi ini. pekembangan dunia saat ini juga tidak lepas dari sejarah dan kehidupan masa lalu. Kehidupan di masa lalu bisa kita lihat dari berbagai situs yang tersebar di banyak lokasi di dunia. Tiap situs memiliki ceritanya masing masing terkait dengan perkembangan baik secara peradaban maupun bentang alam yang kita tinggal saat ini.

Berikut ini ada 5 lokasi situs warisan dunia yang terancam bahaya dan punah. Ancaman bahaya pada lokasi berikut ini terjadi pada alamnya yang ditandai dengan menurunnya jumlah populasi dan spesies yang ada di lokasi tersebut.

12-situs-dunia-terancam-punah

Mau tahu situs warisan dunia mana saja yang terancam bahaya kepunahan? Mari simak artikel berikut ini.

05. Air and Tenere National Nature Reserve

Berbagai macam persoalan muncul berselang satu tahun kemudian setelah Air and Tenere National Nature Reserve ditetapkan oleh UNESCO sebagai cagar warisan dunia. Terletak di Afrika Barat lokasi ini memiliki keindahan dan bentang alam yang menakjubkan dengan terbagi atas area padang pasir dan juga lahan yang cukup penting bagi perkembangan burung. Persoalan perang dan konflik militer dan berbagai hal alam lainya yang menyebakan populasi satwa di sana terus menerus berkurang.

04. Congo Basin

Congo Basing diketahui sebagai sebuah areal atau lahan hutan tropis terbesar kedua di dunia dengan luas mencakup hingga 6 negara di wilayah Benua Afrika. Berisi hingga 70% vegetasi dari seluruh dunia hutan ini diketahui memiliki persoalan sangat besar terkait dengan kerusakan alamnya. Eksploitasi besar-besaran yang dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk keperluan materi perseorangan, perang antar negara yang berkepanjangan, pembukaan lahan pertanian yang tidak bijaksana menjadi faktor-faktor besar yang menyebabkan deforestasi hutan di wilayah Congo Basin ini.

03. Madagascar

Pembalakan kayu liar atau dikenal juga dengan illegal loging mungkin menjadi salahsatu masalah pelik yang menjadi sumber kehancuran bagi populasi yang ada di dunia. Perkembangan industri yang berkembang juga mungkin menuntut adanya suplai bahan alam yang besar, namun pemanfaatan yang tidak didasari rasa tanggung jawab membuat alam hancur. Madagaskar adalah salahsatu lokasi yang mengalami hal tersebut. sebagai salahsatu situs warisan dunia karena kekayaan alamnya, kini Madagaskar ditetapkan sebagai salahsatu situs warisan dunia yang terancam kepunahan dan bahaya super besar. bayangkan saja, dengan kepemilikan hutan yang awalnya mencapai 120.000 meter persegi kini yang tersisa hanya 20.00 meter persegi dan kemungkinan besar terus menyusut jika dibiarkan.

02. Sungai Yangtze

Sebagai salahsatu lokasi yang sangat penting bagi sejarah di negeri Tiongkok, sungai Yangtze ini ternyata berada di ambang punah dan terancam bahaya yang cukup besar. Setelah sebelumnya UNESCO menetapkannya ke dalam situs warisan dunia, Sungai Yangtze juga diberi label sebagai situs warisan dunia yang terancam punah. Polusi industri, sedimentasi dan berbagai hal lain karena ketidak bijaksanaan manusia membuat sungai ini terancam.

01. Taman Nasional Everglades

Anda bisa menemukan hingga 800 spesies hewan di hutan ini bahkan ada 200 situs arkeologi di dalamnya, namun sayang Hutan Everglades kini ditetapkan sebagai salahsatu situs warisan dunia UNESCO yang berada di titik ancaman bahaya dan kepunahan. Polusi yang terjadi dari waktu ke watu membuat cukup banyak populasi menghilang dari hutan ini.

Demikian 5 situs warisan dunia yang terancam bahaya dan kepunahan. Jangan lupa ajak temanmu melestarikan alam sekitar dan bertanggung jawab terhadap alam dengan menekan tombol share di bagian bawah halaman ini.

Leave a Reply