Inilah 5 Fakta Kenapa Bunga Edelweis Tidak Boleh Dipetik Yang Harus Kamu Tahu

Berbicara tentang bunga Edelweis tentu kalian sudah tidak asing mendengar nama ini. Bunga edelweis identik dengan bunga keabadian. Kenapa bunga Edelweis dijuluki sebagai bunga abadi? Yuk, kita simak fakta-fakta menarik tentang bunga edelweis.

Bunga dengan nama latin Leontopodium Alpinum ini dapat Anda temukan di pegunungan. Dijuluki sebagai bunga abadi karena didalam bunga Edelweis terkandung hormon etilen yang tidak dapat menyebabkan bunganya berguguran sehingga bunga selalu seperti itu sepanjang waktu. tentunya, bunga Edelweis menjadi primadona bagi setipa pendaki. banyak diantara pendaki yang hanya ingin melihat dan memetik bunga tersebut. Namun, dengan keindahan yang dipancarkan dari bunga Edelweis membuat Pemerintah Indonesia melarang keras pendaki untuk memetik bunga Edelweis ini.

Beberapa ciri-ciri bunga Edelwies yang perlu Anda ketahui adalah mekar pada kurun waktu bulan April sampai dengan Agustus dan kelopak bunga berwarna putih. Nah, jika Anda ingin melihat indahnya bunga Edelweis yang bermekaran, Anda sebaiknya mendaki pada bulan tersebut.

Beberapa pegunungan yang terkenal dengan jumlah bunga Edelweis yang banyak diantaranya Gudung Gede Pangrango di Bogor, Gunung Merbabu, dan Gunung Rinjani.

Karena keindahan dan cantiknya bunga Edelweis ini membuat kelestariannya terancam punah. Banyak pendaki yang tidak bertanggung jawab memetik bunga Edelweis ini sebagai oleh-oleh. Justru, hal ini membuat bunga Edelweis terancam punah.

Jika Anda tahu kenapa bunga Edelweis tidak boleh dipetik, yuk simak fakta-fakta berikut ini:

Bunga Edelweis hanya tumbuh dipegunungan

Sebagai bunga yang hanya dapat tumbuh di pegunungan tentu ini merupakan tugas kita semua agar bunga jenis ini tidak punah begitu saja. Umumnya, bunga Edelweis hanya bisa tumbuh pada ketinggian sekitar 2000 mpdl keatas. Ini tergantung pula pada kelembaban dan suhu udara pada ketinggian. Dengan membawanya turun kebawah setelah mendaki tentu akan mengancam kehidupan bunga ini, dimana bunga ini dapat mati dan layu cepat atau lambat.

Disebut sebagai bunga abadi

Tentu, bunga ini terkenal dengan bunga abadi yang mana bunga dengan mekar paling lama didunia yaitu lebih dari 10 tahun. Hal ini disebabkan oleh bunga Edelweis yang mengandung hormon etilen yang dapat mencegah kerontokan pada kelopak bunga.

Bunga yang dilindungi oleh undang-undang

Selain bunga yang sangat sulit ditemukan karena hanya tumbuh dipegunungan. Bunga Edelweis juga dilindungi oleh Pemerintah Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem pasal 33 ayat 1.

Nah, jika Anda memetik bahkan mencabut bunga Edelweis untuk oleh-oleh sudah pasti itu tidak dibenarkan. Jadi, Anda harus menahan diri untuk tidak mencabut bungna Edelweis meskipun bunga itu sangat cantik.

Sebagai simbol dan logo

Bunga yang tersebar dibeberapa pegunungan tersebut kerap dijadikan sebagai logo dan simbol baik oleh lembaga pemerintahan maupun perusahaan. Faktanya, bunga Edelweis Jawa pernah dijadikan sebagai simbol pada perangko Pos Indonesia. Di beberapa negara Eropa, bunga Edelweis dijadikan sebagai simbol pada logo sebuah lembaga dan uang koin.

Terancam punah

Fakta yang terakhir yakni bunga Edelweis terancam punah saat ini. Tercatat 636 batang telah diambil dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Diketahui tempat ini sebagai tempat perlindungan terakhir dalam melestarikan bunga abadi ini. Sementara itu, di Gunung Bromo dilaporkan bahwa bunga Edelweis telah punah.

Nah, jika Anda ingin menikmati keindahan Edelweis , tentu ketika Anda mendaki jangan sampai Anda memetik bunga abadi ini. Tapi, ajaklah teman-teman dan rekan Anda untuk melihat langsung dan menjaga kelestariannya. Jangan lupa share ya fakta-fakta ini ke sahabatmu agar kita sama-sama menjaga kelestarian alam Indonesia.

“Jangan bawakan Edelweis untuk orang yang kamu cintai, tapi bawalah orang yang kamu cintai ke Edelweis”

 

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook