Ini Ternyata Aktor Laga Internasional Pertama Dari Indonesia? Silahkan Simak Di Sini!

Geliat film laga di Indonesia belakangan ini memang sangatlah begitu pesat. Berbagai pujian dan apresiasi mulai berdatangan dari negara-negara adikuasa dalam film laga layaknya Amerika. Seiring dengan sumber daya yang terus digenjot dan kemasan yang baik, film seperti The Raid sukses merebut hati banyak penggemarnya.

Keberhasilan film laga yang begitu menggebrak pentas film laga dunia juga tentunya tidak bisa dipisahkan dari akting sang aktor/aktris di dalamnya. Nama-nama seperti Iko Uwais, Joe Taslim, Yayan Ruhiyan dan banyak lainnya merupaakan aset penting yang kini dimiliki perfilman laga dalam negeri. Berkat aktingnya yang begitu baik serta kemampuan bela diri yang tidak perlu diragukan menjadi dasar bagi mereka terlibat dalam sejumlah judul film internasional. Sebut saja seperti Fast Furious atau yang paling terbaru adalah Stars Wars.

loh lieh

Berbicara lebih lanjut mengenai film laga Indonesia, khususnya para aktor atau aktrisnya, maka pernahkah anda mendengar nama Loh Lieh? Bagi anda penggemar film laga Hongkong di tahun 60an hingga 2000, maka nama aktor ini pastilah sudah tidak asing lagi. Aksinya dalam film laga sudah sering sekali muncul bersama nama besar lainnya seperti Bruce Lee atau Jackie Chan. Sudah lebih dari 200 judul film telah ia mainkan.

Loh Lieh sendiri merupakan seorang aktor kawakan yang lahir di Pematang Siantar (Hindia – Belanda) pada 29 Juni 1939. Masa kecil Loh Lieh sendiri dihabiskan tinggal an hidup di Indonesia. Namun pada akhirnya sang orang tua mengirimkannya kembali ke China di tahun 1962. Tidak disangka keberangkatannya ke China di tahun 1962 menjadi langkah besarnya masuk ke dalam dunia perfilman laga Hongkong yang kala itu begitu mendunia.

Di Hongkong lantas Loh Lieh kemudia bergabung bersama dengan sebuah perusahaan film yang cukup dikenal saat itu, yakni Shaw Brothers. Keputusan Loh Lieh agaknya cukup tepat, karena di era itu, Shaw Brothers dikenal sebagai sebuah perusahaan film yang memiliki reputasi yang sangat baik. Setelah bergabung dengan Shaw Brothet Loh Lieh kemudian menggunakan nama panggung Joe Lee.

Selama rentang tahun 1965 hingga tahun 1969 Loh Lieh tampil begitu memukau di tiap judul peran yang ia mainkan. Sebagai tokoh protagonis Loh Lieh selalu mampu merebut hati para penonton dengan kepiawaian akting yang sipadukan dengan bela diri yang begitu mumpuni. Di tahun 1970, Loh Lieh kemudian bergabung dengan perusahaan film internasional yang sudah tidak asing lagi, yakni Warner Bross. Bergabung dengan Warner BrossLoh Lieh kemudian turut ambil bagian dalam film berjudul King Boxer. Film ini begitu sukses dan mampu menyebarkan virus kung fu ke seluruh dunia.

Menyusul kesuksesannya dalam film King Boxer, karir Loh Lieh terus melaju dengan bermain bersama Bruce Lee dalam film yang berjudul film Fist of Fury II. film Fist of Fury II sendiri merupakan salahsatu film laga Hongkong beraroma kungfu yang begitu sukses diterima oleh para penikmat dunia pada tahun tersebut.

Hingga akhir hayatnya, Loh Lieh sendiri tetap bersemangant mengabdi untuk dunia perfilman. Tidak hanya sebagai aktor, di suatu ketika ia juga mencoba menjadi art director yang merangkap asisten sutradara. Ia juga sempat membiuntangi sebuah judul film di tahun 2001 sebelum akhirnya meninggal karena terserang oleh serangan jantung.

Demikianlah aktor film Indonesia yang pertama kali mampu menggebrak panggung internasional. Di tengah geliat film laga Indonesia era sekarang, kita juga tidak boleh melupakan keberadaan aktor laga legendaris satu ini. Silahkan bagikan artikel ini kepada teman anda dengan menekan tombol berbagi yang telah disediakan pada halaman ini.

Leave a Reply