Ini 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Ini Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami – Kesal dengan noda bekas jerawat yang tak kunjung hilang? Tak perlu khawatir, cara di bawah ini mungkin bisa membantu anda.

Masalah jerawat memang menjadi salah satu keluhan yang paling umum namun cukup kompleks dampaknya. Pasalnya, kehadiran jerawat yang ada pada tubuh anda mungkin bisa sembuh hanya dalam beberapa hari. Akan tetapi, noda yang ditinggalkannya bisa bertahan sangat lama. Bahkan sebagian noda bekas jerawat seperti bopeng bertahan selamanya bila tidak ada penanganan khusus.

Hal inilah yang seringkali menjadi kekhawatiran yang cukup besar pada si penderita jerawat. Karena noda bekas jerawat termasuk flek hitam akan tentu merusak kecantikan anda secara alami. Namun tak perlu khawatir dalam bahasan kali ini kami bahas cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. Baca juga: Ampuh! Begini 6 Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel

Ini Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Noda bekas jerawat yang disisakan rupanya bisa anda atasi dengan menggunakan bahan alami. Seperti yang kita ketahui penggunaan bahan alaminya biasanya lebih murah dan terjangkau. Hanya saja yang perlu digaris bawahi adalah penggunaan bahan alami akan butuh waktu yang lebih lama dibandingkan dengan obat dan perawatan secara profesional. Untuk itu, pastikan anda bersabar dan gunakan perawatan ini secara rutin.

Gunakan Masker Madu

Ini 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang pertama dan mudah untuk dilakukan adalah dengan menggunakan madu. Madu tak hanya berkhasiat untuk menghilangkan bekas jerawat, namun kandungan yang ada di dalamnya pun akan mampu mempercepat proses penyembuhan luka dan meminimalisir potensi pembentukkan jaringan parut yang terjadi pada luka.

Bahan alami ini tentu bermanfaat lebih baik dibandingkan dengan terus menerus menutupi bekas jerawat dengan makeup atau menghilangkannya dengan krim yang belum tentu jelas kandungannya. Adapun cara pemanfaatan madu untuk cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dapat disimak di bawah ini.

  • Pastikan anda membersihkan wajah terlebih dahulu secara merata. Hal ini penting dilakukan agar manfaat dari masker bekerja secara efektif.
  • Kemudian siapkan madu alami dalam sebuah wadah
  • Aplikasikan madu pada wajah dengan menggunakan kuas. Oleskan tipis namun merata.
  • Agar hasilnya efektif anda perlu mendiamkan terlebih dahulu bahan ini selama kurang lebih 30 menit agar meresap.

Gunakan Masker Lidah Buaya

Ini 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Selain madu, bahan alami selanjutnya yang akan dapat anda manfaatkan untuk cara menghilangkan bekas jerawat secara alami adalah lidah buaya. Lidah buaya diklaim punya manfaat dalam memudarkan kehadiran noda hitam bekas jerawat. Hal ini dikarenakan kandungan pada lidah buaya yakni aloin ampuh dalam mencerahkan pigmen kulit yang menggelap.

Selain ampuh dalam mengatasi bekas jerawat, sensasi dingin alami pada lidah buaya pun dipercaya mampu memberikan rasa tenang dan nyaman. Bahkan pada jerawat yang meradang, sifat anti-inflamasinya bermanfaat dalam mengempeskannya dengan cepat.

  • Untuk menggunakan lidah buaya sebagai penghilang noda bekas jerawat cukup mudah anda hanya perlu menyiapkan satu buah lidah buaya dengan ukuran yang sedang.
  • Bersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan air untuk membersihkan kotoran dan bakteri yang ada pada wajah.
  • Kupas lidah buaya dan ambil bagian dagingnya.
  • Oleskan dengan merata pada wajah yang terdapat dengan bekas noda jerawat.
  • Diamkan selama beberapa saat sampai bahan ini mengering dan meresap.
  • Lalu kemudian anda akan dapat membilas wajah seperti biasa.

Gunakan Masker Baking Soda

Ini 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Baking soda telah digunakan sebagai bahan pengembang kue namun siapa menyangka bila bahan yang satu ini ternyata punya khasiat yang juga baik untuk menghilangkan bekas noda secara alami. Hal ini dikarenakan baking soda dapat mengelupas sel kulit mati dan bekerja membantu mengurangi bekas jerawat.

Hanya saja, dampak dari penggunaan baking soda akan cukup kering setelahnya. Maka dari itu, anda disarankan untuk segera mengaplikasikan pelembab wajah setelah selesai menggunakan masker baking soda.

  • Cara pembuatan masker baking soda yang dapat anda lakukan adalah dengan menyiapkan baking soda sebanyak 2 sendok teh.
  • Kemudian masukkan ke dalam wadah dan campurkan bersama dengan 1 sendok air bersih.
  • Aduk dengan merata semua bahan ini sampai teksturnya menjadi pasta dengan merata.
  • Setelah itu, oleskan pada bagian wajah yang terkena dengan jerawat yang berbekas.
  • Lakukan pemijatan dengan lembut dengan arah melingkar secara merata.
  • Setelahnya, diamkan selama kurang lebih 10 menit agar bahan ini meresap.
  • Lalu bilas dan cuci wajah anda seperti biasa. Kemudian gunakan pelembab wajah.

Artikel menarik lainnya: Lebih Percaya diri dengan 5 Cara Menghilangkan Bopeng

Gunakan Masker Kunyit

Ini 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Bahan selanjutnya yang dapat anda manfaatkan untuk cara menghilangkan bekas jerawat secara alami adalah kunyit. Kandungan curcumin yang ada pada kunyit akan dapat membantu proses penyembuhan luka dengan lebih cepat. Tak hanya itu, kandungan di dalam kunyit pun berkhasiat sebagai anti-inflamasi.

Hampir sama dengan beberapa bahan di atas, kunyit adalah salah satu bahan rimpang yang hampir setiap rumah punya. Karena bahan ini menjadi bahan bumbu untuk masakan. Adapun cara menggunakan kunyit untuk cara menghilangkan bekas jerawat secara alami adalah dengan cara:

  • Kunyit yang digunakan adalah kunyit bubuk. Siapkan sebanyak 1 sendok makan kunyit ke dalam sebuah mangkuk.
  • Lalu setelah itu, anda akan dapat mencampurkannya dengan sedikit air perasan lemon hanya untuk mengentalkan teksturnya.
  • Kemudian bersihkan terlebih dahulu wajah anda agar ramuan masker ini tidak bercampur bersama dengan kotoran yang ada pada wajah.
  • Setelah itu, baru aplikasikan kunyit pada wajah yang terkena dengan bekas jerawat.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit hingga bahan ini meresap dengan merata.
  • Baru cuci dengan air hangat untuk menutup pori pada wajah. Gunakan sabun pencuci wajah yang memang cocok untuk jenis kulit anda.

Gunakan Masker Kulit Jeruk

Ini 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Selama ini kita mungkin mengenal kulit jeruk sebagai limbah yang hanya bisa digunakan untuk pupuk. Padahal, selain bermanfaat untuk kesuburan tanaman kulit jeruk juga bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan noda bekas jerawat secara alami. Hal ini dikarenakan kulit jeruk punya kandungan retinol alami yang bekerja sebagai pengangkat sel kulit mati dan juga berkhasiat memperbaharui sel-sel kulit yang rusak.

Lebih dari itu, kulit jeruk pun bermanfaat dalam mengontrol sekresi sebun, membantu memperbaiki kulit yang rusak dan bahkan mampu meningkatkan produksi kolagen yang tentunya baik untuk menjaga kesehatan kulit anda.

  • Adapun cara membuat masker kulit jeruk yang dapat anda lakukan adalah dengan telreih dahulu mengeringkan kulit jeruk dengan cara menjemurnya sampai benar-benar kering.
  • Lalu haluskan sampai teksturnya menjadi serbuk. Kemudian campurkan bahan ini bersama dengan 1 sendok teh susu murni.
  • Aduk dengan merata dan gunakan bahan ini untuk diaplikasikan sebagai masker pada wajah yang terkena dengan bekas jerawat.
  • Diamkan sampai meresap selama kurang lebih 10 menit hingga bahan alaminya bekerja dengan efektif memperbaiki kulit yang rusak akibat bekas jerawat.
  • Lalu setelah itu, baru anda akan dapat membilasnya dan melanjutkan cuci muka seperti biasanya.

Terbaru dari kami: 5 Tips dan Cara Membuat Wajah Glowing dengan Alami

Leave a Reply