Ini 4 Rahasia Cara Merawat Anggrek yang Benar

Ini 4 Rahasia Cara Merawat Anggrek yang Benar – Para pecinta tanaman bunga anggrek pasti tahu betul bahwa perawatan tanaman hias ini cukup rumit untuk dilakukan. Namun karena bunganya yang cantik dan penampilannya yang elok tidak sedikit orang yang ingin sekali punya tanaman ini di rumah. Mari simak rahasia cara merawat anggrek yang benar di bawah ini.

Salah satu tanaman bunga yang menjadi primadona di kalangan pecinta tanaman adalah bunga anggrek. Betapa tidak, selain rupanya yang elok, tanaman anggrek hadir dengan aneka ragam yang begitu banyak. Tercatat ada lebih dari 22 ribu spesies anggrek di seluruh dunia. Yang mana masing-masing perawatannya berbeda tergantung dari jenisnya.

Meskipun cukup rumit dalam perawatannya, namun ada beberapa panduan dan rahasia cara merawat anggrek yang baik dan benar. Seperti apa saja sih? Mari simak informasinya di bawah ini hanya untuk anda. Baca juga: 6 Panduan Cara Merawat Tanaman Agar Subur Makmur

Ini 4 Rahasia Cara Merawat Anggrek yang Benar

Biasanya, tanaman Anggrek yang ada di Indonesia rata-rata hidup secara epifit. Maksudnya adalah tanaman ini menumpang di tanaman lainnya namun tidak merugikan. Hal inilah yang membuat tanaman yang cantik ingin membutuhkan perawatan khusus. Mari simak cara merawat Anggrek yang baik dan benar dengan langkah di bawah ini.

Memberikan Tempat yang Ideal

Ini 4 Rahasia Cara Merawat Anggrek yang Benar

Cara merawat Anggrek pertama yang penting diperhatikan dengan baik adalah dengan memastikan anda senantiasa memberikan tempat yang ideal dengan lingkungan yang memang dibutuhkan oleh tanaman cantik yang satu ini. Adapun beberapa cara yang perlu diperhatikan dalam memberikan lingkungan yang tepat untuk tanaman bunga Anggrek diantaranya adalah:

  • Gunakan pot yang memiliki lubang drainase. Cara ini penting sekali agar tanaman Anggrek tidak mengalami kelebihan air ketika disiram. Kelebihan air yang menggenang pada pot akan merusak akarnya dan membuat anggrek mati.
  • Sediakan media tanam yang cepat mengalirkan air. Anda bisa menggunakan media tanam berbasis lumut maupun batang pohon untuk mengalirkan air dengan baik.
  • Tempatkan pot anggrek menghadap ke Timur atau Selatan dan letakkan dekat dengan jendela. Cara ini dilakukan untuk mendukung agar tanaman ini tumbuh subur dan mendapatkan pancaran sinar matahari yang cukup.
  • Suhu ruangan menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Minimal pastikan suhu ruangan anda berada di 16 sampai dengan 24 derajat Celcius. Ukuran suhu ini perlu diperhatikan sebab suhu yang sejuk dapat menunjang pertumbuhan anggrek lebih subur. Sementara pada suhu yang terlalu rendah akan membuatnya mudah mati.
  • Perhatikan pula sirkulasi udara agar terjaga dengan baik dalam rangka menjaga kesehatan akarnya. Bila perlu pasang kipas angin dalam jarak yang tidak terlalu dekat untuk memastikan udara di sekitarnya tetap bergerak.

Artikel terkait: 7 Cara Menanam Lidah Buaya di Dalam Ruangan

Perhatikan Proses Perawatan Anggrek

Ini 4 Rahasia Cara Merawat Anggrek yang Benar

Selain penempatannya, kita setuju jika proses perawatan tanaman anggrek bisa cukup rumit. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan bunga anggrek, termasuk proses penyiraman, pemberian pupuk dan pemangkasannya. Di bawah ini adalah beberapa proses perawatan pada tanaman anggrek yang bisa anda perhatikan dengan baik.

  • Apabila anda tinggal di lingkungan yang kering maka proses penyemprotan air dapat dilakukan setiap hari.
  • Penyiraman bunga anggrek sebaiknya dilakukan tepat sebelum mengering. Cara mengetahui hal ini adalah dengan menusukkan jari anda pada media dalam pot anggrek kemudian usap. Ketika anda merasakan kelembapan pada bagian jari maka siramkan sedikit air pada media pot anggrek.
  • Pemberian pupuk hendaknya diberikan sebulan sekali pada saat bunga anggrek mulai berbunga. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam pemberian pupuk adalah jangan menyirami tanaman ini selama beberapa hari setelah pemberian pupuk. Hal ini dikarenakan, nutrisi pada pupuk dapat mengalir keluar bersama dengan air.
  • Ketika batang tanaman anggrek sudah berbunga, sebaiknya batangnya dipotong. Hal ini dikarenakan bunga anggrek tidak akan tumbuh di batang yang sama, terkecuali untuk jenis tertentu yakni Anggrek Phalaenopsis.

Baca juga: 5 Cara Menanam Bunga Matahari yang Mudah

Perhatikan Penanganan Hama dan Penyakit

Ini 4 Rahasia Cara Merawat Anggrek yang Benar

Ketika anda sudah berhasil menanam bunga anggrek bukan berarti perjuangan anda sudah berhenti sampai disitu. Melainkan hal ini barulah dimulai sebab dari sinilah proses perawatan terhadap bunga anggrek baru dimulai. Sama seperti jenis tanaman lainnya, bunga anggrek adalah jenis tanaman yang tidak luput dari serangan penyakit dan hama. Oleh karenanya, dalam rangka menjaga pertumbuhan bunga anggrek agar tumbuh subur maka upaya pencegahan ini akan penting dilakukan.

  • Bunga anggrek sangat rentan dengan serangan kutu tempurung dan kutu putih. Kedua jenis hama ini bisa anda bersihkan dengan mengambilnya menggunakan tangan.
  • Bila anda mendapati bagian daun bunga anggrek sudah terlanjur terserang dengan hama maka tak perlu khawatir. Tindakan perawatannya adalah dengan mengelap bagian daun menggunakan air sabun.
  • Untuk tanaman anggrek yang terlanjur terserang hama bisa anda atasi dengan menyemprotkan insektisida.
  • Segera potong tanaman yang sakit. Daun anggrek yang berubah warna atau berbintik-bintik adalah tanda terserang penyakit. Untuk mencegah penularan pada tanaman lain segera pangkas dengan menggunakan pemotong.
  • Tanaman anggrek adalah salah satu jenis tanaman yang juga rentan terkena infeksi. Beberapa kondisi yang bisa menunjukkan anggrek yang terkena infeksi ditunjukkan dengan tanda-tanda munculnya bintik-bintik, akan menghitam atau mungkin kebusukan pada akar. Untuk mengatasi masalah ini pemberian fungisida atau bakterisida akan bisa anda lakukan.

Perhatikan Tata Letaknya

Ini 4 Rahasia Cara Merawat Anggrek yang Benar

Cara merawat anggrek selanjutnya yang penting untuk anda perhatikan dengan baik adalah pengaturan pada tata letaknya. Hal ini penting dilakukan untuk memberikan estetika yang lebih pada tanaman cantik yang satu ini. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatur tata letak pada tanaman anggrek, diantaranya adalah dengan:

  • Meletakkannya pada pot dan simpan pada rak-rak kemudian tata serapi mungkin.
  • Tinggi tanaman ini bisa anda atur kurang lebih satu meter dari permukaan tanah.
  • Hindari memberikan pengaturan pada lokasi yang berjenjang sebab hal ini akan memungkinkan aliran udara menjadi terhambat. Akibatnya mempengaruhi kesuburan dari tanaman yang satu ini.
  • Kelembapan udara pada tanaman ini perlu dijaga dengan sangat baik. Umumnya, tanaman anggrek akan membutuhkan kelembapan sebanyak 60 sampai dengan 70 persen.
  • Anda bisa membangun kolam ikan di bawah rak anggrek untuk menjaga kelembapan di lingkungan sekitar bunga ini tumbuh.
  • Pancaran sinar matahari akan sangat dibutuhkan untuk menunjang kesuburan dari tanaman anggrek. Anggrek yang mendapatkan pancaran sinar matahari yang cukup akan nampak berwarna hijau segar. Sebaliknya, jika warna daun bunga anggrek hijau tua ini menunjukkan pancaran sinar matahari yang didapatkan kurang.

Nah, itulah dia cara merawat anggrek yang penting untuk diperhatikan dengan sangat baik untuk menunjang agar tanaman cantik ini bisa tumbuh subur dan menghasilkan aneka ragam bunga cantik seperti yang anda bayangkan. Meskipun proses perawatannya cukup sulit, namun dengan memperhatikan beberapa hal di atas diharapkan dapat membantu anda menerapkan tanaman yang satu ini di rumah.

Baca juga: Sejuta Khasiat, Ini 6 Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

Leave a Reply