Ini 4 Aturan dan Cara Konsumsi Saffron Untuk Kesehatan

Ini 4 Aturan dan Cara Konsumsi Saffron Untuk Kesehatan – Saffron adalah sejenis rempah yang berasal dari Timur Tengah yang digadang punya sejuta manfaat untuk kesehatan. Cari tahu aturan dan cara konsumsi saffron untuk kesehatan.

Anda mungkin belum terlalu familiar dengan rempah unik berwarna merah yang dikenal dengan sebutan saffron. Rempah yang berasal putik bunga Saffron ini punya label sebagai rempah termahal di dunia. Bunga penghasil saffron adalah jenis bunga Crocus Sativus. Tidak sembarang putik bunga yang bisa diambil sebagai saffron. Melainkan bagian tangkai yang menghubungkan antara bagian bunga dan kepala putik itulah yang dipilih dan dinamakan saffron.

Selain keunikan tersebut, saffron punya fenomena harga fantastis yang mencengangkan. Untuk sekitar 450 gram saffron diharga sekitar 500-500 dolar AS. Bila dirupiahkan jumlah ini setara dengan 7 sampai dengan 70 juta. Baca juga: Mudah dan Murah 4 Langkah Cara Membuat Singkong Thailand

Ini 4 Aturan dan Cara Konsumsi Saffron Untuk Kesehatan

Nah, mengetahui harganya yang sangat mahal maka penting sekali mengetahui aturan dan cara konsumsi saffron yang baik dan benar agar jangan sampai anda menyia-nyiakan bahan rempah yang berharga ini.

Konsumsi Saffron Tidak Langsung Dimakan

Ini 4 Aturan dan Cara Konsumsi Saffron Untuk Kesehatan

Penting menjadi edukasi mendasar untuk anda yang berminat menggunakan saffron untuk diambil manfaatnya bahwa cara konsumsi saffron tidak langsung dimakan bulat-bulat sebagaimana anda mengkonsumsi obat. Apalagi harganya yang mahal akan tentu sayang apabila anda mengkonsumsinya secara sembarangan.

Ada cara khusus yang perlu anda perhatikan dengan baik dalam memanfaatkan saffron sebagai obat atau ramuan untuk kesehatan, yakni mengolahnya menjadi teh yaitu dengan cara menyeduhnya. Namun proses pembuatan teh saffron pun tidak dapat dilakukan dengan sembarangan melainkan ada beberapa cara yang harus diperhatikan. Langkahnya bisa disimak dipoin berikut.

Ambil Beberapa Helai Saffron

Ini 4 Aturan dan Cara Konsumsi Saffron Untuk Kesehatan

Saffron adalah rempah yang diambil dari bagian tertentu bunga Crocus Sativus rempah ini pun dikenal sebagai salah satu rempah yang paling mahal di dunia. Salah satu faktor yang membuat rempah ini dihargai dengan sangat fantastis adalah karena proses pemanenannya yang sangat singkat.

Selain itu, proses penumbuhannya yang sangat rumit dan dibutuhkan kehati-hatian. Saffron hanya bisa dipanen pada selama 1 minggu saat musim gugur saja. Tak hanya itu, untuk bisa menghasilkan 1 gram saffron dibutuhkan sekitar 150 bunga. Bisa dibayangkan betapa rumitnya proses pemanenan bahan rempah yang satu ini. Untuknya, masuk akal bila rempah ini berharga begitu mahal.

  • Nah, untuk pembuatan teh saffron anda perlu melakukannya dengan cara mengambil beberapa helai saffron.
  • Masukkan ke dalam wadah atau gelas yang akan anda gunakan sebagai media untuk minum atau mengkonsumsi bahan ini.
  • Pada saat mengambil saffron sebaiknya hati-hati dan gunakan sarung tangan untuk menjaga bahan ini tetap steril sampai ke tubuh anda sehingga manfaatnya dapat bekerja dengan baik.

Siapkan Air Hangat

Ini 4 Aturan dan Cara Konsumsi Saffron Untuk Kesehatan

Bila saffron sudah dipersiapkan dengan merata maka langkah selanjutnya adalah proses pembuatan teh untuk sajian kali ini. Perhatikan dengan baik, penggunaan air untuk menyeduh saffron sebaiknya tidaklah air mendidih sebab nantinya akan merusak nutrisi yang ada di dalamnya.

Anda bisa menggunakan air hangat namun tidak terlalu dingin. Kira-kira air mendidih disimpan terlebih dahulu agar suhunya menjadi lebih turun selama kurang lebih 10 menit. Baru bisa anda gunakan.

  • Cara melakukannya adalah dengan menyiapkan panci kemudian masukkan air kira-kira sebanyak 500 ml. Rebus air sampai mendidih untuk memastikan air layak konsumsi dan bisa dijadikan air untuk membuat teh.
  • Diamkan air mendidih selama kurang lebih 10 menit dalam suhu ruangan sehingga suhu yang terlalu tinggi tidak merusak kandungan nutrisi yang ada dalam saffron.
  • Setelah itu, baru anda akan dapat menuangkan air ke dalam gelas.

Proses Penyeduhan Saffron

Ini 4 Aturan dan Cara Konsumsi Saffron Untuk Kesehatan

Bila air sudah siap maka langkah selanjutnya untuk cara konsumsi saffron adalah mulai menyeduhnya menjadi teh. Proses ini menjadi rangkaian yang semakin dekat bagi anda untuk bisa segera menikmati saffron sebagai minuman yang kaya akan khasiat.

  • Ketika air sudah berada dalam gelas maka silahkan masukkan 3 sampai dengan 5 lembar saffron ke dalamnya.
  • Diamkan terlebih dahulu maksimal sampai dengan 15 menit. Nantinya anda akan mulai mendapati warna kekuningan muncul sebagai hasil seduhan dari saffron.
  • Nah, selanjutnya anda akan bisa mengkonsumsinya sebagai teh.

Konsumsi saffron memang dikenal punya segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Sehingga bahan ini aman dikonsumsi oleh segala lapisan usia baik anak-anak, orang dewasa maupun lansia. Bahkan ibu hamil pun aman mengkonsumsi bahan yang satu ini. Hanya saja, takarannya tidak berlebihan, cukup 1,5 gram atau tidak lebih dari 10 helai saffron dalam satu harinya. Artikel menarik lainnya: Upgrade Penampilan dengan 6 Cara Menjadi Cantik Berikut Ini

Manfaat Saffron Untuk Kesehatan

Meskipun dibandrol dengan harga yang sangat mahal bahkan bisa tak masuk akal untuk sebagian orang. Namun nyatanya, manfaat yang bisa diberikan dari rempah berwarna merah ini sungguh tak tanggung-tanggung. Terlebih lagi, untuk 1 gram saffron saja sebenarnya anda bisa menggunakannya selama 1 bulan. Adapun beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari konsumsi saffron diantaranya adalah:

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem imunitas tubuh atau kekebalan tubuh punya peranan yang penting untuk menjaga seseorang agar tidak mudah terserang penyakit. Sayangnya, tidak semua orang punya sistem kekebalan tubuh yang kuat. Selain itu, untuk mendukung kinerja sistem kekebalan tubuh tetap kuat dibutuhkan usaha untuk menjaganya tetap prima.

Konsumsi saffron salah satunya bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar lebih terjaga. Terutama di tengah pandemi seperti saat ini menjaga kekebalan tubuh adalah hal yang wajib agar anda terhindar dari paparan virus berbahaya.

Mencegah Kanker

Saffron dikenal sebagai salah satu rempah yang kaya akan kandungan antioksidannya yang berlimpah. Bahkan jenis antioksidan seperti kaemferol dan crocetin dijumpai pula didalamnya dimana dua zat ini punya sifat antikarsinogenik yang berarti ampuh melawan kanker. Tentunya alasan inilah yang menjadikan saffron baik untuk dikonsumsmi dan menjadi investasi bijak untuk kesehatan.

Mengontrol Nafsu Makan

Anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan dan frustasi berat yang tak kunjung turun akibat hasrat makan yang sulit dibendung. Saffron bisa membantu mengontrol nafsu makan anda dengan lebih baik. Bahkan sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa saffron adalah teman diet terbaik dalam mengurangi nafsu makan.

Hal ini dikarenakan kandungan beberapa senyawa alami yang ada di dalamnya mampu mengendalikan hormon leptin dan ghrelin yang merupakan pemicu timbulnya rasa lapar. Bagaimana tertarik dengan manfaat ini? Anda jadi tidak perlu susah payah tersiksa dengan rasa lapar yang seringkali mengalahkan anda.

Meredakan Depresi

Manfaat konsumsi saffron selanjutnya adalah meredakan depresi. Jangan salah, depresi belakangan menjadi salah satu penyakit mental yang paling berbahaya. Kandungan dalam saffron digadang mampu meredakan depresi yang melanda. Hal ini dikarenakan kandungan baiknya dapat menghasilkan dopamine yakni hormon bahagia dalam tubuh. Sehingga depresi mereda dengan perlahan.

Leave a Reply