Indonesia Pasok Komponen Pesawat Terbang Airbus dan Boeing

Keberadaan Indonesia di dalam pasar industri otomotif dan kendaraan di dunia memang tidaklah terlalu besar dan belum sebesar negara di Eropa maupun Amerika.

Meskipun demikian potensi Indonesia tidak bisa dipandang remeh dan dilupakan begitu saja, sebab sebenarnya Indonesia sendiri memiliki kemampuan untuk menjadi negara dengan industri otomotif dan kompinen kendaraan yang cukup stabil dan kuat. Keberadaan dan ketersedian tenaga kerja yang terbilang cukup besar menjadi potensi yang tidak bisa dielakan. Keberadaan tenaga kerja di Indonesia sebenarnya bisa diniling memadai, terlebih jika pada prosesnya upah kerja yang dibayarkan bisa bersaing dengan negara-negara lainnya.

Berbicara lebih lanjut mengenai industri otomotif ini maka anda patutnya sedikit berbangga dan harusnya mengetahui jika Indonesia ternyata mampu menjadi produsen komponen bagi produsen-produsen pesawat terkemuka di Eropa. Industri komponen dari Indonesia ini ternyata sudah mampu menjadi distributor dan pemasok bagi perusahaan sekelas Airbus di Perancis atau juga Boeing, hal ini tentunya sangat membanggakan, sebab industri komponen pesawat bukanlah industri sembarangan, untuk membuat komponen pesawat yang baik dan memenuhi kualifikasi dibutuhkan dana atau modal yang kuat serta besar, selain itu ketersedian engineer serta teknologi juga turut mempengaruhi bagaimana perkembangan dari industri komponen pesawat terbang ini.

11

Berbagai jenis komponen penting pesawat seperti sistem pemberitahuan, sistem komunikasi, radar dan beberapa komponen lainnya sudah mampu disediakan oleh industri komponen pesawat terbang Indonesia untuk memenuhi permintaan dari berbagai perusahaan produsen pesawat di dunia. Berbagai komponen dari muali mesin, interior di dalam pesawat, hingga bagian badan pesawat ternyata sudah bisa didapatkan di dalam negeri dengan kualitas yang baik dan mumpuni serta high presisi.

Berkembangnya industri komponen pesawat terbang ini juga tentunya membuat iklim industri di Indonesia menjadi lebih stabil, apalagi dengan ketersedian part atau komponen dari dalam negeri akan lebih bisa menekan biaya sehingga lebih murah, sebab tidak perlu menyertakan biaya kirim dan sebagainya yang juga tidak sedikit. Keberadaan industri komponen pesawat di dalam negeri juga sedikit banyaknya bisa mendukung perkembangan kedirgantaraan dalam negeri, bukan tidak mungkin nanti Indonesia justru mampu swasembada membuat pesawatnya sendiri dengan kualitas yang bersaing dengan luar negeri namun dengan bahan baku dan sumber daya manusia yang juga berasal dari bangsa sendiri.

Keinginan itu nampaknya perlahan-lahan mulai terwujud, dengan semakin berkembangnya industri komponen pesawat dalam negeri (manufakturing) juga ternyata berpengaruh pada perkembangan potensi pembuatan pesawat dalam negeri. Salahsatu rencana yang mungkin paling dekat untuk dilaksanakan adalah pembuatan pesawatn dalam negeri N-219 pesawat yang didesain di dalam negeri ini rencananya nanti juga akan dipasok komponen yang berasal dari dalam negeri, sehingga dalam pembuatannya bisa mendekati 100 persen menggunakan bahan baku serta sumber daya manusia yang asli berasal dari Indonesia. Untuk saat ini dikatakan jika penggunaan komponen dari dalam negeri berkisar 40 persen dari keseluruhan pesawat, namun pada perkembangannya, diharapkan di tahun 2019 nanti bisa mencapai 60 persen bagian pesawat merupakan produk buatan dalam negeri atau dalam istilah lain disebut sebagai tingkat kandungan dalam negeri (TKDN).

Bagaimana? Sudah sadar bagaimana potensi Indonesia dalam industri komponen pesawat dan onderdil dunia? Berikan komentar anda dengan menambahkan komentar tersebut di dalam kolom yang sudah disediakan di bagian bawah artikel ini. Jangan lupa juga bebagi informasi menarik ini dengan menekan tombol share lalu berbagi melalui saluran media sosial masing-masing.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook