Indonesia: Laboratorium Alami Dunia Terbesar Berbagai Jenis Obat Herbal

Bukan rahasia lagi jika alam Indonesia memiliki begitu banyak bahan alami yang sangat bermanfaat bagi .

Kekeyaan alam Indonesia diakui sangatlah kaya dan hal itu pulalah yang membuat nenek moyang Bangsa Indonesia sendiri dikenal memiliki kemampuan alami untuk meramu bahan-bahan alami tersebut menjadi obat yang sangat mujarab dan bisa sangat berguna dalam menyelamatkan banyak orang.

Setiap daerah atau lokasi di penjuru Indonesia memiliki dukun atau tabib yang memang secara turun temurun diwarisi kemampuan meramu berbagai bahan alami tersebut menjadi sebuah obat yang diyakini mampu mengatasi permasalahan dan penyakit yang diderita oleh masyarakat atau orang-orang di masa tersebut. DI masa dahulu nenek moyang Bangsa Indonesia memang menggantungkan teknik pengobatan kepada berbagai jenis bahan alami yang tersedia di alam sebagai teknik penyembuhan disamping berbagai ritual yang berkeneaan dengan keyakinan yang dianut oleh para leluhur.

04

Seiring dengan waktu yang berjalan, perkembangan pengobatan di Indonesia sendiri masih menjadi salahsatu pilihan bagi berbagai macam jenis pengobatan akan penyakit-ptnyakit, bahkan beberapa di antara penyakit yang dianggap sebagai yang sangat berat dan sukar ditemukan obatnya, anda bisa menemukan berbagai jenis bahan alami yang diketahui mampu menyembuhkan penyakit teersebut.

Sebagai pusat keanekaragaman hayati di dunia, Indoneisa memiliki kurang lebih 30 ribu jenis tumbuhan yang 7000 jenis di antaranya dipercaya memiliki khasiat pengobatan. Dengan simpanan bahan pembuatan pengobatan alami atau yang lazimnya disebut sebagai obat herbal, Indonesia juga kini diketahui sebagai negara yang menjadi penyuplai berbagai bahan untuk pengobatan. Salahsatu negara yang diketahui disuplai oleh Indonesia adalah Amerika. Diketahui dari 45 macam obat-obatan yang dianggap sangat penting ternyata berasal dari 14 jenis tanaman yang hidup dan berkembang di Indonesia, termasuk di dalamnya obat anti kanker.

Melihat dari berbagai fakta yang ada, sepertinya tren penggunaan obat modern yang seringkali gagal dalam upaya penyembuhan, mahalnya biaya obat-obatan yang ada saat ini di pasaran bisa menjadi trigger atau pemicu bagi masyarakat secara umum untuk kembali menggunakan obat-obatan herbal yang berasal dari alam. Minimnya efek samping yang ditimbulkan dari konsumsi obat herbal juga menjadi pertimbangan yang cukup besar bagi orang-orang untuk secara sadar kembali menggunakan bahan alam dan pengobatan secara tradisional.

Meskipun demikian terkadang penggunaan dan pendayagunaan obat herbal seringkali dianggap sebagai tradisional dan ketinggalan, sehingga salahsatu langkah yang harus diperjuangkan oleh banyak orang agar penggunaan obat herbal ini semakin dipercaya adalah adanya sertifikasi dari pihak terkait yang berwenang memberikan pengakuan mengenai keamanan penggunaan obat-obatan tersebut.

Jika penggunaaan obat-obatan herbal semakin dipercaya oleh banyak masyarakat di berbagai tempat, maka Indonesia sebagai tampat yang memiliki keanekaragaman hayati yang terbesar di dunia bisa semakin mengembangkan potensi lokal yang dimiliki, baik sumber daya alam yang menjadi bahan pembuatan hingga sumber daya manusia sebagai peneliti, maupun warga lokal yang menjadi penutur dan pewaris resep ramuan-ramuan yang diwariskan oleh para leluhur di masa lalu. Dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap obat herbal atau jamu maka kesejahteraan warga lokal juga bisa turut meningkat.

Sudah tahu sekarng fakta mengenai Indonesia yang begitu mendunia dan manfaatnya bagi perkembangan dunia dalam dunia pengobatan? Silahkan anda berikan komentar mengenai Indonesia sebagai laboratorium tanaman obat dengan cara mengisi kolom yang telah disediakan di bagian bawah artikel, kemudian bagikan artikel menarik ini kepada teman dan sahabat anda di media sosial yang anda miliki.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook