Hebat! Ahli Matematika Pemecah Persamaan HelmHoltz Itu Ternyata Asli Tasikmalaya Indonesia

Indonesia sebenarnya memiliki begitu banyak sekali orang yang memiliki kemampuan yang mengagumkan.

Bagi anda yang seringkali pesimistis dengan kemampuan anak bangsa seharusnya bisa lebih melek dan mencari informasi, sebab jika anda mau mengeksplorasi media maka anda akan menemukan banyak nama yang memiliki prestasi mengagumkan di berbagai bidang. Sebut saja BJ Habibie yang memiliki teori dalam dunia penerbangan kemudian nama-nama lainnya.

Berbicara mengenai prestasi anak Indonesia, maka tidak akan lengkap jika tidak menyebut nama Yogi Ahmad Erlangga. Yogi merupakan seorang dosen Intitut Teknologi Bandung kelahiran Tasikmalaya.Ia diketahui menjadi seorang yang mampu memecahkan rumus persamaan Helmholtz yang sudah hampri selama 30 tahun tidak bisa dipecahkan oleh para tokoh pengetahuan. Tentunya prestasi yang dicapai olehnya tersebut merupakan sebuah pencapaian yang cukup berharga dan tidak semuanya bisa melakukannya. Yogi sendiri sebenarnya diketahui sudah berhasil memecahkannya sejak 10 tahun silam.

09

Bagi anda yang kurang famiiar dengan persamaan Helmholtz, persamaan ini diketahui merupakan rumus yang bisa dipergunakan dalam uapaya pencarian minyak bumi. Yogi mampu menjawab tantangan dengan memecahkan persamaan tersebut setelah sebelumnya melakukan riset yang cukup panjang. Dengan apa yang dilakukan oleh Yogi ini setidaknya membuka jalan dan membantu manusia di zaman ini untuk menemukan minyak bumi yang tersimpan secara lebih efektif dan juga efisien. Perlu diketahui jika sebenarnya persamaan Helmholtz sendiri sudah ditemukan dan dipergunakan sejak 1 abad silam.

Yogi Ahmad Erlangga berhasil memecahkan persamaan yang sekian lama menjadi pertanyaan besar bagi orang-orang itu ketika dirinya masih menempuh pendidikan di Belanda untuk memperoleh gelar Ph.D di Delft University of Technology. Dengan pemecahan yangdilakukan oleh Yogi, maka dengan ini perusahaan yang bergerak di dunia perminyakan akan sangat terbantu sebab mereka akan mengeluarkjan juga cost yang lebih kecil ketika melakukan ekspedisi pertama kali pencarian minyak.

Dalam proses pencarian minyak dengan metode Hlmholtz ini, perusahaan minyak biasanya menggunakan gelombang suara yang kemudian akan diterjemahkan dan dihitung dengan menggunakan persamaan Helmholtz. Diubutuhkan waktu hingga 4 tahun bagi Yogi untuk bisa memecahkan persamaan yang diketahui sangat sulit untuk dipecahkan tersebut, banyak sekali ahli matematika lainnya yang menolak untuk memecahkan rumus matematika satu ini, sebab memang sangat sulit dan sagat rumit.

Yogi sendiri mncoba memecahkan rumus ini dengan berdasar pada hasil dua analisis pakar yang paling terakhir menganalisis persamaan Helholtz. Dari teori kedua pakar tersebut ia kemudian membedah persamaan tersebut dengan terlebih dahulu mengubahnya menjdai persamaan linear aljabar biasa, setelah ia mampu mengubahnya menjadi persamaan linear aljabar kemudian dilanjutkan dengan menggunakan metode direct atau iterasi, meskipun pada akhirnya ia mendapatkan jika dengan metode tersebut justru timbul masalah. Akhirnya Yogi menemukan sebuah cara yang disebut sebagai metode robust yang bisa memungkinkan persamaan helmholtz ini digunakan dengan nilai frekuensi yang beragam.

Sangat luar biasa sekali bukan apa yang telah dilakukan anak bangsa ini? Dari hal tersebut dan banyak prestasi lainnya, maka menunjukan jika sebenarnya sumber daya manusia asal Indonesia memang tidak kalah dengan sumber daya luar negeri, dan Yogi Ahmad Erlangga merupakan salahsatunya. Silahkan berbagi komentar dan pendapat anda mengenai anak bangsa yang membanggakan ini dengan cara mengisi kolom komentar yang sudah disediakan. Tekan tombol share yang berada di bagain abwah artikel untuk membagikannya melalui akun media sosial masing-masing.

Leave a Reply