Hanya Dengan Bahan Sederhana Ini Anda Bisa Membuat Perangkap Tawon

Tawon merupakan serangga terbang yang sudah tidak asing lagi untuk kita semua.

Hewan kecil ini dikenal suka menyengat orang apabila diganggu dan warnanya sangat mencolok. Tawon atau tabuhan terkadang selalu membuat orang keliru, karena menurut orang awam serangga kecil ini selalu disamakan dengan lebah.

Tawon merupakan salah satu serangga yang dianggap paling penting untuk ekosistem setempat. Dalam sebagian besar biasanya tawon memburu hewan seperti misalkan ulat yang selalu merusak tanaman untuk makanan larvanya sendiri sehingga dengan begitu penting untuk mengendalikan populasi hewan-hewan hama yang berada di alam. Peran tawon yang begitu bermanfaat dalam mengendalikan populasi hama membuat beberapa jenis dari mereka diternakan untuk dijadikan sebagai pembasmi hama yang ramah lingkungan. Tawon dewasa juga biasanya berperan di dalam proses penyerbukan bunga pada saat memakan nektar, sehingga dengan begitu dapat membantu perkembangbiakan tanaman yang bersangkutan.

Wasp-trap

Namun meskipun begitu, tidak semua tawon mampu membawa dampak positif untuk lingkungan dan juga manusia. Tidak hanya itu, tawon juga terkadang dianggap merugikan manusia ketika mereka membuat atau membangun sarangnya sendiri di sekitar pemukiman manusia, karena tawon tersebut akan sewaktu-waktu menyengat apabila mereka semua merasa terganggu.

Nah, karena sebagian orang menganggap bahwa serangga ini sangat mengganggu, oleh karena itulah banyak orang yang berusaha membasmi atau mengusirnya. Biasanya beberapa orang membasmi hewan yang satu ini dengan menggunakan obat pembasmi tertentu, meskipun mereka harus membelinya dengan harga yang tidak murah tetapi mereka tetap melakukannya yang terpenting dirinya dan keluarga bebas dari sengatan tawon tersebut.

Namun, tahukah anda? sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan sederhana dalam membasmi tawon. Dimana cara ini juga merupakan cara hemat dan afektif karena anda tidak harus susah payah membeli obat pembasmi tertentu.

Cara membasmi tawon yang kami maksud yaitu hanya dengan memanfaatkan alat bekas serta bahan-bahan yang sederhana. Dimana semua alat dan bahan yang diperlukan bisa anda temukan di rumah, atau jika tidak anda bisa membelinya dengan harga yang terbilang cukup murah.

Lantas seperti apa caranya? Alat dan bahan yang telah ditentukan akan dibuat perangkap tawon itu sendiri, cara membuat perangkap tawon ini sangat praktis sekali, meskipun anda belum pernah membuatnya sama sekali tetapi anda tidak akan merasa keulitan. Nah, bagi anda yang merasa penasaran dan sudah tidak sabar ingin mengetahui seperti apa cara atau langkah-langkahnya, anda bisa simak langsung pada pembahasan di bawah ini, namun sebelumnya anda juga harus tahu apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

  • 1 buah gunting
  • 1 buah botol plastik
  • 1 sendok makan madu
  • Gula pasir secukupnya
  • Air hangat secukupnya

Cara Membuat Perangkap Tawon

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu, ambil botol plastik yang telah anda siapkan. Lalu potong bagian atas botol plastik dengan menggunakan gunting.
  2. Setelah itu, masukan 1 sendok makan madu yang telah anda siapkan ke dalam bagian bawah botol plastik.
  3. Lalu masukan gula pasir. Ambil air hangat secukupnya, lalu masukan air hangat tesebut ke dalam campuran madu dan gula untuk melarutkannya.
  4. Ambil bagian atas botol plastik, lalu buka tutup botolnya. Setelah itu simpan dengan posisi terbalik pada badan atau bagian bawah botol plastik yang telah diberi campuran madu, gula dan air hangat.
  5. Jika sudah, anda bisa langsung menyimpan perangkap tersebut di tempat yang biasanya selalu dihampiri tawon.  

Itulah cara membuat perangkap tawon. Mudah bukan? Selamat mencoba dan untuk mendapatkan tutorial yang lebih jelas anda bisa menyimak langsung pada video di bawah ini.

Yuk bagikan tips bermanfaat ini kepada teman-teman anda dengan menekan tombol share. Anda juga bisa menyertakan komentar pada kolom di bawah ini.

Leave a Reply