Gila! Binatang Ini Adalah Pelaku Kanibalisme Sexual! Mau Tahu? Simak Artikel Berikut!

Belalang sembah merupakan salahsatu jenis binatang yang cukup mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-haridi lingkungan kita.

Bentuk tubuh belalang sembah yang cukup unik membuat binatang ini menjadi cukup mudah dikenali secera fisik. belalang sembah atau mantis ini memiliki bntuk tubuh yang seperti berdiri dengan kedua tangan berada di bagian bawah kepalanya persis seperti orang berdoa. Sikap tubuhnya itulah yang membuatnya dijuluki sebagai belalang sembah atau mantis yang berarti Nabi dalam Bahasa Yunani.Belalang sembah sendiri memiliki beragam jenis nama yang mungkin anda pernah dengar, beberapa di antaranya adalah seperti congcorang, mantis dan yang mungkin pernah anda dengar dalam lagu karya waljinah yakni walangkekek. Dilihat secara sekilas belalang mantis ini selain memiliki bentuk dan struktur tubuh yang unik juga memiliki beragam keunikan lainnya yang bisa dibilang juga cukup mengagumkan.

29-belalang-sembah

Dari sekian banyak hal unik yang dimiliki belalang smebah, faktanya binatang ini merupakan hewan yang dijuluki sebagai kanibal sexual. Belalang sembah dijuluki sebagai binatang kanibal sexual karena perilaku unik yang ditunjukannya ketika sudah melakukan perkawinan. Ketika sedang melakukan perkawinan dan mereka diawasi oleh makhluk lainnya maka biasanya sang betina kemudian akan memakan kepala sang pasangan hidup-hidup, meskipun demikian pada akhirnya sang betina akan mati ketika ia selesai mengeluarkan telur dari dalam tubuhnya.

Aksi yang dilakukan oleh belalang sembah tersebut bisa dibilang sangat unik, sebab kejadian kanibalisme sexual baru akan terjadi ketika aksi kawin mereka diawasi. Menurut penelitian kemungkinan besar sang betina merasa terganggu dengan kehadiran makhluk lain ketika mereka sedang kawin. Kejadian akan berbeda jika aksi kawin mereka tidak diawasi oleh siapapun, penelitian menunjukan jika mereka kawin dan tanpa diawasi maka sang jantan kemudian akan melakukan tarian kawin, sehingga akan mengubah nafsu makan sang betina menjadi nafsu untuk melakukan perkawinan dengan sang belalang sembah jantan.

Selain uniknya perkawinan yang dilakukan oleh belalang semabh masih ada beberapa fakta unik lainnya yang dimiliki oleh belalang sembah ini, salahsatunya adalah belalang sembah ini bisa digunakan oleh para petani dalam pengendalian hama di sawah tanpa menggunakan pestisida. Sebagai hewan karnivora, belalang sembah ini memakan jenis-jenis serangga yang ada di lingkungan pertanian, sehingga turut membantu mengendalikan pertumbuhan hawa di sawah. Jika biasanya hewan lain akan memangsa semua bagian tubuh mangsanya secara keseluruhan, maka belalang sembah ini cukup hanya dengan memakan beberapa bagian saja yang dirasa diperlukannya kemudian terbang kembali mencari mangsa lainnya.

Berikut ini adalah video belalang sembah yang sedang melakukan perkawinan yang kemudian berlanjut dengan kanibalisme sexual yang dilakukan oleh sang betina kepada jantan. Simak videonya berikut.

Unik sekali bukan binatang yang satu ini? Anda bisa menekan tombol share yang ada di bagian bawah artikel untuk membagikannya lewat akun sosial media anda kepada teman dan saudara. Anda juga bisa turut memberikan komentar seputar uniknya bintang bernama belalang sembah ini dengan berkomentar dalam kolom yang tersedia.

Leave a Reply