Gemuruh Dahsyat Air Terjun Dolo dengan Ketinggian 125 Meter di Lereng Wilis

Gemuruh Dahsyat Air Terjun Dolo dengan Ketinggian 125 Meter di Lereng Wilis – Provinsi Jawa Timur memang dikenal sebagai salah satu wilayah di tanah air yang punya banyak sekali potensi wisata yang dapat dikembangkan dan dimanfaatkan. Sebut saja contohnya adalah Kediri di Jawa Timur. Ada cukup banyak potensi wisata alam dan non alam yang bisa didatangi dan dinikmati keindahannya di tempat ini.

Ya, keindahan alam adalah anugerah dari Sang Maha Kuasa untuk tanah air kita. Salah satu berkah dari alam untuk tanah Kediri adalah kehadiran Air Terjun Dolo yang fenomenal dan banyak diperbincangkan karena ukuran dari air terjun ini yang begitu tinggi.

Air Terjun Dolo Kediri Jawa Timur merupakan tempat wisata alam yang punya daya tarik khas yakni gemuruhnya air yang begitu dahsyat. Hal tersebut dikarenakan ukuran ketinggian air terjun sendiri mencapai 125 meter. Bagi anda para pecinta jelajah alam maka tentu tempat ini bisa anda sambangi untuk melengkapi jejak petualang anda ke tempat-tempat bernuansa alam yang menyuguhkan pemandangan yang surgawi.

Gemuruh Dahsyat Air Terjun Dolo dengan Ketinggian 125 Meter di Lereng Wilis

Air Terjun Dolo

Berwisata ke air terjun Dolo mungkin akan sedikit menantang nyali anda karena setibanya di tempat ini anda mungkin akan merasa terintimidasi dengan tingginya ukuran air terjun dan suara gemuruh tiap tetesan air yang jatuh dari ketinggian menghasilkan suara yang menggaduh.

Namun satu hal yang pasti bisa anda dapatkan di tempat ini adalah pengalaman yang menyenangkan dengan pemandangan alam sekitar yang begitu menenangkan. Udara sejuk yang sedikit menusuk memang menjadi hal yang lumrah saat anda berkunjung ke lereng-lereng pegunungan.

Tingginya air terjun yang menjulang mungkin membuat anda sedikit ketakutan berada terlalu dekat. Nah, oleh karenanya kami gambarkan sedikit kondisi yang ada di Air Terjun Dolo. Pada bagian bawah air terjun terdapat beberapa tingkatan sehingga apabila disaksikan dari dasar air terjun ini akan nampak seperti berasap. Airnya yang jernih dan dingin akan sulit membuat kita menahan godaan untuk tidak berenang dan mandi di bagian genangan airnya.

Selain itu, bentukan dari air terjun ini pun berundah dengan curahan air tertinggi mencapai 90 meter. Kemudian untuk utndakan di bawahnya memiliki tinggi 2 sampai dengan 5 meter. Adapun spot paling menarik untuk berburu gambar cantik adalah pada bagian bawah air terjun. Bila anda beruntung pada saat sinar mata hari masuk maka anda akan menyaksikan lengkungan pelangi yang cantik.

Lokasi Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo

Menggali informasi sedalam-dalamnya tentang tempat wisata yang akan anda kunjungi adalah hal penting yang harus dilakukan. Agar demikian, kegiatan berwisata kali ini menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan.

Air Terjun Dolo berada di Dusun Besuki tepatnya di Desa Jugo, Kecamatan Mojo di Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Untuk lebih jelasnya lagi, Air Terjun Dolo letaknya ada di lereng gunung, yakni Gunung Wilis. Gunung ini punya ketinggian hingga 2.850 meter di atas permukaan laut.

Pengunjung yang hendak mencapai tempat wisata ini anda mungkin perlu menuju air terjun yang berada di dasar lembah. Disini pengunjung akan dihadapkan pada tantangan saat menuruni ratusan anak tangga. Tak perlu khawatir, anak tangga tersebut ukurannya cukup lebar dan juga sudah dilengkapi dengan pegangan. Sehingga bagi anda yang tidak terbiasa menjelajah alam, medan ke tempat ini sebenarnya tidak terlalu menyeramkan.

Mitos Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo

Selain daya tarik air terjun yang begitu dahsyat, salah satu daya tarik lain di tempat ini adalah bumbu mistisnya yang masih begitu kental. Berdasarkan cerita yang tersebar di penduduk sekitar dahulu pada zaman kewalian di sekitaran air terjun tepatnya di bagian sebelah kanan air terjun terdapat sebuah pohon yang besar yang dibagian atasnya tergantung sebuah benda yang amat misterius. Adakalanya benda tersebut dapat dilihat namun adakalanya tidak dapat dilihat.

Dari kisah tersebutlah kata Dolo melekat pada air terjun yang ada di Kediri ini. Dolo berarti tergantung (gemandul). Namun adapula sebagian masyarakat yang mengatakan nama air terjun Dolo berasal dari kata “Gundul Tola-Tolo” Entah informasi mana yang valid namun yang pasti tempat ini masih sarat akan cerita mistis.

Adapula beberapa pantangan yang harus diperhatikan bagi anda yang datang ke tempat ini. Pantangan tersebut diantaranya adalah tidak boleh bersiul, tidak boleh bertepuk tangan dan tidak pula bercanda dengan terlalu berlebihan. Juga dilarang mengambil hasil alam terlalu berlebihan.

Selain itu, bagi pengunjung yang ingin berkemah atau bermalam di tempat ini disarankan untuk menancapkan benda-benda tajam ke tanah. Tujuannya adalah untuk menghindari gangguan dari mahluk gaib dan mahluk tak kasat mata yang dipercaya masih banyak terdapat di tempat yang satu ini.

Terlepas dari percaya atau tidak, namun sebagai seorang tamu yang datang berkunjung maka mengikuti kearifan local yang ada dan bertatakrama dengan semua peraturan yang dibuat adalah sebuah keharusan.

Jam Operasional Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo

Karena tempat ini memang tengah dikembangkan sebagai tempat wisata maka ada jam operasional yang berlaku di tempat yang satu ini. Air terjun Dolo buka dari jam 07.00 pagi sampai dengan 17.30 sore hari. Anda yang ingin menikmati pemandangan sekitaran air terjun dan sekaligus menjadi saksi betapa besarnya air terjun di tempat ini maka pastikan anda senantiasa mengecek jam operasional.

Harga Tiket Air Terjun Dolo

Sebagaimana telah disebutkan di atas bahwa air terjun Dolo menjadi salah satu tempat wisata yang sedang dikembangkan menjadi wisata rekreasi keluarga. Maka dari itu, anda yang ingin datang ke tempat ini maka anda perlu mempersiapkan kocek sebesar Rp. 7.000 untuk sekali masuk ke dalam area air terjun. Biaya tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Fasilitas di Air Terjun Dolo

Meskipun tempatnya berlatarkan hutan dan pegunungan namun tak perlu khawatir, air terjun Dolo sudah punya fasilitas yang bisa dibilang cukup memadai. Seperti halnya warung makan, kantin, mushala dan toilet untuk menjaga agar anda tetap merasa nyaman.

Tak hanya dimanfaatkan sebagai tempat wisata, air terjun dolo pun punya fasilitas untuk tempat olahraga lari pagi berupa Jogging track dan juga area mendaki. Di tempat ini pun tersedia playground untuk pengunjung yang membawa anak-anak.

Selain itu, adapula tempat yang tersedia untuk pengunjung yang ingin bermalam berupa lahan untuk mendirikan tenda. Namun tetap, jaga baik tatakrama dan sopan santun di tempat ini.

Leave a Reply