Gampang! Ini 5 Cara Menghias Kamar Tidur yang Sempit

Gampang! Ini 5 Cara Menghias Kamar Tidur yang Sempit – Menata kamar tidur senyaman mungkin menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Apalagi ini adalah ruangan dimana anda beristirahat. Mari kita simak 5 cara menghias kamar tidur yang sempit.

Menghadirkan sentuhan yang cantik dan indah pada ruangan kamar tidur adalah hal wajib yang harus dilakukan setiap orang. Betapa tidak, kamar tidur adalah ruangan paling personal di dalam sebuah hunian. Menata bagian ini sedemikian rupa agar terasa nyaman dan enak dipandang adalah hal yang harus diperhatikan.

Akan tetapi, sayangnya penataan di dalam kamar tidur tidak semudah yang dibayangkan tanpa bantuan desain interior. Apalagi bila luas ruangan sangat sempit dan terbatas. Terkadang banyak orang kebingungan cara menghias kamar tidur yang sempit. Baca juga: Tutorial Cara Membuat Bunga dari Sedotan Hanya 5 Menit

5 Cara Menghias Kamar Tidur yang Sempit

Namun tak perlu khawatir dengan cara menghias kamar tidur yang akan kami berikan kali ini, mungkin akan dapat membantu anda menghadirkan kesan yang lebih istimewa di dalam ruangan kamar tidur. Penasaran seperti apa saja? Mari simak informasinya di bawah ini.

Selektif Memilih Barang di Kamar

Gampang! Ini 5 Cara Menghias Kamar Tidur yang Sempit

Cara menghias kamar pertama yang akan dapat anda lakukan terlebih dahulu adalah memilih perabotan dan perlengkapan yang akan anda hadirkan di dalam ruangan tersebut. Namun karena ukuran luas di dalam kamar tidur anda cukup terbatas akan lebih baik untuk lebih selektif dalam memilih perabotan apa saja yang akan anda terapkan.

Membawa terlalu banyak barang ke dalam ruangan yang sempit tentu bukanlah pilihan yang bijak. Hal ini bukan malah membuat anda merasa nyaman namun yang ada tentu aktivitas anda di dalamnya akan semakin terbatas dan anda pun mungkin merasa sesak.

Selain itu, tentu bukan keputusan yang bijak menumpuk terlalu banyak barang di dalam ruangan kamar. Sebab mungkin ini akan mengurangi estetika dari pemandangan di dalam kamar tidur. Alih-alih merasa nyaman anda pun bisa ogah berlama-lama di ruangan yang terasa sumpek seperti ini.  Pertimbangkan beberapa peralatan penting yang bisa anda bawa ke dalam kamar, seperti misalkan:

Tentukan apakah kamar tidur anda akan menggunakan ranjang atau digelar di lantai saja. Pilihan ini bisa menjadi pilihan personal yang mana dua-duanya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

  • Kamar tidur dengan ranjang memungkinkan anda untuk punya lebih banyak space untuk menyimpan peralatan tanpa memenuhi bagian lainnya.
  • Cermin menjadi unsur penting yang perlu anda hadirkan. Jadi pertimbangkan menerapkan cermin di kamar
  • Meja rias atau meja kecil yang mungkin anda butuhkan untuk beberapa keperluan.

Berikan Sentuhan Warna Terang

Gampang! Ini 5 Cara Menghias Kamar Tidur yang Sempit

Salah satu rekomendasi para ahli dalam mendesain ruangan yang sempit adalah menghadirkan konsep ruangan yang terang. Hal ini tentunya terkait dengan pemilihan warna cat di dalam ruangan kamar. Ada beberapa hal penting dalam penerapan sentuhan warna terang ke dalam ruangan yang perlu anda lakukan, diantaranya adalah:

  • Pemilihan cat dengan warna-warna yang menyala namun tetap nyaman dipandang mata akan menjadi hal penting untuk anda pertimbangkan. Warna terang tak selalu berarti warna putih. Pemilihan warna seperti kuning, biru atau pink bisa menjadi alternatif.
  • Selain pemilihan cat, ornamen di dalam kamar pun sebaiknya punya konsep yang senada. Seperti sprei, bagian dinding atau mungkin furnitur yang digunakan.
  • Bila anda tertarik menggunakan wallpaper, selain pemilihan warna terang.  Motif yang dipilih pun sebaiknya tidak terkesan terlalu ramai karena ini akan membuat ruangan terasa penuh dan sesak.

Terapkan Peralatan yang Multifungsi

Gampang! Ini 5 Cara Menghias Kamar Tidur yang Sempit

Cara menghias kamar selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah mempertimbangkan penggunaan furnitur yang punya banyak manfaat atau multifungsi. Dengan begini anda tidak perlu menjejali ruangan kamar tidur dengan aneka banyak kebutuhan anda.  Peralatan yang multifungsi belakangan ini sudah banyak dan mudah dijumpai sehingga anda akan bisa mempertimbangkan penerapan peralatan atau furnitur yang demikian. Misalkan:

  • Menerapkan ranjang tempat tidur yang punya fungsi sebagai tempat duduk ketika tidak digunakan.
  • Menerapkan ranjang tempat tidur yang juga menyatu dengan lemari.
  • Menerapkan lemari yang punya fungsi sebagai meja rias.
  • Menerapkan meja lipat di dalam ruangan kamar sehingga ketika tidak digunakan anda bisa melipatnya untuk menghemat space di dalam ruangan kamar tidur anda.

Memanfaatkan Floating Shelves

Gampang! Ini 5 Cara Menghias Kamar Tidur yang Sempit

Cara menghias kamar tidur sempit selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah memanfaatkan floating shelves atau rak layang. Belakangan ini metode ini dianggap ampuh untuk mensiasati ruangan yang sempit agar peralatan bisa muat lebih banyak ke dalamnya.

Floating shelves atau rak melayang ini adalah rak yang dipasang di dinding sehingga lebih hemat space ketika digunakan. Jadi anda bisa meletakkan peralatan dan perabotan anda di dalam ruangan kamar tidur dengan cantik tanpa mengambil sejumlah luas yang ada di dalam kamar.

  • Cara penerapannya cukup mudah, anda bisa menentukan terlebih dahulu bagian mana di dalam kamar yang bisa diterapi dengan floating shelves. Biasanya bagian di atas kepala ranjang bisa anda terapi dengan sejumlah rak-rak sehingga peralatan bisa ditaruh disana.
  • Pastikan penerapannya kokoh. Hal lain yang juga perlu diperhatikan pada saat anda memilih untuk memanfaatkan floating shelves adalah memastikan installasinya terpasang dengan kokoh sehingga anda terhindar dari risiko terkena dengan jatuhan rak tersebut.
  • Perhatikan pula perabotan apa saja yang anda letakkan di sana. Jangan simpan perabotan dari bahan yang berat dan berbahaya sebab ketika ada guncangan tak terduga seperti gempa bisa mungkin ini membahayakan keselamatan anda.
  • Jangan pasang terlalu berdekatan dengan kepala ranjang. Usahakan berikan jarak untuk kepala anda bisa tegak sehingga ketika anda melakukan aktivitas sambil duduk atau bersandar kepada anda tidak bersentuhan dengan rak.

Pertimbangkan Membangun Mezzanine di dalam Kamar

Gampang! Ini 5 Cara Menghias Kamar Tidur yang Sempit

Cara menghias kamar sempit selanjutnya yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk anda adalah dengan membangun mezzanine di dalam ruangan kamar tidur anda. Penerapan konsep ini mungkin akan cenderung sulit sebab anda akan perlu merombak total ruangan kamar tidur anda.

Namun bermanfaat sangat efektif untuk anda yang masih berencana membangun rumah dengan ukuran terbatas namun menginginkan tempat yang nyaman, termasuk dengan ruangan kamar tidur yang lebih leluasa.

Mezzanine adalah sebuah ruang atau lantai tambahan yang ada di antara langit-langit dan lantai di dalam ruangan dengan konsep semi terbuka. Contohnya, penerapan kamar tidur bisa anda buat di lantai atas dan lantai bawah bisa anda gunakan sebagai tempat duduk santai atau lemari pakaian sehingga lebih leluasa.

  • Cara penerapan mezzanine perlu dilakukan bersama dengan ahli  sebab nantinya perlu dilakukan perhitungan tentang konstruksi dari pembangunan lantai di dalam ruangan.
  • Bangunan perlu dibuat dengan sangat kokoh, terutama lantai atas di dalam ruangan gua menunjang kegiatan anda tetap aman.
  • Untuk anak-anak dan orangtua, konsep mezzanine mungkin tidaklah efektif sebab penerapan ini akan butuh monitor orang dewasa dan kemampuan fisik yang matang karena anda akan tiap hari berhadapan dengan anak tangga yang mungkin desainnya sedikit ekstrim menyesuaikan kebutuhan.

Artikel menarik lainnya: Jaga Bumi Tetap Hijau dengan 8 Cara Menjaga Lingkungan Hidup

Leave a Reply