Forest Walk Bandung, Wisata Alam yang Menarik Dikunjungi

Forest Walk Bandung – Seperti yang kita ketahui semua, Bandung menjadi salah satu kota yang terkenal memiliki beragam tempat wisata yang menarik, terutama wisata alamnya. Di Bandung anda bisa menemukan banyak tempat wisata alam mulai dari perbukitan, curug, kebun teh dan lain sebagainya. Kebanyakan tempat wisata alam tersebut letaknya di pinggir kota Bandung,  karena di tengah-tengah kota lebih banyak pusat perbelanjaan.

Namun, tahukah anda?  Di tengah kota Bandung ternyata ada salah satu wisata alam yang romantis, yakni Forest Walk Babakan Siliwangi (Baksil). Di sini anda akan mendapatkan pengalaman menyenangkan menikmati suasana yang sejuk dan berjalan-jalan di antara pohon yang rimbun. Tertarik untuk berkunjung ke Forest Walk Bandung?  Anda bisa simak terlebih dahulu informasinya di bawah ini.

Tentang Forest Walk Bandung

Forest Walk Bandung

Forest Walk Bandung merupakan tempat wisata yang digagas oleh Ridwan Kamil. Lokasinya ada di kawasan Hutan Kota Bandung, yakni Babakan Siliwangi. Dimana selama ini telah dikembangkan menjadi salah satu RTH atau Ruang Terbuka Hijau yang ada di Kota Bandung.

Forest Walk Babakan Siliwangi ini diresmikan oleh Ridwan Kamil Pertengahan Januari 2018. Luas kawasan ini 3.8 ha. Bahkan Forest Walk Bandung ini diklaim sebagai salah satu forest walk paling panjang yang ada di Asia Tenggara. Tujuan dibuat Forest Walk yaitu supaya ekosistem Hutan Kotanya terjaga, walaupun kawasan ini dijadikan sebagai tempat wisata. ( Baca juga : Wisata Bogor yang Menarik )

Bagi anda yang ingin berwisata sambil menikmati suasana alam, mengunjungi tempat ini dapat menjadi pilihan. Lokasinya dekat pusat kota dan cukup strategis sehingga akan mudah diakses dengan menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.

Apa Daya Tarik Forest Walk Bandung?

Forest Walk Bandung memiliki daya tarik yang membuat pengunjungnya betah berlama-lama di  sini. Bahkan tempat wisata ini selalu penuh dipadati oleh pengunjug, terutama pada hari liburan.

Menikmati Alam dengan Aman dan Mudah

Di tempat wisata Forest Walk Bandung ini para pengunjung dapat menikmati suasana alam dengan aman dan mudah. Dengan dibuatnya forest walk para pengunjung diharapkan dapat mencintai alam tanpa merusaknya. Selain itu, forest walk dibuat untuk memberikan fasilitas kepada para pengunjung untuk berjalan kaki agar bisa menikmati suasana hutan lebih dekat.

Tidak hanya dibangun forest walk saja, supaya ekosistem Babakan Siliwangi semakin berkembang, maka beberapa hewan seperti tupai dan burung dilepaskan supaya suasana alamnya menjadi lebih hidup.

Terpanjang di Asia Tenggara

Salah satu daya tarik di tempat ini yaitu adanya jembatan gantung. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 2.3 Km, dengan tinggi 2 M, pagar setinggi 1 M, serta lebarnya 1.5 M. Diketahui forest walk ini menjadi salah satu terpanjang di Asi Tenggara.

Tempat Wisata yang Unik

Jembatan gantung dibuat unik dengan jalur yang berkelok-kelok menghindari pepohonan besar. Selain itu, dibuat dengan mengikuti kontur tanah sehingga menanjak dan menurun. Penerangan dengan LED telah dipasang untuk membuat para pengunjung yang datang malam hari menjadi lebih nyaman.

Aktivitas Apa yang Dapat Dilakukan?

Di tempat wisata ini anda bisa menikmati fasilitas yang telah disediakan oleh pengelola. Ada beberapa aktivitas atau kegiatan yang dapat anda lakukan saat mengunjungi tempat wisata Babakan Siliwangi.

Forest Walk

Menikmati alam di sini tentunya sangat menyenangkan. Anda dapat merasakan sensasi berjalan-jalan di atas jembatan gantung untuk menembus hutan kota. Anda tentunya akan menikmati indahnya alam dan sejuknya udara di sini. Saat berjalan-jalan anda akan disambut dengan suara burung-burung yang merdu. Bahkan hewan lainnya, seperti tupai bisa anda lihat di sini.

Berfoto

Bagi anda yang hobi berfoto, mengunjungi tempat wisata yang satu ini adalah pilihan yang tepat. Karena pemandangannya begitu bagus, maka tidak ada salahnya saat datang ke sini anda membawa kamera sehingga bisa mengabadikan momen.

Tersedia banyak spot menarik yang sayang jika dilewatkan untuk berfoto. Di sepanjang perjalanan melintasi jembatan gantung anda akan menemukan tempat-tempat indah yang cocok untuk berfoto bersama keluarga atau teman-teman.

Piknik Keluarga

Suasananya yang sejuk dan segar menjadikan tempat ini cocok digunakan untuk berlibur bersama keluarga tercinta. Beberapa titik di tempat ini cocok untuk anak-anak. Bagi anda yang ingin menghabiskan libur akhir pekan bersama keluarga tercinta, tidak ada salahnya anda mengunjungi tempat yang satu ini.

Jogging

Selain berwisata, di tempat ini juga anda bisa berolahraga atau jogging. Karena tempatnya yang asyik akan membuat olahraga anda menjadi lebih menyenangkan. Beberapa jenis olahraga yang bisa anda lakukan di sini yaitu berjalan kaki dan jogging.

Bersantai Sambil Menikmati Suasana Alam yang Menyegarkan

Di Forest Walk Bandung ini udaranya sangat baik. Di sini polusi kendaraan tidak terlalu menyesakan. Berkunjung ke tempat ini tentunya direkomendasikan bagi anda yang ingin menikmati suasana udara yang segar.

Fasilitas Forest Walk Bandung

Forest Walk Bandung

Di Forest Walk Babakan Siliwangi Bandung ini anda sudah bisa menikmati beberapa fasilitas yang telah ada. Beberapa di antaranya yaitu area terbuka dengan bagian bawahnya hamparan pavin block. Dimana tempat ini bisa dijadikan untuk tempat berkumpul bersama dengan teman-teman.

Di area gerbang, terdapat tribun yang dilengkapi dengan meja mengelilingi kolam, dan di bagian tengahnya ada pohon tua berukuran besar. Ada juga sarana olahraga yang terletak di dekat gedung Sabuga.

Untuk menambah kenyamanan para pengunjung, di sini juga telah disediakan mushola dan kamar mandi. Selain itu, bagi anda yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir, karena tempat parkir sudah tersedia.

Untuk mengisi energi setelah berjalan-jalan sambil menikmati keindahan tempat ini, telah tersedia warung makan dengan aneka menu yang dapat anda pilih. Di antaranya makanan khas Bandung dan lain sebagainya. Selain itu, fasilitas menarik lainnya akan disiapkan di tempat ini yaitu fasilitas internet gratis.

Alamat Forest Walk Bandung

Bagi anda yang berencana berkunjung ke Forest Walk Babakan Siliwangi Bandung, lokasi ini berada di Jln. Tamansari No. 73, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Rute Menuju Forest Walk Bandung

Tidak sulit menemukan tempat wisata yang satu ini, entah dengan menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.

Nah, dari pintu keluar tol Pasteur anda dapat menuju ke jalan Dr. Djunjunan. Kemudian arahkan kendaraan anda ke Jl. Layang Pasupati. Setelah itu, silakan ambil jalan keluar ke Jl. Kebun Binatang – Jl. Tamansari. Anda bisa mengikuti jalan sampai di rambu lalu lintas yang mengarah ke Sabuga. Apabila anda sudah melintasi Kantor Kec. Bandung Wetan, anda pun tiba di Jln. Tamansari No. 73, Babakan Siliwangi. Namun, untuk lebih memudahkan anda menemukan lokasi alangkah lebih baiknya jika anda menggunakan aplikasi petunjuk jalan. Dengan menggunakan aplikasi tersebut akan mencegah anda salah jalan.

Jam Operasional Forest Walk Babakan Siliwangi

Buat anda yang ingin berkunjung ke Forest Walk Bandung jangan bingung menentukan waktu, sebab tempat wisata yang satu ini buka setiap hari dan 24 jam.

Tempat Wisata Dekat Forest Walk Bandung

Tahura

Forest Walk Babakan Siliwangi Bandung juga dekat dengan tempat wisata yang lainnya. Sehingga anda bisa sekaligus mampir ke tempat wisata lainnya. Nah, berikut ini beberapa tempat wisata yang dekat dengan Forest Walk Bandung.

Taman Hutan Raya Djuanda

Taman Hutan Rata Ir H Djuanda menjadi salah satu tempat wisata yang terkenal dan wisata hutan di Bandung yang bersejarah. Taman ini tentunya memiliki daya tarik yang membuat para wisatawan ingin mengunjungi tempat ini. Di sini anda bisa menikmati beberapa spot yang bagus. Udaranya yang segar akan membuat anda merasa betah berada disini. Sambil menikmati suasana alam, di sini anda juga bisa belajar sejarah.

Cihampelas Walk

Cihampelas Walk menjadi salah satu pusat perbelanjaan dengan konsep alami. Jalan-jalan ke Bandung rasanya kurang lengkap jika anda tidak mampir ke Cihampelas Walk. Tempat ini didukung dengan fasilitas yang memadai dan lengkap.

Puncak Ciumbuleuit

Puncak Ciumbuleuit merupakan daerah dataran tinggi yang terkenal di Bandung. Saat ini kawasan Puncak Ciumbuleuit atau Punclut menjadi salah satu tempat wisata alam favorit. Karena lokasinya berada di dataran tinggi, udara di sini sangat sejuk saat siang hari dan dingin ketika malam hari. Tempat wisata ini memiliki daya tarik dimana anda bisa melihat bentuk geografis kota Bandung secara langsung. Selain itu, tempat ini menjadi pusat kuliner dengan tersedia aneka cafe yang menarik dicoba.

Penginapan Dekat Forest Walk Bandung

Untuk anda pengunjung dari luar kota, jika ingin menghabiskan waktu yang lebih lama untuk menikmati tempat wisata di Bandung, berikut ini ada beberapa penginapan dekat Forest Walk yang direkomendasikan.

Cipaganti Inn

Cipaganti Inn alamatnya berada di Jln. Hegarasih No.4, Cibolang, Cipaganti, Sukajadi Bandung. Di sini menawarkan fasilitas untuk pengunjungnya seperti kamar mandi, AC, wifi, ranjang yang nyaman, area parkir dan lain sebagainya.

JF Hotel

Penginapan dekat Forest Walk selanjutnya yaitu JF Hotel yang beralamatkan di Jln. Cihampelas No 202, Cihampelas, Bandung. Di sini juga menawarkan fasilitas beragam yang akan membuat pengunjungnya merasa lebih nyaman. Tidak hanya dekat dengan Forest Walk Bandung saja, hotel ini juga dekat dengan beberapa tempat yang lainnya seperti Bandung Zoo,  Skywalk Cihampelas dan Cihampelas Walk.

Hotel Cihampelas 1

Hotel ini beralamatkan di Cihampelas 240, Cihampelas, Bandung. Aneka fasilitas yang akan membuat nyaman pengunjungnya ditawarkan oleh hotel yang satu ini. Selain itu, penginapan ini juga dekat dengan tempat wisata yang lainnya.

Hotel Cihampelas 2

Selain Hotel Cihampelas 1, ada juga Hotel Cihampelas 2 yang beralamatkan di Jln. Cihampelas No. 222, Cihampelas Bandung, yang dilengkapi dengan fasilitas yang akan membuat pengunjungnya merasa nyaman.

Apartment The Jarrdin

Lokasinya berada di Komersial Area B. 35 Tower B. Jln. Cihampelas dalam 10, Coblong, Cipaganti, Cihampelas, Bandung, yang dilengkapi dengan fasilitas yang akan membuat pengunjungnya merasa nyaman.

Berlibur di akhir pekan menjadi ide yang tepat agar pikiran kembali rileks setelah menjalankan aktifitas. Anda tentunya ingin liburan yang berkesan dan menyenangkan. Pilihlah tempat yang tepat dengan suasana yang menyenangkan, salah satunya Forest Walk Bandung. Menyuguhkan nuansa alam dengan udara yang segar, anda akan betah berlama-lama di sini. Terlebih lagi terdapat banyak spot foto yang sayang untuk dilewatkan.  Nah, demikian informasi tentang Forest Walk Bandung yang dapat kami berikan untuk anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply