Inilah Fakta Unik Mengenai Olahraga Ekstrim Skateboard

Bagi anda anak muda yang senang dengan olahraga ekstrim mungkin tidak asing lagi dengan skate board.

olahraga ekstrim yang menggunakan papan luncur sebagai medianya ini memang sangat digemari di seantero dunia dan disamping olahraga mungkin sudah menjadi lifestyle bagi sebagian besar kaum muda. Aksi-aksi yang dikenal memacu adrenalin karena harus bermain dengan trik-trik berbahaya justru menjadi magnet kuat bagi para anak muda untuk kemudian lebihmendalami lagi olahraga ekstrim satu ini.

Pada awalnya sendiri skate board diciptakan oleh para peselancar yang harus terus berlatih sedangkan kondisi ombak sedang buruk dan tidak memungkinkan untuk digunakan, sehingga mereka mencari alternatif agar terus bisa berlatih meskipun harus di darat sekalipun, oleh karena itu skate board juga dikenal dengan istilah trotoar surfing pada awalnya. Pada awalnya papan yang digunakan juga terbilang sangat sederhana, yakni hanya dengan menggunakan papan yang diberi ban roller skate sehingga bisa meluncur.

08

Pada perkembangannya papan skate kemudian dibuat lebih mutakhir dengan ban dan deck yang lebih terukur sehingga memungkinkan para pemainnya untuk melakukan trik-trik permainan secara lebih leluasa. Perlu diketahui jika resiko cedera dan terjatuh saat bermain skate itu cenderung tinggi terutama di saat melakukan trik-trik. Oleh karena itu bagi mereka yang pemula disarankan menggunakan berbagai pelindung dari mulai kepala hingga di bagian-bagian tertantu yang rentan cedera seperti lutut, siku, kepala, hingga pergelangan tangan

Namun tahukah anda faktanya jika dari semua bagian tubuh yang paling sering cedera sat kita bermain skateboard adalah tangan. Mungkin bagi mereka yang melihat sekilas dan belum mencoba bermain skateboard akan menyengka jika bagian paling rentan cedera adalah lutut atau kaki, padahal kenyataanya bukan. Tangan yang dijadikan sebagai penyeimbang dan tahanan saat jatuh cenderung lebih sering cera, baik luka kecil hingga terkilir atau patah.

Memang secara umum permainan skateboard ini memiliki resiko yang besar, namun tidak menyrutkan para penggemarnya untuk belajar dan melakukan trik-trik berbahaya. Ada kepuasan tersendiri di saat mampu menuntaskan sebuah trik baru yang berulangkali dicoba gagal sampai akhirnya bisa berhasil dan melakukannya dengan baik. Di dalamnya terdapat pelajaran bagi mereka yang bermain untuk terus berusaha meskipun berulangkali gagal sampai pada akhirnya bisa berhasil.

Di beberapa kasus karena jumlah cedera yang cukup besar maka pemerintah melarang permaianan ini untuk dilakukannya, seperti yang pernah dilakukan oleh Norwegia di tahun 1978 dan 1979. Dari data yang ada juga hampir rata-rata 100.000 orang memerlukan pengobatan akibat cidera yang ditimbulkan dari permainan ini baik yang ringan hingga yang berat sekalipun. Kebanyak cedera yang didapatkan pemain ini berasal dari aksi mereka yang tidak mau memaki pengamanan saat sedang melakukan aksi di atas papan, sebab memang adrenalin yang muncul sangat berbeda.

Berikut ini adalah video yang menunjukan salahsatu skate borader pro legendaris Roudney Mullen saat sedang melakukan trik-trik keren di atas papan seluncurnya. Simak di bawah ini.

Sudah siap berseluncur di darat dengan menggunakan papan skate? Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk meluncur bersama di jalanan atau menemukan trik-trik unik saat bermain skateboard. Bagikan artikel ini kepada teman dan sahabat anda dengan menekan tombol share yang berada di halaman ini. Jangan lupa juga untuk memberikan koemntar terhadap artikel skateboard ini dengan menambahkannya di kolom koemntar yang sudah disediakan.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook