Enviplast Kantong Ramah Lingkungan Pengganti Plastik Buatan Dalam Negeri

Permasalahan kantong plastik merupakan salahsatu yang wajib unutk dipikirkan oleh kita semua. Pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah plastik kian hari memang kian meresahkan. Isu pemanasan global dan kerusakan lingkungan menjadi sebuah hal yang menakutkan. Namun jika kita tidak segera bergerak dan melakukan sesuatu maka hal tersebut perlahan-lahan akan datang dan menjadi momok bagi dunia saat ini.

Berbicara mengenai limbah plastik, di era sekarang banyak sekali kampanye yang dilakukan untuk mencegah penggunaan plastik secara berlebihan. Ada banyak cara inovatif yang dilakukan oleh banyak orang. Kampanye yang dilakukan sendiri cukup beragam, dari mulai menggunakan media iklan, film, hingga lagu dan seni. Penggunaan plastik sendiri memang sudah begitu memprihatinkan, di mana menurut penelitian dari stiap orang Indonesia bisa mnghasilkan sekitar 700 sampah plastik per tahun. Belum lagi dampaknya terhadap lingkungan, salahsatunya adalah binatang, di mana mereka banyak yang mati karena salah memakan plastik. Berbanding terbalik dengan usia plastik yang membutuhkan waktu 100 tahun untuk bisa lapuk dan hancur.

kantong organik enviplast

Lebih jauh mengenai kampanye pengurangan limbah plastik, pemerintah kita mencoba untuk melakukan pemberlakukan kebijaka kantong plastik. Usaha tersebut digunakan untuk menekan jumlah penggunaan kantong plastik. Meksipun demikian, budaya kita yang sudah lekat dengan penggunaan kantong plastik sepertinya ukar dirubah. Hal itu yang kemudian mengilhami beberpa produsen kantong plastik untuk memproduksi kantong plastik brbahan organik. Slahsatunya adalah Enviplast yang diproduksi oleh PT Inter Aneka Lestari Kimia. Enviplast merupakan kantong organik berbahan dasar tepung tapioka yang sangat ramah lingkungan.

Dengan bahan organik tentu kantong satu ini menjadi bahan yang sangat ramah akan lingkungan dan bisa menekan tingkat polusi serta pencemaran yang terjadi. Tidak sama dengan kantong kebanyakan, kantong Enviplast ini tidak menggunakan bahan dari minyak bumi. Dengan demikian, limbah dari kantong ini akan aman ketika dibuang. Enviplast tidak akan berbahaya bagi binatang, tumbuhan dan tanah sekalipun. Kantong ini tidak akan membahayakan bagi binatang-binatang baik yang berada di darat dan laut sekalipun.

Ada banyak keunikan dari kantong enviplast ini sendiri. Secara umum kantong ini bisa terurai dengan sangat cepat, yakni hanya 3-6 bulan saja. Berbeda denga kantong plastik biasa yang membutuhkan waktu ratusan hingga jutaan tahun untuk bisa terurai dengan sempurna. Keuntungan lainnya adalah hasil limbah yang sudah terurai akan bisa menjadi pupuk kompos yang baik dan berguna bagi lingkungan, baik tanah ataupun tumbuhan, berbeda dengan plastik konvensional yang bisa menghalangi laju pertumbuhan dalam tanah. Selain itu, jika sewaktu-waktu kantong tersebut tidak sengaja termakan oleh hewan, maka plsatik ini aman dan tidak membahayakan seperti pada umumnya kantong plastik.

Sejak diperkenalkan pertama kali di tahun 2011 pada ajang SEA GAMES ke 26 Enviplast sudah mulai memproduksinya secara masal. Produksi Enviplast sendiri bahkan telah diekspor ke luar negeri. Di dalam negeri sendiri Enviplast belum terlalu umum digunakan, harganya yang cukup mahal, yakni 2 kali lipat dari harga kantong plastik biasa membuat masyarakat belum terlalu kenal. Meskipun demikian, edukasi dan juga pendidikan mengenai kantong plastik ini terus digunakan demi mengurangi bahaya plastik di masa depan.

Simak video mengenai produk enviplast berikut ini!

Demikanlah sebuah karya anak bangsa yang patut diapresiasi. Hadirnya kantong platik ramah lingkungan ini menjadi bukti bahwa Indonesia juga memiliki kepedulian yang besar terhadap pencemaran dan kerusakan alam.

Mari tunjukan dan ajak teman anda untuk turut mengurangi limbah kantong plastik dengan beralih menggunakan kantong ramah lingkungan. Anda bisa mengajak mereka dengan berbagi artikel ini melalui media sosial yang anda miliki. Silahkan bagikan dengan menekan tombol share yang telah disediakan di bawah ini. Anda juga bisa turut berbagi komentar dengan teman dan sahabat anda mengenai keberadaan kantong ramah lingkungan ini. Silahkan isi kolomnya di bawah ini!