Dusun Bambu: Primadona Wisata Baru Di Bandung Barat

Bandung memang merupakan tempat yang sangat menyenangkan untuk dijelajahi.

Bertindak sebagai kota penyangga bagi daerah sekitar seperti Jakarta, Bandung mampu menyediakan berbagai kebutuhan akan rekreasi bagi para keluarga ataupun orang-orang yang ingin melepaskan sejenak kepenatan dan berwisata bersama teman dan relasi.

Berjarak hanya 2 jam perjalanan dari Jakarta kini Bandung semakin ramai oleh kunjungan wisatawan, terbukti dari setiap weekend jalanan Bandung selalu dipenuhi berbagai mobil dengan plat nomor mobil luar wilayah Bandung. Beragam pilihan tempat wisata mungkin menjadi alasan utama Bandung menjadi pilihan. Pemenuhan kebutuhan liburan sudah cukup terpenuhi dari mulai kuliner, pakaian, hingga wisata alam dan wisata-wisata tidak biasa lainnya.

Dusun Bambu: Primadona Wisata Baru Di Bandung Barat

Hawa Bandung yang masih lebih sejuk dibanding kota-kota besar lainnya bisa jadi juga sebagai salahsatu daya tarik bagi mereka yang berlibur di kota yang berjuluk kota kembang ini. Beragam pilihan wisata baru juga mulai bermunculan sejak beberapa tahun kebelakang, fasilitas penunjang wisata serta tempat-tempat wisata mulai dibenahi dan ditata sedikit demi sedikit dengan lebih baik, sehingga membuat para wisatawan yang berkunjung merasa betah dan merasa ingin untuk kembali lagi dan merasakan nuansa liburan di Bandung yang menyenangkan.

Berbicara mengenai jenis liburan yang sering dipilih dan dicari oleh ketika berkunjung ke sebuah daerah adalah wisata alam. Jika dilihat dengan baik Bandung cukup mampu mnyediakan wisata alam yang baik. Di berbagai sudut Bandung dari utara, selatan, timur hingga ke barat setiap tempatnya memiliki wisata alam unggulan dan primadonanya sendiri sendiri.

Melihat kebiasaan berkunjung maka dari banyak spot liburan di Bandung, yang cukup diminati dan terkenal di mata para wisatawan adalah daerah Bandung Barat yang terkenal akan hawa dingin dan pesona kawasan atas. Di wilayah Bandung Barat ini terdapat primadona wisata yang bernama Lembang.

Berbicara mengenai Lembang, tempat yang memiliki hawa sejuk nan dingin itu terletak tidak terlalu jauh dari pusat kota, sehingga banyak di favoritkan orang untuk dikunjungi. Beberapa waktu terakhir sebuah tempat wisata baru kembali dibuka dan menjelma sebagai salahsatu primadona wisata.

Pernah mendengar nama Dusun Bambu? Dusun Bambu sendiri terletak di kaki Gunung Burangrang yang berhawa dingin. Area wisata Dusun Bambu ini sendiri merupakan paket area wisata lengkap yang menyuguhkan beragam fasilitas untuk menunjang liburan yang sedang kita nikmati. Area wisata Dusun Bambu yang termasuk dalam area wisata baru di Bandung terletak di Jl. Kolonel Masturi nomor 11 kamu dapat menempuhnya dengan menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor, namun jika kalian berencana naikangkutan umum setelah berhenti di terminal Ledeng berlanjut naik nagkot ke terminal Parongpong dan naik 1 kali lagi menggunakan agkot –Padalarang-Parongpong, namun akan lebih mudah mencapai tempat tujuan dengan hanya menyewa ojek dan langsung sampai ke area Dusun Bambu.

Menikmati Pesona Dusun Bambu

Jangan pernah membiarkan kameramu tertinggal, tidak terisi baterei atau roll film sebab mengunjungi Dusun Bambu tanpa mencoba mengabadikan momen-momen di sana selama kalian liburan itu cukup rugi, pasalnya keindahan pesona alam dan elemn-elemn lainnya di sana sangat bagus dan indah untuk diabadikan dalam jepretan lensa kamera kalian. 

Berkunjung ke Dusun Bambu sebenarnya sangat menyenangkan, jika memang tidak terburu-buru dan santai kalian bisa menyewa kamar dan penginapan di sana dan menikmati beberapa hari sajian paket wisata lengkap yang ada di Dusun Bambu. Berikut ini adalah tempat-tempat di dalam areal Dusun Bambu yang bisa kalian nikmati selama berwisata di kawasan ini:

1. Arimbi Garden

Arimbi garden ini merupakan area taman bunga yang sangat indah dan bisa digunakan sebagai area berfoto bersama dengan keluarga.

2. Tegal Pangulinan

Area Tegal Pangulinan merupakan lapangan terbuka yang dapat dipergunakan para wisatawan untuk bermain berbagai macam permainan tradisional seperti bakiak, egrang dll. Untuk beberapa permainan seperti menghias keramik ada biaya tambahan untuk bahan-bahan yang digunakan.

3. Eagle Camp

Eagle camp ini tersedia bagi para pengunjung yang ingin merasakan nuansa alam dari kawasan Dusun Bamb. Di sana sudah tersedia beragam keperluan untuk melakukan aktivitas kemping, dari mulai sleeping bag, tenda hingga peralatan BBQ yang bisa digunakan kalian ketika berkemah di area ini. 

4. Kampung Layung

Di Kampung Layung yang terletak di dalam areal Dusun Bambu ini tersedia villa yang terbuat dari bambu dan khas sekali pedesaan yang bisa kamu sewa sebagai tempat penginapan selama kamu berada di tempat ini.

5. Balad Lodaya

Ingin berwisata yang mendidik dan bersentuhan dengan alam? Balad Lodaya merupakan tempat yang cocok. Bermain di alam terbuka sembari belajar mengenai bagaimana cara bercocok tanam merupakan paduan yang tepat untuk mengajarkan pada anak bagaimana proses yang terjadi sampai mereka bisa makan dengan enak di rumah. Selain itu di sini tersedia jalur sepeda yang bisa digunakan.

6. Pasar Khatulistiwa

Pasar ini teerletak bersebelahan dengan cafe Burangrang dan menawarkan barang-barang dan produk-produk yang sangat berkualitas. 

7. Sampan Sangkuriang

Sampan sakngkuriang itu merupakan sebuah danau yang cantik di mana kita bisa menggunakan sampan dan berperahu di atas air danau yang tenang.

8. Saung Purbasari

Di saung ini kalian bisa menikmati makanan sambil lesehan ditemani dengan pemandangan indah dari Gunung Burangrang. Saung ini mampu menampung hingga 12 orang yang hendak mengadakan acara makan-makan, namun minimum 6 orang jika hendak menyewanya. Jam makannya pun dibatasi hingga paling lama 2 jam saja, karena banyak sekali yang ingin merasakan pengalaman makan di tempt ini.

9. Lutung Kasarung

Yang menarik dari Dusun Bambu adalah sajian-sajian tempatnya yang unik dan sangat bagus di lensa kamera. Salahsatu spot yang unik adalah tempat bernama Lutung Kasarung. Lutung Kasarung merupakan sebuah tempat makan yang berada di atas jembatan dengan desain ruangan yang menyerupai sarang burung, dan sungguh sangat unik. Melalui tempat makan yang berbetntuk sangkar ini juga lah kita bisa menikmati suasana matahari terbenam yang indah dan mengagumkan.

10. Cafe Burangrang

Inilah tempat makan yang paling seru di Dusun Bambu. Berada di tengah udara dingin membuat perut sering merasa lapar, dan cafe Burangrang ini adalah tempat yang menyediakan kebutuhan makanan kalian. Sajian makanan yang sangat lezat dan nuansa Bandung yang bisa dilihat dari tempat ini menambah poin plus dari tempat ini. jangan khawatir jika merasa lapar di tenagh malam ketika anda tengah berlibur di area Dusun Bambu, karena cafe ini buka 24 jam full sehingga bisa melayani kebutuhan makan kalian. 

Bagaimana? Tertarik berkunjung ke tempat ini? jangan lupa berikan komentarmu dan share ke teman-temanmu.

Leave a Reply