Dulu Anak Petani, Sekarang Jadi peternak Ayam Broiler yang Sukses, Kisah Hidupnya Membuat Anda Semangat

Kesuksesan tentu adalah setiap orang yang tentunya didapatkan dari hasil kerja keras tanpa pantang menyerah seburuk apapun situasinya. tentu, kesuksesan bisa didapatkan dimana saja tergantung seseorang cerdik dan ulet mengambil kesempatan tersebut.

Inilah salah satu pelajaran yang bisa diambil dari Abdullah Hadi yang berasal dari Dukuh Jongso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah yang merupakan mantan TKI yang bekerja di Korea. Untuk menjadi seorang TKI di Korea, ia mendapatkan jalan dengan cara menggadai tanah milik kedua orangtuanya untuk berangkat kerja di Korea. Kini, ia telah membuktikan kepada kita semua bahwa keberhasilan bisa kita dapatkan dari bidang apapun yang tentu kita jalani tanpa rasa menyerah. 

Dilahirkan dari keluarga petani yang terbilang cukup miskin membuat pria ini mengubah nasib keluarganya agar mendapat kehidupan yang lebih layak ini. Abdullah Hadi, seorang pria yang sempat menyerah dengan kehidupannya dimana ia semenjak sekolah merasakan pahit dan getirnya hidup. Dibesarkan dari keluarga dengan 6 bersaudara membuat Hadi harus berbagi dengan kelima saudaranya dalam hal apapun itu. Karena menurutnya, meskipun orangtua berpenghasilan dari bertani yang memiliki luas tanah 1 hektar, namun kedua orangtuanya tetap tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan anak-anaknya.

Seiring beranjak dewasa ia bercita-cita ingin merubah nasib keluarganya agar lebih layak. Meskipun ia harus menjadi seorang petani, ia tidak ingin menjadi seorang buru petani yang mendapatkan pendapatan dari hasil mengurus tanah orang lain. Hal ini dikarenakan bahwa menjadi seorang petani bukanlah bidang yang cukup menjanjikan sebagaimana profesi yang dijalani ayahnya. 

Sekarang, ia telah mewujudkan cita-citanya tersebut dengan menjadi seorang peternak ayam broiler yang sukses. Saat ini ia berhasil mengembangkan bisnisnya tersebut dengan memiliki populasi ayam broiler sebanyak 200 ribu ekor. Waw.. Angka yang cukup fantastis bukan?

Ia menekuni bisnisnya tersebut setelah mengikuti pelatihan kewirausahaan terintegrasi bagi purna TKI di Kabupaten Pati pada tahun 2015 silam. Tidak seperti kandang ayam pada umumnya, Hadi membangun sebuah kandang ayam miliknya dengan sistem tertutup (Close Farmhouse).

Dengan sistem ini, suhu, kelembaban dan kecepatan angin dikandang bisa diatur sesuai dengan kenyamanan ayam. ia juga berhasil membuat inovasi baru dengan membuat alat listrik yang bisa menekan biaya pengeluaran listrik sebesar 60%. Selain mencegah bau yang tidak sedap yang bisa tersebar ke lingkungan luar kandang yang bisa mengganggu orang lain, sistem kandang tertutup ini mampu menampung ayam lebih banyak dari kandang konvensional pada umumnya. Tentu, saat ini Hadi bisa meraup keuntungan hingga ratusan juta rupiah per bulannya.

Tidak hanya sebagai pebisnis ayam broiler yang sukses, Hadi juga berhasil untuk membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang di sekitarnya yang membutuhkan pekerjaan karena ia tidak menggunakan teknologi mutakhir dalam mengelola peternakannya.

Dengan menjalankan bisnis peternakannya ini, Hadi berharap warga di kampungnya yang sebagian besar memilih untuk menjadi TKI dapat termotivasi untuk menjalani bisnis apapun yang mereka mau di Indonesia dengan catatan harus ulet dan pantang menyerah. Ia juga ingin mengubah pola pikir dan menghilangkan ketergantungan warga desanya yang lebih memilih menjadi TKI untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Berikut kami sajikan video dengan kisah inspiratif dari seorang peternak ayam broiler yang mungkin akan memberikan inspirasi bagi kita semua.

 

Tentu, kesuksesan yang ingin kita wujudkan dapat kita jalani dalam bidang apa saja yang Anda mau dengan bekerja keras dan pantang menyerah meski dalam kondisi apapun. Anda ingin sukses juga kan? Jangan lupa untuk share kisah inspiratif ini kepada kerabat atau sahabatmu. Semoga bermanfaat!

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook