Destinasi Wisata Lombok

Destinasi Wisata Lombok yang Memikat dan Wajib Dikunjungi

Destinasi Wisata Lombok – Lombok merupakan salah satu tujuan wisata favorit banyak wisatawan, setelah Bali. Bukan tanpa alasan, di Lombok terdapat banyak tempat wisata yang memikat. Dengan mengunjungi tempat wisata di Lombok, liburan anda tentunya akan menjadi lebih berkesan. Nah, berikut ini beberapa destinasi wisata Lombok yang wajib dikunjungi.

Destinasi Wisata Lombok yang Memikat dan Wajib Dikunjungi

Beberapa destinasi wisata Lombok yang menarik, terdiri dari wisata pantai, gili, dan lain sebagainya. Yuk simak di bawah ini.

Pantai Kuta

Destinasi Wisata Lombok

Pantai Kuta yang terdapat di Lombok tidak sama seperti Pantai Kuta yang lokasinya ada di Bali. Pantai Kuta di Lombok suasananya masih sepi dan bersih. Pantai ini beralamatkan di Desa Kuta, Lombok Tengah. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah sehingga tak heran jika selalu dijadikan sebagai destinasi tujuan wisatawan.

Pantai ini memiliki pasir yang lembut dan pemandangan bawah laut yang begitu indah. Selain menikmati pemandangan indah, saat berkunjung ke sini juga para wisatawan bisa melakukan aneka kegiatan menarik lainnya seperti berselancar, snorkeling, berenang, menyewa perahu hingga menyaksikan matahari terbenam. Untuk fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap yang akan membuat wisatawan nyaman saat berkunjung ke sini.

Pantai Bangko-Bangko

Destinasi Wisata Lombok

Pantai Bangko-Bangko dikenal juga dengan sebutan Desert Point. Pantai ini ombaknya besar dan areanya berbatu tajam. Pantai ini cukup menantang untuk para peselancar ahli. Lokasi pantai ini ada di barat daya Lombok. Areanya terpencil sehingga kondisi pantai ini pun masih asri. Meskipun pantai ini belum dilengkapi dengan banyak fasilitas, namun para penduduk setempat menyewakan pondok penginapan di area pantai.

Pantai Selong Belanak

Destinasi Wisata Lombok

Pantai Selong Belanak ini lokasinya berada pada jalur yang sama dengan Pantai Kuta. Pantai ini memiliki pasir putih yang indah dan lembut, pemandangan airnya biru dan masih sepi pengunjung. Ombaknya cocok untuk peselancar namun tidak terlalu besar.

Ketika berkunjung ke pantai ini anda tentunya tidak akan bosan. Selain menyaksikan keindahan pantai, anda juga bisa melakukan aktivitas yang lainnya seperti berenang, berselancar, berjemur, snorkeling dan menyaksikan matahari terbenam.

Dengan berkendara dari Pantai Kuta ke Pantai Selong Belanak menempuh jarak 30 menit. Kondisi jalan ke pantai ini sekarang kondisinya bagus.

Pantai Tangsi

Destinasi Wisata Lombok

Pantai Tangsi berada di Lombok Timur dengan pemandangan yang unik yaitu memiliki pasir dengan warna merah muda. Karena pasirnya yang berwarna, pantai ini sering disebut dengan Pantai Pink. Untuk sampai di pantai yang satu ini, para wisatawan harus berkendara dari Mataram sejauh 2 kilometer. Selain itu, di Pelabuhan Tanjung Luar juga terdapat kapal sewaan menuju ke pantai yang satu ini.

Waktu yang paling cocok berkunjung ke sini yaitu sekitar pukul 8 hingga 4 sore. Sebab di waktu ini sinar matahari terang yang akan memantulkan warna cantik pasir, yaitu merah muda. Selain itu, ketika berkunjung ke sini pastikan saat musim kemarau, supaya bias warna pink dari pasir maksimal.

Pantai Tanjung Aan

Destinasi Wisata Lombok

Lokasi Pantai Tanjung Aan ini dekat dengan Pantai Kuta dan Pantai Selong Belanak. Kondisi pantainya bersih dan ombaknya lembut, dengan kondisi pasir yang mirip butiran merica. Di sini juga terdapat tonjolan bebatuan, serta karang.

Pantai Tanjung Aan ini cocok dijadikan sebagai tempat untuk snorkeling. Di sini para penduduk setempat banyak yang menyewakan perlengkapan snorkeling. Selain itu, di sini juga terdapat warung makan sehingga lebih mudah saat perut anda lapar saat berlibur. Dari Pantai Kuta ke pantai ini jaraknya sekitar 3 kilometer. Kendaraan umum ada yang melalui pantai ini.

Bukit Pergasingan

Destinasi Wisata Lombok

Bukit Pergasingan lokasinya berada di area Sembalun, Lombok Timur. Di sini anda bisa menyaksikan pemandangan dari ketinggian. Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan hutan, pedesaan, persawahan dan gunung rinjani yang bisa dilihat dari kejauhan.

Di Bukit Pergasingan ini merupakan lokasi yang tepat untuk menyaksikan indahnya matahari terbit ataupun matahari terbenam. Di sini juga disediakan fasilitas seperti sepeda gunung dan paralayang. Selain itu, tempat wisata yang satu ini juga cocok dijadikan tempat untuk berkemah.

Untuk menuju ke perbukitan, tidak terdapat kendaraan umum. Oleh karena itu, para wisatawan disarankan untuk menyewa kendaraan. Penduduk di sekitar tempat ini juga banyak yang menyewakan sepeda motor dan mobil sehingga akan memudahkan para wisatawan mencapai titik pendakian.

Dusun Sade

Destinasi Wisata Lombok

Destinasi wisata Lombok lainnya yang bisa dijadikan pilihan yaitu Dusun Sade. Dusun Sade itu sendiri merupakan tempat tinggal Suku Sasak yang beralamatkan di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Di sini penduduknya masih mempertahankan aspek budaya tradisional. Selain itu, penduduk di desa ini masih tinggal di rumah tradisional dengan atap alang-alang, serta dinding anyaman dan bambu dengan kayu yang menjadi penunjangnya.

Di Dusun Sade ini setiap rumah dibedakan sesuai dengan fungsinya. Misalkan Bale Tani untuk hunian keluarga, Bale Bonter yang ditinggali petinggi desa, Bale Kodong untuk pasangan muda yang belum mempunyai anak atau lansia. Selain itu, terdapat juga lumbung padi, serta balai desa yang digunakan warga untuk berunding. Di sini setiap rumah dihubungkan oleh jalan setapak.

Ketika berkunjung ke sini, wisatawan bisa menyaksikan proses pembuatan kain ikat dengan tradisional, membeli langsung kain dari penduduk desa dan belajar menenun. Para penduduk desa juga biasanya suka mengadakan festival, serta ritual tradisional.

Pantai Senggigi

Destinasi Wisata Lombok

Pantai Senggigi merupakan salah satu pantai populer yang terdapat di Lombok. Pantai ini berlokasi di Lombok Barat. Pasirnya lembut dengan pemandangan air warna biru kehijauan dan jernih. Pantainya cukup dangkal dengan terumbu karang unik menjadikannya populer untuk snorkeling.

Salah satu daya tarik dari pantai ini yaitu gradasi warna pasir, yaitu gelap ke putih. Ombaknya cukup lembut. Selain itu, pantai ini juga menjadi tempat ideal untuk menyaksikan matahari terbenam dengan latar belakang Gunung Agung yang terlihat dari kejauhan. Karena populer dan banyak dikunjungi, pantai ini dikelilingi oleh penginapan dan hotel.

Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air

Di area lepas pantainya, Lombok mempunyai pulau-pulau kecil. Ada tiga yang paling populer yakni Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Lokasi ketiganya berdekatan , sehingga tak heran jika sering dijadikan tujuan wisata keliling pulau. Gili terbesar yaitu Gili Trawangan, untuk Gili Meno merupakan paling sepi namun kondisinya masih asri.

Di Gili Trawangan terdapat pilihan resort yang banyak. Di sini para wisatawan bisa menikmati indahnya pantai, jalan-jalan naik delman atau menyewa sepeda.

Jika dibandingkan dengan Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air ukurannya lebih kecil dan suasananya lebih sepi. Namun, Gili Air masih dihuni masyarakat lokal.

Itulah beberapa destinasi wisata Lombok yang memikat dan wajib dikunjungi. Untuk anda yang berencana berlibur ke Lombok, beberapa destinasi di atas bisa dijadikan pilihan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.