Desain Minimalis di Rumah Sederhana

Ciptakan Desain Minimalis di Rumah Sederhana dengan Trik Ini

Ciptakan Desain Minimalis di Rumah Sederhana dengan Trik Ini – Kenyamanan sebuah rumah bisa anda ciptakan dengan mendesainnya semenarik mungkin. Selain nyaman, rumah dengan desain yang menarik juga akan terlihat cantik dan memanjakan mata. Mendesain rumah itu sendiri tidak boleh dilakukan asal-asalan untuk menciptakan rumah yang nyaman, anda harus menyesuaikannya dengan ukuran luas rumah anda.

Untuk rumah yang ukurannya terbatas, dibutuhkan trik khusus saat mendesain rumah. Ini dilakukan agar rumah tetap nyaman dan leluasa. Nah, untuk membantu anda mendesain rumah minimalis sederhana, beberapa trik berikut ini bisa anda pertimbangkan.

Desain Minimalis di Rumah Sederhana

Trik Desain Minimalis di Rumah Sederhana

Desain minimalis memiliki tampilan yang sederhana namun menarik. Anda bisa mengaplikasikannya di rumah impian anda dengan memperhatikan tips berikut ini.

Gunakan Perabot Rumah yang Tepat

Karena keterbatasan ruang di rumah, memilih perabotan yang tepat tentu membutuhkan pertimbangan yang matang. Pada ruangan sempit, pastikan anda menggunakan perabotan seperlunya supaya sesuai dengan luas ruangan di rumah anda. Nah, dalam memilih perabotan untuk rumah minimalis sederhana, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan seperti berikut ini.

  • Desain Perabot. Saat memilih perabotan, pastikan desainnya sesuai dengan ukuran ruangan di rumah anda. Apabila memungkinkan tidak ada salahnya anda memilih perabotan khusus untuk rumah anda.
  • Ukuran. Selain desain, ukuran perabotan juga sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan anda tidak memilih perabotan dengan ukuran yang besar. Untuk desain rumah minimalis sederhana, anda harus menggunakan perabotan yang ukurannya mungil sehingga tidak akan membuat ruangan di rumah semakin sempit.
  • Warna. Warna juga ikut berpengaruh terhadap desain rumah minimalis anda. Dalam memilih perabot, pastikan anda memilih warna yang serasi dengan warna dinding di rumah anda. Untuk tampilan rumah yang lebih indah, anda bisa menentukan tema dekorasi rumah minimalis. Misalkan memilih tema Scandinavia. Tema ini didominasi oleh warna putih dan warna lembut lainnya.

Warna Rumah

Warna memiliki pengaruh terhadap desain interior rumah. Dalam memilih warna, anda bisa menyesuaikannya dengan selera anda. Anda sebaiknya memilih warna senada dan tidak terlalu mencolok. Warna netral seperti abu-abu dan putih dapat dijadikan inspirasi karena warna-warna ini akan menampilkan kesan yang elegan dan sederhana.

Supaya ruangan di rumah anda tidak monoton, anda bisa mengkombinasikan beberapa warna cantik. Contohnya, untuk dinding anda bisa mengaplikasikan warna putih bersih, sedangkan untuk atap bisa mengaplikasikan warna abu-abu. Untuk ruangan yang sempit, sebaiknya anda memilih warna yang dapat menciptakan kesan ruangan yang luas. Salah satunya warna putih.

Sudut Ruangan Dimanfaatkan dengan Baik

Ukuran ruangan yang terbatas membuat anda memiliki ruang gerak yang terbatas. Nah, anda harus dapat mensiasatinya dengan baik. Setiap sudut di ruangan anda harus memiliki fungsinya yang jelas. Anda harus memanfaatkan sudut ruangan dengan sebaik mungkin mengingat ukuran rumah minimalis sederhan anda tidak luas.

Selain itu, anda juga bisa menggabungkan beberapa ruangan, misalkan dapur dengan ruang makan pada ruangan yang sama. Pilihlah furniture yang tepat, misalkan memilih meja makan mungil supaya anda memiliki ruang gerak yang cukup di dapur.

Mengatur Pencahayaan dengan Baik

Hal lainnya yang harus diperhatikan dalam mendesain rumah minimalis sederhana yaitu pencahayaan. Pencahayaan yang tepat akan membuat rumah anda nyaman, terang dan terhindar dari kesan sumpek. Selain itu, dengan pencahayaan yang tepat rumah anda juga akan nampak berbeda dan terlihat lebih luas.

Untuk sumber pencahayaan saat siang hari, anda bisa mendapatkannya dari cahaya matahari. Sehingga sangat penting rumah anda dilengkapi dengan jendela yang besar agar cahaya yang masuk ke dalam rumah anda menjadi maksimal. Sedangkan untuk malam hari, anda bisa mendapatkannya dari lampu. Anda dapat memasang beberapa lampu dengan penerangan yang tepat di ruangan.

Wallpaper

Memasang wallpaper dinding akan membuat tampilan rumah anda menjadi terlihat cantik dan indah. Untuk rumah minimlis sederhana, motif wallpaper yang sebaiknya anda pilih yaitu motif sederhana dan tidak terlalu ramai.

Selain itu, pastikan anda tidak mengaplikasikan wallpaper pada seluruh dinding. Anda bisa mengaplikasikannya pada sebagian sudut ruangan saja. Pasalnya, menggunakan wallpaper yang penuh pada ruangan akan membuat rumah anda nampak lebih sempit. Tentu anda tidak ingin rumah impian anda sempit dan sesak bukan?

Jika anda ingin mempercantik ruangan dengan pola, anda bisa mengaplikasikannya pada item dekorasi seperti bantal sofa, taplak meja dan lain sebagainya.

Meletakan Cermin Sebagai Dekorasi

Pada ruangan dengan luas terbatas, anda harus pintar-pintar dalam memilih dekorasi. Memilih dekorasi yang tepat tidak hanya akan membuat rumah terlihat indah, namun juga akan membuat rumah anda terlihat lebih luas. Salah satu barang dekorasi yang disarankan yaitu cermin.

Anda bisa memasang cermin pada ruangan yang akan membuat pantulan dan membuat ruangan di rumah anda nampak lebih luas. Untuk cermin itu sendiri, sebaiknya pilihlah cermin yang ukurannya sedang serta di bagian pinggirnya dilengkapi dengan bingkai kecil.

Agar tampilannya serasi, anda bisa memilih bingkai cermin dengan warna yang senada dengan warna furniture yang lainnya.

Menggunakan Penyimpanan yang Multifungsi

Untuk menyimpan barang-barang tentu dibutuhkan tempat penyimpanan. Untuk menghemat ruangan, sebaiknya anda menggunakan tempat penyimpanan yang multifungsi.  Dengan memilih tempat penyimpanan multifungsi rumah anda akan terlihat semakin rapi dan bersih.

Anda dapat memilih tempat tidur dengan tempat penyimpanan di bagian bawahnya atau meja dengan tempat penyimpanan dan lain sebagainya. Dengan seperti itu anda tidak memerlukan tempat penyimpanan tambahan lainnya yang akan menjadikan ruangan semakin sempit.

Menggunakan Jendela Berukuran Besar

Kehadiran jendela pada sebuah rumah tentu sangat penting. Jendela di rumah berfungsi sebagai sirkulasi udara. Selain itu, jendela juga berfungsi sebagai celah masuknya cahaya matahari ke rumah.

Anda bisa menggunakan jendela dengan ukuran yang besar. Ini dilakukan supaya jumlah cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah cukup untuk menerangi ruangan saat siang hari.

Tambahkan Aksesoris di Rumah Anda

Agar tidak terlihat monoton anda bisa mendekorasi rumah dengan tambahan aksesoris. Pilihlah aksesoris yang tepat untuk desain rumah minimalis sederhana. Jangan menggunakan aksesoris yang terlalu banyak supaya tampilan rumah anda tidak terlalu ramai.

Selain itu, anda juga harus memperhatikan penempatan dari aksesoris. Anda sebaiknya menempatkan aksesoris pada tempat khusus yang tidak akan menghalangi pemandangan. Anda juga bisa memilih aksesoris sesuai dengan konsep atau tema rumah yang anda pilih agar serasi.

Lihat juga : Desain Kamar Mandi Minimalis Modern yang Nyaman

Itulah beberapa trik desain rumah minimalis di rumah sederhana. Semoga dengan beberapa trik yang kami hadirkan di atas, dapat membantu anda menciptakan hunian seperti yang diinginkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *