Desa Penglipuran Bali, Salah Satu Desa Terindah di Bali

Desa Penglipuran Bali, Salah Satu Desa Terindah di Bali – Bali menjadi tujuan wisata banyak orang. Pasalnya di Bali terdapat banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bali terkenal dengan pantai-pantai cantiknya. Namun, selain berkunjung ke pantai cantik dan tempat wisata menarik lainnya, anda juga bisa berkunjung ke desa adat yang saat ini sudah berkembang menjadi sebuah desa wisata. Kini desa ini ramai dikunjungi, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Ya, desa yang  dimaksud yaitu Desa Penglipuran, Bali.

Desa Penglipuran ini memiliki daya tarik bagi para pengunjungnya. Desa ini terlihat indah, rapi dan bersih dengan udara yang sejuk. Desa Penglipuran memiliki eksotisme kebudayaan Bali, baik bangunan, kerajinan sampai makanan khas dari Bali. Bagi anda yang ingin menikmati suasana pedesaan khas Bali, maka anda harus berkunjung ke Desa Penglipuran ini.

Desa Penglipuran Bali

Asal Usul Nama Desa Penglipuran Bali

Berdasarkan cerita turun temurun, berikut ini asal usul penamaan Desa Penglipuran Bali:

  • Penglipuran asal katanya dari “Pengeling”, serta “Pura”. Dimana artinya itu sendiri yaitu tempat untuk mengingat pura buyung gede dan mengingat para leluhurnya.
  • Penglipuran berasal dari “Pelipur” dan “Lara”. Yang mana artinya yaitu tempat untuk menghibur saat sedang sedih. Selain itu juga diartikan sebagai tempat para penduduk untuk menghibur raja ketika sedang ada masalah
  • Penglipuran asal katanya dari “Pangleng”, serta “Pura”. Yang memiliki arti sebagai tempat yang dikelilingi oleh pura-pura pada 4 penjuru mata angin.

Apa Saja Daya Tarik Desa Penglipuran?

Sebelum mengunjungi tempat wisata, tentu anda akan mencari tahu terlebih dahulu apa daya tarik dari tempat wisata tersebut. Nah, untuk anda yang ingin mengetahui daya tarik Desa  Penglipuran, anda bisa simak di bawah ini.

Desa Unik di Bali

Desa Penglipuran merupakan sebuah desa di Bali yang belum tersentuh oleh pengaruh modern serta budaya dari luar. Saat berkunjung ke Desa Penglipuran ini anda akan merasakan suasana yang berbeda. Saat menginjakan kaki di desa adat ini anda akan menemukan bentuk bangunan yang unik. Dimana dinding dan atap rumah terbuat dari bambu, serta pintu gerbang rumahnya memiliki ukuran yang sama. ( Baca juga : Pantai Pandawa Bali )

Selain itu, hal unik lainnya yaitu tata ruang rumahnya sama, serta pintu gerbang rumahnya terbuat dari tanah liat. Konsep dibangun desa ini terlihat jelas dengan mengutamakan lingkungan yang menyatu dengan alam.

Keindahannya Alami dan Tertata

Para wisatawan yang datang ke Bali akan takjub dengan keindahan dan segala sesuatunya yang ada di Bali, termasuk Desa Penglipuran. Desa ini memiliki keindahan alam yang khas dengan suasana yang tenang, udara yang begitu sejuk serta tata ruangnya rapi. Menariknya desa ini  mendapatkan predikat sebagai Desa Penglipuran Terbersih.

Desa yang bersih dipadukan dengan tempatnya yang sejuk, serta kehidupan masyarakatnya yang masih memegang adat istiadat dan budaya yang kuat membuat banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung ke tempat ini.

Kearifan Budaya Lokal

Desa Penglipuran di bagi menjadi  3 kawasan, yakni pemukiman warga, area hutan bambu, serta pemakaman. Uniknya di desa ini kepala keluarga tidak boleh memiliki istri lebih dari 1. Apabila melanggar peraturan maka akan dikucilkan. Serta orang yang mencuri akan ada hukuman.

Wisata Kuliner

Di tempat ini juga anda bisa mencoba berbagai macam kuliner atau makanan khas setempat seperti donat terbuat dari kentang, jamu dengan 6  rasa, tipat catok, sueg dan lain sebagainya.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Desa Penglipuran

Desa Penglipuran Bali

Mengunjungi Desa Penglipuran ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan. Berikut ini beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di Desa Penglipuran.

Keliling Desa

Desa Penglipuran memiliki suasana yang indah. Kegiatan pertama yang dapat anda lakukan di tempat ini yaitu keliling desa. Anda dapat melihat rumah-rumah cantik dengan arsitektur khas Bali yang berderet rapi, jalanan bebatuan yang membuat lingkungan terasa lebih asri. Jalan-jalan mengelilingi Desa Penglipuran akan semakin menyenangkan jika anda pergi bersama keluarga atau teman.

Berkunjung ke Pura Desa Wisata

Di Desa Penglipuran ada beberapa pura. Pura-pura tersebut di antaranya yaitu Pura Penataran, Pura Puseh Desa, Pura Bale Agung, dan lain sebagainya. Untuk berkunjung ke pura ini anda tentunya harus mengikuti peraturan yang ada.

Mengunjungi Hutan Bambu yang Cantik

Hal lainnya yang dapat anda lakukan saat berkunjung ke Desa Penglipuran yaitu mengunjungi hutan bambu yang cantik. Pohon-pohon bambu berjajar rapi dan suasananya begitu bersih dan indah. Tempatnya juga terawat dan akan membuat pengunjungnya merasa nyaman saat mengunjungi hutan ini. Di hutan ini terdapat jalan setapak yang bisa digunakan untuk spot foto.

Berfoto di Jalan Utama Desa Penglipuran

Saat berkunjung ke Desa Penglipuran, para pengunjung biasanya akan mengabadikan momen di jalan utamanya. Berfoto di jalan ini akan menghasilkan foto yang cantik dengan suasana yang cantik dan indah khas Bali. Anda dapat berfoto di sini untuk kenang-kenangan.

Belanja Oleh-Oleh

Selain menikmati suasana Desa Penglipuran, anda juga bisa membeli oleh-oleh khas untuk dibawa pulang sebagai buah tangan. Ada aksesoris, pernak-pernik, makanan khas dan lain sebagainya.

Lokasi Desa Penglipuran

Desa Penglipuran ini berlokasi di Jl. Rambutan, Gang III A1, no.6, Bangli, Kawan, Kubu, Kec. Bangli, Kab, Bangli,  Bali. Dari Bandara Ngurah Rai ke lokasi ini jaraknya sekitar 56 km dengan menempuh waktu selama kurang lebih 1 jam 40 menit. Jika anda berangka dari BTCD Nusa Dua, untuk sampai ke lokasi ini jarak yang anda tempuh sekitar 61 km.

Desa Penglipuran lokasinya ada di atas ketinggian sekitar 600 hingga 700 meter di atas permukaan laut. Sehingga di sini anda bisa merasakan udara yang sejuk di atas ketinggian. Dari sisi geografis tempat ini lokasinya cukup strategis.

Rute Menuju Desa Penglipuran

Rute menuju Desa Penglipuran, apabila anda berangkat dari pusat Kota Denpasar untuk sampai ke tempat ini membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Dari by pass Ida Bagus Mantra anda dapat terus lurus sampai ke perempatan Jl. Pantai Siyut, lalu belok ke arah kiri. Dari Jl. Pantai Siyut ke Jalan Raya Talikup, lalu anda bisa melanjutkannya ke Jl. Taman Bali untuk menuju ke Kota Bangli. Setelah sampai di Kota Bangli, anda harus mencari Jl. Nusantara dan temukan simpang tiga. Setelah itu, belok kiri dan ikuti papan penunjuk arah untuk menuju ke Desa Penglipuran. Anda bisa mengikuti jalan tersebut sampai tiba di gerbang Desa Penglipuran.

Fasilitas Desa Penglipuran

Desa Penglipuran Bali

Di Desa Penglipuran ini tentunya sudah tersedia tempat parkir. Di sini juga anda bisa memilih atau menggunakan paket wisata. Dengan menggunakan paket wisata ini akan membuat anda dan pengunjung lainnya lebih bisa menikmati wisata anda ke Desa Penglipuran. Berikut ini beberapa paket wisata yang dapat dipilih.

  • Paket Wisata Adventure Bali Cycling. Dengan memilih paket ini anda akan dibawa berkeliling dengan menggunakan sepeda. Anda akan menikmati keindahan Desa Penglipuran ini, baik alamnya ataupun kebudayaannya. Dengan memilih paket ini anda akan dikenakan tarif sesuai yang telah ditentukan.
  • Paket Wisata Adventure Bali Camping. Nah, apabila anda mencoba paket ini maka anda akan diajak untuk melihat dan menikmati keindahan alami saat malam hari. Tentunya anda harus membayar tarif sesuai yang telah ditentukan untuk memilih paket ini.

Di Desa Penglipuran juga sudah tersedia akomodasi yang dapat anda gunakan. Berikut ini beberapa akomodasi yang dapat anda pilih.

Guest House Desa Penglipuran

Penginapan ini bergaya tradisional, terbuat dari anyaman bambu dengan bagian dalamnya didesain bergaya modern minimalis dengan harga sewa yang cukup terjangkau.

Homestay di Desa Penglipuran

Home stay ini memiliki nuansa khas Bali yang lokasinya berada di tengah-tengah pemukiman penduduk dengan harga sewa yang cukup terjangkau.

Tempat Menarik Dekat Desa Penglipuran

Ada beberapa tempat wisata dekat Desa Penglipuran. Sehingga setelah berkunjung ke Desa Penglipuran anda dapat berkunjung ke tempat wisata terdekat lainnya. Berikut ini beberapa tempat wisata yang dekat dengan Desa Penglipuran Bali.

Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul adalah pura suci untuk umat Hindu di Bali yang lokasinya ada d Ds. Manukaya, Kec. Tampaksiring, Kab. Gianyar, Bali. Taman air suci terkenal di pura ini yang sumbernya dari mata air pegunungan, serta biasanya digunakan bersuci.

Tirta Empul secara etimologi artinya yaitu air yang menyembur keluar dari tanah. Diperkirakan pura ini didirikan tahun 960 Masehi.

Istana Negara Tampaksiring

Istana Negara Tampaksiring adalah salah satu dari 6 Istana Negara Republik Indonesia. Istana Negara ini berlokasi di Ds. Tampaksiring, Gianyar, Bali. Karena lokasinya diketinggian, Istana Negara ini suasannya sejuk. Karena lokasinya yang jauh dari pusat kota, membuat suasana di tempat ini begitu nyaman, tenang, serta bebas dari polusi.

Tegalalang Rice Terraces

Tegalalang Rice Terraces ini lokasinya berada di utara kawasan Ubud, Kab. Gianyar, Bali.  Kawasan ini terkenal karena keindahan terasering pesawahan hijau. Tegalalang itu sendiri namanya diambil dari nama desa yang berada di kawasan ini. Untuk anda yang ingin menikmati suasana pesawahan di tempat ini, maka waktu terbaik yang disarankan yaitu saat pagi hari.

Pura Besakih

Pura Besakih merupakan pura suci terbesar di Bali. Pura Besakih berlokasi di Ds. Besakih, Kec. Rendang, Kab. Karangasem, Bali. Dari Desa Penglipuran untuk sampai ke pura ini sekitar 1 jam. Sejak zaman dahulu pura ini sangat dihormati. Bagi  anda yang ingin berkunjung ke Pura ini harus menggunakan udeng/sarung, serta kamen adat Bali.

Desa Pengotan

Apabila dilihat dengan sekilas desa ini mirip seperti Desa Penglipuran. Di desa ini terdapat komplek rumah asli masyarakat Bali. Dari Desa Penglipuran untuk sampai ke Desa Pengotan ini berjarak sekitar 12.3 km. Desa wisata ini bisa menjadi pilihan lain selain Desa Penglipuran jika ingin menikmati suasana pedesaan. ( Lihat juga : Destinasi Wisata Bali Menakjubkan )

Nah, Desa Penglipuran ini bisa anda masukan ke salah satu daftar tempat wisata yang akan anda kunjungi di Bali. Sebab, di desa ini anda akan merasakan suasana yang berbeda dan pengalaman yang berharga. Demikianlah informasi mengenai Desa Penglipuran Bali yang dapat kami berikan. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply