Dengan Cara Ini Pisang Akan Tahan Lama dan Tidak Mudah Busuk

3.93/5 (14)

Pisang adalah salah satu buah tropis yang saat ini telah menjadi komoditas internasional dengan nilai ekonomi yang cukup menjanjikan.

Pisang ini pun adalah salah satu buah yang paling banyak diminati, karena selain rasanya yang nikmat buah yang satu ini pun memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Buah yang satu ini memiliki jenis yang berbeda. Dan perbedaan tersebut membuat buah pisang menjadi sangat beragam, entah itu dari bentuk, warna ataupun dari rasanya sendiri.

Buah pisang ini bisa kita konsumsi secara langsung. Dan bisanya buah pisang ini dijadikan sebagai buah untuk pencuci mulut. Namun, disamping itu buah yang satu ini pun bisa kita olah menjadi berbagai jenis makanan seperti halnya pisang goreng, pisang keju, keripik pisang dan sebagainya. Meskipun dikonsumsi dengan jenis yang berbeda tetapi tetap saja tidak akan mengurangi citra rasanya.

Pisang ini termasuk buah yang tidak bisa tahan lama. Sama dengan buah yang lainnya, pisang pun akan cenderung mudah rusak terlebih lagi jika cuaca sedang panas. Biasanya pada cuaca panas pisang akan lebih cepat matang. Dan alasan inilah yang mendasari ketika akan dikirim ke luar negeri, buah ini dipanen ketika masih dalam keadaan hijau serta disimpan dalam peti kemasan dengan suhu disesuaikan agar pisang tidak akan mudah masak.

Ketika kita membeli pisang yang masih segar, maka setalah beberapa hari pisang yang kita beli tersebut cenderung akan berubah warna menjadi kecoklatan atau hitam sehingga penampilannya tidak segar seperti pertama kali kita beli. Dimana proses berubahnya warna pada buah pisang ini disebabkan karen proses oksidasi sederhana.

Ketika buah pisang terkenal udara luar, maka enzim oksigen oksidatif akan bereaksi sehingga akan menyebabkan warna pisang berubah menjadi kecoklatan. Reaksi ini sebenarnya tidak bisa dihindari, tetapi setidaknya anda bisa memperlambat proses oksidasi tersebut. Karena jika anda terus menerus membiarkannya, maka tampilan pisang tidak akan menjadi menarik lagi. Terlebih lagi jika anda menyajikannya untuk menjamu tamu yang berkunjung ke rumah anda. Atau justru jika anda tidak memperhatikan cara menyimpan pisang yang baik dan benar maka lama kelamaan pisang akan menjadi busuk atau bahkan tidak bisa dikonsumsi lagi. Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Karena jika itu terjadi maka akan sangat disayangkan sekali. Untuk itulah mau tidak mau anda harus mencari cara agar buah pisang yang anda miliki bisa tahan lama dan tampilannya bisa tetap menarik serta masih layak untuk dikonsumsi.

Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa diaplikasikan untuk menjaga pisang agar bisa tahan lama, mulai dari cara sederhana sampai cara yang rumit sekali pun. Sehingga dengan adanya cara tersebut anda tidak perlu merasa bingung lagi mencari cara yang harus dilakukan.

Namun dari sekian banyak cara menjaga pisang agar lebih tahan lama, sebenarnya ada cara yang lebih mudah, sederhana serta efektif. Cara ini belum diketahui oleh banyak orang, untuk itulah setelah anda mengetahuinya anda harus berbagi tips ini kepada orang-orang disekitar anda agar mereka pun bisa mengetahuinya. Penasaran seperti apa cara yang dimaksud? Jika anda merasa tidak sabar anda bisa langsung simak tutorialnya pada video yang kami sajikan di bawah ini.

Yuk bagikan artikel ini kepada orang-orang terdekat anda, karena tidak ada yang lebih indah ketika kita bisa berbagi ilmu yang kita miliki.

Leave a Reply