Dendam Tak Sudah, Menikmati Keunikan Wisata Danau Di Bengkulu

Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya akan keindahan alam yang sangat mempesona.

Keindahan alam yang begitu banyaknya berpadu dengan kearifan lokal dan berbagai legenda yang menyertainya seakan menambah rasa penasaran untuk lebih dalam menelusuri dan merasakan keindahan tersebut. Selalu ada lokasi baru yang tidak kalah indahnya yang menunggu untuk ditelusuri keindahannya.

Berbicara mengenai keindahan alam Indonesia yang sangat mengagumkan, maka pernahkah anda mendengar sebuah lokasi yang cukup unik di Bengkulu yang bernama Danau Dendam Tak Sudah? Namanya yang sedikit terkesan seram dan aneh ini sepertinya berbanding terbalik dengan apa yang ditawarkan oleh alamnya. Danau ini sendiri merupakan sebuah cagar alam dengan keindahan alam yang asri dan merupakan rumah bagi beberapa spesies tumbuhan juga hewan langka, meskipun memang dengan nama yang cukup aneh tersebut danau ini memiliki cerita dan legenda yang akan menyertai perjalanan kita menelusuri tiap jengkal keindahan dan sejarah yang tersimpan di salahsatu sudut Bengkulu ini.

Terletak di Bengkulu Utara tepatnya di Kota Curup dan wilayahnya masuk ke dalam tiga wilayah kecamatan sekaligus antara lain, Teluk Segara, Talang dan Selabar. Dari banyak cerita yang beredar nama Danau Dendam Tak Sudah berasal dari kisah percintaaan dua muda-mudi pada zaman dahulu yang meskipun terhalang oleh restu orang tua mereka mengikrarkan janji untuk sehidup semati. Dari kisah itu banyak pula beredar kabar bahwa di dalam danau yang indah ini terdapat dua ekor lintah besar. Lintah besar tersebut merupakan penjelmaan dari kekasih tersebut yang kemudian memutuskan untuk bunuh diri bersama dengan cara menenggelamkan diri ke dalam danau.

Meskipun ada versi lain mengenai sejarah adanya danau ini, di mana sebenarnya danau ini merupakan sebuah danau buatan atau dam yang sengaja dibuat oleh pemerintah kolonial pada saat itu, namun pembangunannya tidak pernah berkesudahan, sehingga mereka menghentikan pembangunannya. Pelafalan “Dam Tak Sudah” dianggap lambat laun berubah menjadi “Dendam Tak Sudah” yang kini dikenal sebagai nama dari lokasi indah ini.

Terlepas dari segala legenda yang banyak diceritakan oleh masyarakat sekitar, danau ini tetap menjadi salahsatu destinasi wisata yang cukup disukai oleh wisatawan, baik yang berasal dari Bengkulu maupun yang berasal dari luar. Selain dari banyaknya spesies flora dan fauna langka, atraksi lain yang menjadi sajian menarik dari lokasi ini adalah sunset. Ketika sunset suasana sekitar kolam menjadi kelihatan lebih indah, dengan semburat warna keemasan yang terpancar dari matahari akan membuat warna permukaan air danau juga ikut berubah menjadi kemerahan. 

Indahnya Danau Dendam Tak Sudah

Keindahan Danau Dendam Tak Sudah memang sudah terlihat sejak dulu, sebab untuk penetapan cagar alam yang disandang oleh Danau Dendam Tak Sudah ini sudah berlangsung sejak zaman pemerintahan kolonial Belanda dan seiring waktu luasnya terus bertambah hingga kini mencapai luas 577 hektar.

Banyak sekali sebenarnya yang bis anda dapatkan ketika berkunjung ke lokasi indah ini. Anda bisa sekedar berjalan-jalan menyusuri keasrian alam danau yang mengagumkan serta masih sejuk, dan kemudian mengabadikannya ke dalam lensa kamera anda. Saat berjalan menelusuri alamnya yang masih alami, jika beruntung anda akan menemukan banyak lutung ataupun siamang yang bergelantungan di pohon-pohon besar sekitar danau. Di langitnya anda bisa melihat burung kuitilang masih beterbangan dengan bebasnya. Meskipun demikian anda juga patut waspada, sebab binatang yang cukup berbahaya seperti ular piton dan babi hutan masih hidup di area-area hutan sekitarnya.

Sebagai rumah bagi spesies-spesies flora langka, bagi anda yang menyukai tanaman anggrek sudah sepatutnya mencoba mengunjungi tempat ini, sebab di sekitar Danau Dendam Tak Sudah anda bisa menemukan beberapa spesies anggrek langka, seperti anggrek pensil dan anggrek matahari. Tak hanya itu namun anda juga akan menemkukan banyak jenis tanaman-tanaman lainnya yang tidak kalah menarik. Meskipun demikian, cobalah utuk menikmati keindahana alam tersebut dengan baik dan sewajarnya tanpa merusak dan mengambil tanaman-tanaman tersebut dengan sembarangan, sebab bisa merusak ekosistem yang berkembang di area tersebut.

Areal danau yang luas dan indah rasanya tidak mungkin tidak menarik hati anda mencoba menyusurinya. Jika anda tertarik, cobalah menyusuri keindahan Danau Dendam Tak Sudah ini dengan menggunakan perahu yang banyak tersedia di sekitar danau. Anda juga bisa sekaligus mencoba memancing ikan yang ada di danau, di mana jika anda tidak membawa alat-alat pancing sendiri, anda bisa menyewanya di sekitar danau.

Transportasi Menuju Danau Dendam Tak Sudah 

Akses transportasi menuju Danau Dendam Tak Sudah ini sangatlah mudah. Jika anda merupakan seorang wisatawan atau turis yang hendak berkunjung ke Danau Dendam Tak Sudah, maka anda tinggal berkendara ke arah utara dari Kota Bengkulu sejauh 6 kilometer saja, dengan jalur yang sangat mudah ditelusuri dan akses jalan yang tersedia cukup mulus, maka anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja untuk mencapai lokasi indah ini. Jangan khawatir dengan angkutan sebab, meskipun tidak menggunakan kendaraan pribadi, banyak sekali angkutan umum yang melayani kebutuhan transportasi anda dari Bengkulu menuju ke Danau Dendam Tak Sudah.

Akomodasi Wisata

Keperluan akomodasi wisata di lokasi ini sepertinya sudah cukup memadai, di mana untuk keperluan mengisi perut banyak sekali tersedia pedagang yang ada di sekitar danau. Anda bisa menikmati sajian makanan serta segarnya air kelapa muda dari para pedagang tersebut. Untuk keperluan penginapan sepertinya kembali ke Bengkulu adalah pilihan terbaik, sebab di Bengkulu tersedia banyak hotel dengan fasilitas cukup bagus sesuai dengan kebutuhan serta bujet yang anda miliki, selain itu karena jarak tempuh dari Bengkulu menuju danau terbilang mudah, maka sebaiknya anda melakukan reservasi hotel dan memilih penginapan di Kota Bengkulu.

Tips Berwisata Di Danau Dendam Tak Sudah

Berniat mengunjungi lokasi danau yang sangat indah dan menyimpan kekayaan alam mengagumkan ini? Simak beberapa tips yang bisa anda ikuti untuk mengoptimalkan liburan anda. Berikut tips yang bisa anda ikuti.

  1. Jika anda tidak terlalu terburu-buru, maka cobalah untuk tetap di lokasi hingga sore hari menjelang sunset, sebab pada saat itu anda akan menemukan keindahan yang sangat mengagumkan. Lokasi danau ini sangat tepat digunakan untuk melihat matahari terbit.
  2. Diketahui menyimpan berbagai potensi alam berupa tanaman dan hewan langka, sudah seharusnya anda juga turut membantu kelestariannya dengan tidak memetik tumbuhan dan membunuh hewan sembarang, sebab hal tersebut bisa saja merusak habitat dan ekosistem sekitar.
  3. Jagalah kebersihan. Rasa disiplin dan kebersihan dimulai dari kita sendiri. Cobalah untuk tidak membuang sampah secara sembarangan. Jadilah petualang yang bertanggung jawab terhadap alam.

Sangat menarik bukan? Mari berkunjung ke Bengkulu dan jangan lupa share artikelnya terlebih dahulu untuk mengajak teman dan keluarga anda. Berikan juga pendapat mengenai keindahan dari Danau Dendam Tak Sudah

Leave a Reply