Daftar Negara Terbersih Di Dunia Berdasarkan Indeks EPI yang Dimilikinya

Bagaimana jika kamu membayangkan sebuah negara tanpa sampah dan kotoran yang berserakan.

Jika kamu melihat kondisi jalanan dari negara kita mungkin kamu akan melihat sampah yang tergeletak di jalan adalah sebuah hal yang tidak terlalu menganggu. Namun rasanya alangkah indahnya jika kita dapat tinggal di sebuah negara yang bersih dari segala macam bentuk sampah dan polusi yang berpotensi mengganggu kesehatan warga.

Dari berbagai negara yang maju beberapa di anataranya memiliki predikat sebagai negara terbersih dengan indeks dilihat dari berbagai macam hal yang terkait dengan isu-isu lingkungan di negara tersebut. Rata-rata sebagian besar merupakan negara maju dengan tingkat kesadaran warga yaang sudah tinggi. Sehingga tingkat disiplin warga negaranya akan menjaga lingkungannnya pun sama-sama tinggi.

Daftar Negara Terbesih Di Dunia Berdasarkan Indeks Epi yang Dimilikinya

Oleh karena itu, berikut merupakan negara-negara di dunia dengan predikat sebagai negara dengan lingkungan terbersih di dunia. 

5. Czech Republic

Dengan indeks EPI mencapai 81,47 negara republik ini mampu menempati posisi ke 5 sebagai negara dengan predikat terbersih di dunia. Tinggal di negara ini akan membuatmu sangat damai, rata-rata orang Ceko merupakan warga yang sangat bangga dengan budaya, sejarah, seni juga musik. Salahsatu tradisi dari Ceko adalah gemar minum bir.

 

4. Singapore

Negara kecil yang terletak di kawasan Asia Tenggara ini memang termasuk dalam negara maju. Secara perekonomian dan tingkat kesejahteraan negara ini termasuk yang paling baik di dunia. indeks kualitas hidup yang dimilikinya pun di klaim sebagai yang terbaik di Asia dan berada pada urutan 11 di dunia. Kebersihan dari negara ini sangat dijaga dengan aturan yang ketat dan disiplin kepada setiap warga negara dan semua pendatang. Indeks EPI yang dimiliki oleh Singapura ini mencapai 81,78 dan menempatkannya dalam urutan ke 4 negara terbersih di dunia.

 

3. Australia

Negara yang berada dekat Negara Indonesia ini ternyata memiliki tingkat indeks kebersihan yang sangat baik, yakni berada pada posisi ke 3 negara-negara dengan tingkat kebersihan paling baik di dunia. Sebenarnya sebagai negara yang sangat maju, negara Australia ini memiliki tingkat kemakmuran yang tinggi di berbagai bidang. Skor indeks EPI yang dimiliki oleh negara ini pada tahun 2014 adalah 82,4.

 

2. Luxembourg

Negara Luxembourg ini terletak di benua Eropa. Berbatasan dengan beberapa negara lainnya seperti Perancis, Jerman, serta Belgia. Meskipun termasuk salahsatu negara terkecil dengan memiliki luas wilayah2586 kilometer persegi, tapi ternyata indeks kebersihan yang dimiliki oleh negara ini sangat baik. Berada di bawah Switzerland, Luxembourg mampu menempatkan diri sebagai salahsatu negara dengan indeks kebersihan yang sangat baik. Dengan skor penilaian indeks kebersihan yang mencapai 83,29 negara ini berada di urutan ke 2 sebagai negara terbersih di dunia tahun 2014.

 

1. Switzerland

Negara yang indah dan terkenal dengan coklat dan jam tangan ini ternyata dinobatkan sebagai negara dengan indeks kebersihan yang paling tinggi menurut EPI atau Environmental Performance Index pada tahun 2014. Dengan indeks kebersihan mencapai 87,67 negara ini menduduki peringkat pertama sebagai negara terbersih. Dengan kontur negara yang sangat indah didukung dengan kebersihan yang baik, serta berbagai fasilitas penungjang kesehatan yang sangat diperhatikan membuat harapan hidup dari negara ini juga cukup tinggi , yakni hingga 81 tahun.

 

Ayo ajak teman dan keluargamu untuk ikut menjaga lingkungan dengan cara share artikel ini. jangan lupa juga berikan komentarmu.