Cikao Park Purwakarta, Wisata Air Favorit yang Wajib Dikunjungi

Sedang mencari tempat wisata favorit yang menarik untuk dikunjungi? Terdapat banyak tempat wisata favorit yang dapat anda jadikan pilihan. Untuk anda yang tinggal di Purwakarta dan sekitarnya, salah satu tempat wisata yang saat ini banyak dikunjungi yaitu Cikao Park.

Cikao Park Purwakarta bisa menjadi referensi liburan bersama keluarga tercinta. Di sini terdapat banyak wahana yang menarik, mulai dari wahana air, permainan, taman lampion dan lain sebagainya. Para pengunjungnya akan dimanjakan dengan aneka wahana dan suasana di tempat wisata ini sehingga betah berlama-lama di sini.

Selain tersedianya banyak wahana yang menarik, tiket masuk di Cikao Park juga tergolong cukup murah. Sehingga sangat cocok untuk anda yang akan berlibur ramai-ramai dengan keluarga tercinta. Bahkan harga tiket masuk ke Cikao Park sudah termasuk tiket parkir. Selain menjadi pilihan tempat liburan yang nyaman dan menyenangkan, juga tidak akan menguras kantong anda.

Karena banyak wahana yang disediakan di tempat wisata ini, maka banyak kegiatan yang dapat anda lakukan. Dengan berkunjung ke tempat wisata ini liburan anda akan jauh dari kata membosankan. Anda akan mendapatkan pengalaman yang menarik dengan liburan di sini. Nah, jika anda tertarik untuk berkunjung ke Cikao Park Purwakarta, anda bisa mengatur waktu yang tepat untuk berkunjung bersama keluarga. Agar anda semakin tertarik untuk berkunjung, simak beberapa penjelasan tentang tempat wisata Cikao Park berikut ini.

Cikao Park Purwakarta

Lokasi Cikao Park

Saat hendak berkunjung ke suatu tempat, mengetahui lokasi pasti adalah hal penting yang harus dilakukan. Cikao Park ini beralamatkan di Jl. Raya Sukatani, Cisalada, Sukatani, Kab. Purwakarta, Jawa Barat. Dimana asal usul nama tempat wisata “ Cikao Park “ itu sendiri dari nama Sungai Cikao. Menariknya objek wisata yang satu ini juga lokasinya dekat dengan bendungan jatiluhur.

Wahana yang Terdapat di Cikao Park

Cikao Park Purwakarta

Cikao Park Purwakarta menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi karena memiliki wahana yang cukup banyak. Anda dapat mengajak keluarga tercinta untuk menikmati liburan di tempat wisata kekinian ini. Nah, berikut ini ada beberapa wahana yang terdapat di Cikao Park.

Kolam Berenang Reguler

Kolam berenang yang terdapat di Cikao Park memiliki perbedaan dengan kolam berenang di tempat yang lainnya. Di sini kolam berenangnya memiliki bentuk yang unik. Bagian tepi kolam sengaja dibuat asimetris dengan diberikannya sentuhan bebatuan berwarna-warni sehingga kelihatannya seperti sungai. Ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri di tempat wisata yang satu ini.

Kolam berenang ini terlihat menarik dan artistik. Selain itu, di Cikao Park kolam berenang terdiri dari kolam berenang dewasa  dan anak-anak. Setiap kolam berenang yang ada dilengkapi dengan seluncuran yang memiliki ukuran ketinggian berbeda-beda.

Kolam Busa

Selain kolam berenang, di Cikao Park juga terdapat kolam busa. Dimana di kolam seluruhnya diisi oleh busa. Ketika berendam di kolam ini, para pengunjung akan merasakan seperti berenang di dalam bak bersalju. Kolam yang satu ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang lainnya seperti seluncuran spiral dan race slides.

Kolam Ombak

Selain berenang di kolam berenang dan merasakan berendam salju di kolam busa, anda juga dapat merasakan sensasi berenang seperti di pantai di kolam ombak. Di  kolam ini dibuat ombak buatan yang akan membuat pengunjung seolah-olah sedang berada di pantai asli, ditambahkan lagi tepian kolam dilengkapi dengan pasir.

Anda akan merasakan keseruan jika menikmati ombak dengan menggunakan pelampung. Di area kolam ombak juga sudah disediakan istana pasir khusus untuk anak-anak.

Rumah Ilusi

Berkunjung ke Cikao Park, anda juga bisa mencoba rumah ilusi. Tempat ini menyajikan ilusi cermin, serta instalasi 3D. Rumah ilusi ini menjadi salah satu daya tarik Cikao Park Purwakarta yang banyak diincar oleh pengunjungnya. Di sini juga sering dijadikan spot foto terbaik. ( Baca juga : Berwisata Keluarga ke De Ranch Bogor yang Penuh Petualangan )

Rumah Hobbit

Spot foto terbaik lainnya di Cikao Park yaitu Rumah Hobbit. Wahana yang satu ini patut anda coba karena menjadi salah satu spot foto favorit. Tidak hanya dijadikan sebagai spot foto saja, di sini anda juga sekaligus dapat bermain dengan kelinci menggemaskan.

Mini Zoo

Mini Zoo juga terdapat di Cikao Park Purwakarta. Anda dapat bermain dengan aneka satwa di sini. Selain untuk menghibur para pengunjungnya, wahana ini juga dihadirkan untuk memberikan nilai edukatif kepada para pengunjungnya. Di sini terdapat bermacam-macam satwa seperti iguana, harimau, kanguru, monyet, beo, merak, kalkun dan lain sebagainya.

Taman Lampion

Ketika malam hari, Taman Lampion ini akan terlihat begitu cantaik. Di tempat ini terdapat cukup banyak lampu lampion berwarna-warni dan dengan bentuk beraneka macam. Taman Lampion Cikao Park juga dapat menjadi pilihan tempat jika ingin jalan-jalan saat malam hari. Cahaya lampu lampion saat malam hari akan membuat suasana tempat ini semakin indah dan menarik.

Areanya cukup luas, dimana para pengunjung dapat melihat indahnya lampion sambil berkeliling. Lampion yang ada pun beraneka macam bentuk, mulai dari bentuk hewan, kartun sampai taman bunga. Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen di taman ini.

Mini Roller Coaster

Di sini anda bisa menikmati keseruan naik mini roller coaster. Meskipun ukurannya mini, namun anda tetap akan mendapatkan sensasi serunya.

Wahana Lainnya Di Cikao Park

Selain beberapa wahana di atas, di Cikao Park juga terdapat beberapa wahana lainnya yang tidak kalah menyenangkan. Di sini anda bisa menikmati aneka permainan yang lainnya seperti perahu danau, ATV, serta kereta yang bisa anda sewa. Untuk harga sewanya itu sendiri cukup terjangkau.

Fasilitas Cikao Park Purwakarta

Cikao Park Purwakarta

Untuk kenyamanan para pengunjungnya, Cikao Park sudah dilengkapi dengan aneka fasilitas. Nah, adapun beberapa fasilitas yang tersedia di Cikao Park  yaitu seperti berikut ini.

Area Parkir

Area parkir yang terdapat di Cikao Park cukup luas sehingga akan dapat menampung banyak kendaraan, baik mobil, motor hingga bus. Sehingga dengan begitu, ketika berkunjung ke tempat wisata yang satu ini anda jangan takut tidak akan kebagian tempat parkir.

Food Area

Sedang asik bermain namun tiba-tiba rasa lapar datang melanda? Tidak perlu khawatir, sebab di sini sudah disediakan food area. Di Cikao Park terdapat beberapa tempat makan yang tersebar. Di setiap wahana hampir terdapat food corner. Hal ini tentu akan memudahkan bagi para pengunjungnya.

Tempat Ibadah

Tempat ibadah juga sudah disediakan di sini, yakni Masjid Cikao Park. Tidak hanya masjid saja, tempat wisata Cikao Park Purwakarta juga menyediakan beberapa mushola. Ini akan memudahkan para pengunjung saat hendak melakukan ibadah.

Toilet

Di Cikao Park sudah dilengkapi dengan kamar bilas dan toilet.  Dengan adanya fasilitas ini, para pengunjung yang sudah bermain air atau berenang dapat membersihkan diri dan berganti pakaian dengan nyaman. Selain itu, toilet yang disediakan juga tersebar di beberapa titik, tidak hanya di area water park saja.

Hotel

Bagi anda yang berasal dari luar kota dan ingin menghabiskan waktu lebih lama di tempat wisata yang satu ini, maka anda bisa memanfaatkan fasilitas hotel yang ada di Cikao Park. Anda bisa menyewa penginapan atau hotel yang ada di Cikao Park. Diketahui harga sewa hotel di sini cukup terjangkau.

Rute Menuju Cikao Park

Di Purwakarta itu sendiri, tempat wisata ini cukup terkenal. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Jl. Raya Sukatani, Cisalada. Lokasi Cikao Park ini tidak terlalu jauh dari pusat kota. Dari pusat kota untuk sampai ke tempat wisata ini hanya memakan waktu kurang lebih 15 menit saja.

Untuk bisa sampai di Cikao Park, ada beberapa pilihan rute yang dapat anda gunakan. Apabila anda asalnya dari kota Jakarta atau Bandung, maka kendaraan anda bisa diarahkan ke Tol Cipularang, dengan keluar dari Tol Jatiluhur.

Setelah anda keluar dari pintu keluar tol, maka di persimpanganempat anda bisa mengambil arah ke sebelah kanan. Anda bisa lurus terus kurang lebih 10 km, hingga anda menemukan gerbang dengan bertuliskan Kawasan Industri Taman Cikao yang letaknya di sebelah kiri jalan.

Nah, kurang lebih 1 km dari pintu gerbang maka anda akan sampai di kawasan Cikao Park Purwakarta. Jika anda dari Jakarta, maka waktu tempuh untuk sampai ke tempat wisata ini sekitar 3 jam. Namun jika anda dari Bandung maka waktu tempuhnya kurang lebih 1 jam. Waktu tempuhnya sendiri tergantung dari kondisi jalan.

Tips Berlibur

Agar liburan anda nyaman dan aman, pastikan anda memperhatikan beberapa tips penting seperti berikut ini.

  • Sebelum berlibur anda tentu harus memilih tempat wisata yang sesuai. Jika anda mengajak keluarga, maka pilihlah tempat wisata keluarga yang cocok untuk semua usia, mulai dari anak-anak hingga orangtua.
  • Setelah mendapatkan tujuan lokasi wisata, maka hal penting lainnya yaitu memastikan alamat lengkap tempat wisata tersebut. Anda dapat mencari rute yang tepat untuk ke tempat wisata tersebut.
  • Anda juga harus mengetahui ada apa saja wahana yang tersedia di tempat wisata tersebut. Contohnya di Cikao Park terdapat aneka wahana air, maka anda dapat membawa baju ganti dan perlengkapan yang lainnya yang dibutuhkan seperti makanan, obat-obatan dan lainnya.
  • Sebelum berangkat pastikan anda memeriksa kondisi kendaraan anda. Anda harus memastikan kendaraan anda dalam kondisi prima, terlebih lagi jika anda harus menempuh perjalanan jauh.
  • Menjaga kesehatan sangat penting dilakukan agar liburan anda nyaman. Maka dari itu, sebelum keberangkatan tiba, anda harus menjaga kesehatan. Jangan sampai pada waktunya anda pergi, anda malam sakit.
  • Untuk mengabadikan momen liburan anda, anda dapat membawa kamera untuk dokumentasi.
  • Tips ketika berada di tempat wisata yaitu, jika anda membawa anak kecil maka anda harus selalu mengawasi pergerakan anak anda. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Mengetahui banyaknya wahana dan lengkapnya fasilitas yang disediakan, maka tempat wisata Cikao Park dapat menjadi pilihan untuk anda yang ingin berlibur bersama keluarga tercinta. Dapatkan pengalaman menyenangkan dengan berlibur di Purwakarta. Semoga informasi yang kami berikan tentang tempat wisata Cikao Park ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply