Cari Tahu Negara dengan Waktu Puasa Terpanjang dan Terpendek di Seluruh Dunia

Umat Islam di seluruh dunia tengah menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan ini. Banyak orang menyambut bulan penuh berkah ini dengan suka cita dan kebahagiaan.

Puasa adalah ibadah wajib yang dijalankan oleh umat muslim di dunia. Kegiatan ibadah yang satu ini adalah rangkaian ritual dengan tidak makan dan minum selama setengah hari penuh dari mulai terbit fajar sampai dengan terbenamnya matahari.

Akan tetapi bukan hanya itu, puasa bearti menahan diri dari hawa nafsu. Baik nafsu untuk makan, nafsu amarah maupun nafsu untuk melalukan keburukan. Di bulan suci ini banyak umat Muslim memafaatkan kegiatan ini untuk beribadah kepada Tuhan dengan bersungguh-sungguh dan mengharap Ridhonya agar senantiasa pahala dan berkah puasa didapatkan dengan baik.

Tidak mudah memang menjalankan ibadah puasa saat anda dituntut untuk tetap menjalankan aktivitas sehari-hari seperti biasa. Rasa lapar dan haus yang harus ditahan selama menjalankan ibadah puasa dan tuntutan pekerjaan yang menumpuk memang menjadi tantangan sendiri untuk beberapa orang.

Akan tetapi untuk mereka dengan niat yang kuat tak sedikit hal ini tidak pernah menjadi masalah yang besar. Justru sebaliknya kegiatan sehari-hari dan ibadah wajib yang mereka jalani bisa berjalan dengan lancar dan baik-baik saja.

Umumnya kisaran waktu berpuasa yang dijalani hanyalah berkisar antara 10 sampai dengan 13 jam. Waktu ini biasanya bermula dari sebelum berkumandangadzan subuh sampai dengan terbenam matahari di waktu maghrib. Di tanah air sendiri waktu berpuasa yang dijalani bisa sampai 14 jam. Dan rata-rata ini cukup menjadi tantangan yang berat untuk sebagian orang yang menjalaninya.puasa-terlama-didunia2.jpg

Lantas bagaimana jika rupanya waktu atau durasi puasa ini bisa lebih lama dan bahkan lebih pendek. Ya, di beberapa negara di dunia ini umat Muslim menjalani ibadah puasanya hingga berpuluh-puluh jam. Akan tetapi demikian meskipun tantangan waktu dirasa begitu lama namun rupanya hal ini tidak mengurungkan niat beberapa muslim yang tinggal di negara tersebut mengurungkan niatnya untuk tidak menjalani puasa.

Ingin tahu seperti apa durasi terlama dan terpendek puasa di beberapa negara? Mari simak daftarnya dibawah ini.

Daftar Negara dengan Durasi Puasa Terpanjang di Seluruh Dunia

1. Skandinavia

Negara yang pertama yang menduduki daftar negara dengan durasi puasa terpanjang di dunia adalah negara regin Eropa yakni Skandinavia. Di negara-negara Skandinavia, seperti halnya Denmark, Norwegia, Swedia, Islandia dan Finlandia ini durasi waktu puasa yang dijalani oleh umat Muslim cukup berat sebab memakan waktu yang jauh lebih lama dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Umat muslim yang menjalankan ibadah puasa di negara ini harus rela menahan lapar dan hausnnya selama kurang lebih sekitar 20-22 jam.

Sahur berlangsung pada pukul 2 dini hari dan waktu berbuka puasa biasanya datang pada tengah malam yakni sekitar 00.00 sebab matahari tenggelam pada waktu tersebut.

Akan tetapidemikian hal ini tak lantas mengurungkan semangat dan niatan para muslim di negara ini untuk tetap menjalankan ibadah puasa.

2. Russia

Negara yang selanjutnya adalah Russia. Umat muslim di negara ini harus berpuasa selama 17,45 jam dalam satu hari. Durasi berbuka yang terbilang pendek membuat umat muslim di negara ini harus terburu melakukan buka dan sahur dengan rentan waktu yang tidak terlalu jauh.

3. Iran

Negara dengan mayoritan penduduk Muslim di dunia ini harus merasakan lamanya penantian untuk berbuka dan terburunya waktu sahur. Umat muslim di negara ini menjalankan waktu puasa dalam sehari bisa mencapai 17 jam. Untuk itulah kata salut sepertinya patut diberikan pada mereka akan kesabarannya.

4. US

Meski umat muslim di negara ini masih terbilang minoritas karena tidak banyak umat muslim yang ada di US. Namun tetap saja beberapa orang Islam ada yang mendiami US dan menetap menjadi warga negara disana.

Di US durasi puasa yang dijalani oleh umat Muslim bisa mencapai 16 jam. Belum lagi jika bulan puasa bertepatan dengan musim panas tantangan suhu udara yang tinggi menjadi hal yang benar-benar berat untuk mereka yang menjalani puasa di negara ini.

5. Jepang

Negara terakhir yang menempati deretan negara dengan durasi waktu puasa yang panjang di dunia adalah Negeri Sakura, Jepang. Di negara ini umat muslim yang menjalankan ibadah puasa harus menaha lapar dan hausnya selama 15,37 jam. Durasi waktu yang cukup lama ini membuat umat muslim akan mungkin berpacu dengan waktu tatkala menjalankan ibadah sahur pada dini hari.

Belum lagi umat muslim yang tinggal di Jepang harus dihadapkan pada kondisi sulit menemukan makanan yang halal. Karena mayoritas penjual makanan disana banyak menjual daging babi yang tidak boleh dikonsumsi oleh umat Muslim.

Akan tetapi demikian, bila anda cermat mencari maka anda akan dapat menemukan beberapa kedai makanan yang dilabeli dengan predikat halal.

Daftar Negara dengan Durasi Puasa Terpendek di Seluruh Dunia

1. Chile

Untuk peringkat pertama negara yang memiliki durasi puasa terpendek di dunia adalah Chile. Di negara ini puasa hanya berjalan sekitar 9 jam 12 menit. Jumlah durasi ini tentu lebih singkat dibandingkan dengan tanah air kita. Meski begitu puasa bagi umat muslim di Chile akan cukup mengalami kendala sebab cuaca dingin dan suhu yang kering walaupun berkegiatan seperti biasanya.

Bagaimana anda berminat tinggal di Chile sementara selama menjalankan ibadah puasa?

2. Casey Station, Antartika

Negara selanjutnya adalah Casey Station. Di negara ini terdapat beberapa penduduk yang menganut ajaran Islam. Durasi waktu puasa yang bisa dijalankan di negara ini adalah sekitar 9 jam 18 menit. Waktu ini tidak jauh berbeda dengan di negara sebelumnya yakni Chile. Di negara ini waktu berbuka puasa sekitar pukul 15.48 sore hari sementara waktu imsak sekitar 6.30 pagi.

Wah beruntung sekali ya umat Muslim yang tinggal di negara ini. Durasi yang dijalankan pada saat puasa Ramadhan tidaklah terlalu lama.

3. Argentina

Negara latin dengan ibu kota Buonos Aires ini masuk kedalam daftar wilayah yang waktu puasanya cukup singkat di dunia. Di negara ini puasa yang dijalani hanya sekitar 9 jam 37 menit. Populasi muslim di Argentina hanya mencapai 1,9 persen. Namun negara ini termasuk kedalam negara yang cukup ramah terhadap umat Muslim. Selain itu, warga disana disebut-sebut jarang melakukan intimidasi terhadap kaum muslim yang notabene merupakan umat mioritas.

Itulah dia beberapa Negara yang memiliki durasi puasa terpanjang dan terpendek di dunia. Jadi tertarikkah anda untuk menghabiskan waktu puasa di salah satu Negara diatas sambil menikmati pengalaman baru berada di Negara orang lain? Berikan komentar anda dikolom komentar yang telah tersedia dibawah ini.

Bagaimana menarik bukan? Jangan lupa bagikan artikel menarik ini dengan klik tombol share berikut ini. 

Leave a Reply