Cari Referensi Liburan Menarik? Bantul Jawabannya

Cari Referensi Liburan Menarik? Bantul Jawabannya – Anda yang sudah sering ke Jogja mungkin pernah merasakan kebosanan dan kejenuhan menyambangi tempat wisata yang itu-itu saja. Ya, menyambangi Jogja biasanya beberapa tempat yang dikunjungi tak jauh dari candi, pantai dan beberapa tempat lainnya. Namun sebenarnya, masih banyak lho tempat di JOgja yang masih bisa dijelajahi. alah satunya adalah Bantul.

Ya, kota yang identik dengan wisata pantai dan kerajinan dari kulitnya ini ternyata menyimpan segudang tempat wisata yang seru dan pasti menyenangkan bisa anda menyambangi tempat ini. Belum lagi sederetan tempat yang Instagramable ada di tempat ini. Mulai dari puncak perbukitan, pesawahan dengan panorama yang menyenangkan dan masih banyak lagi.

Cari Referensi Liburan Menarik? Bantul Jawabannya

Nah, bagi anda yang hendak pergi berlibur dan butuh referensi tempat wisata yang menarik. Maka mari simak daftar tempat wisata yang unik di Bantul yang bisa anda kunjungi di bawah ini.

Perengan Park

Perengan Park

Bagi masyarakatan yang tinggal di perkotaan, pemandangan alam seperti barisan pesawahan dan tempat-tempat hijau mungkin menjadi pemandangan yang amat sangat langka. Betapa tidak, perkotaan yang besar biasanya membuat banyak pemandangan gedung dan barisan perumahan menjadi tampilan yang terkadang amat menjemukan. Nah, berwisata ke tempat-tempat bernuansakan alam dengan panorama yang menyenangkan bisa menjadi pengalaman yang amat menyenangkan.

di Pareng Park anda akan bisa menyaksikan pemandangan hamparan sawah yang tentunya menjadi panorama yang langka. Berlokasi di Jogja, khususnya di kawasan Bantul, pemandangan alam seperti ini bisa dengan mudah dijumpai. Barisan padi yang masih menghijau dengan beberapa bagian yang sudah menguning dan juga masih asri menjadikan tempat ini nampak begitu menakjubkan.

Tak heran bila tempat ini seringkali dijadikan tempat untuk berfoto. Bagi anda yang tertarik mengunjungi Pareng Park di wilayah Sanden ini anda hanya perlu mengeluarkan dana sebesar Rp. 5.000. Sambil berfoto ria anda bisa juga menikmati pemandangan elok dari barisan sawah dan pemandangan sekitarnya.

Hutan Pinus Mangunan Dan Hutan Pinus Asri

Hutan Pinus Mangunan Dan Hutan Pinus Asri

Trend anak muda yang gemar mendokumentasikan berbagai kegiatan ke dalam foto dan dibagikan untuk disaksikan banyak orang di sosial media rupanya dimanfaatkan dengan baik oleh penduduk Bantul. Sebuah tempat wisata dengan spot berfoto yang kekinian ada di Hutan Pinus Asri Karangasem. Lokasi wisata ini terdapat di kawasan Dlingo dimana tempat ini belakangan seringkali menjadi serbuan banyak orang terutama muda-mudi yang ingin sekedar berfoto ria di tempat ini.

Gardu Pandang pinus Asri adalah salah satu kawasan wisata di Jogja yang baru saja diresmikan pada bulan Januari 2017 kemarin. Lokasinya ada di kawasan hutan asri Karangasem. Hutan pinus Bantul ini terkenal menjadi salah satu tempat wisata yang dikagumi banyak orang. Udara sejuk khas perhutanan seringkali menjadi daya tarik mengapa banyak orang betah berlama-lama di tempat ini.

Untuk harga tiket masuk ke kawasan hutan pinus sendiri sebenarnya pengelola wisata belum mematok harga alias tempat ini gratis. Hanya saja, setiap pengunjung yang datang akan dimintai retribusi parkir apabila membawa kendaraan pribadi. Untuk motor Rp. 2.000 sementara untuk kendaraan roda empat seperti mobil Rp. 10.000.

Puncak Becici

Puncak Becici

Tak hanya menarik, liburan ke tempat bernuansakan alam memang seringkali membawa sensasi menenangkan yang membuat orang ketagihan untuk kembali menyambangi tempat dengan konsep yang sama. Apalagi bila pemandangan alam tersebut mampu menjadi latar belakang untuk berfoto yang menakjubkan sudah pasti tempat tersebut akan diserbu banyak orang. Hal inilah yang menjadi peluang bagi beberapa tempat di pelosok negeri ini untuk dirancang sedemikian rupa agar terlihat menarik sehingga banyak orang ingin menyambanginya.

Salah satunya adalah Puncak Becici sebuah kawasan wisata alam di dataran tinggi dengan pemandangan alam yang surgawi. Bila anda ingin menyambangi tempat ini maka anda harus melewati kawasan hutan pinus yang begitu asri. Sepanjang perjalanan menuju Puncak Becici anda mungkin akan merasakan sensasi seperti berpetualang di hutan yang ada di film-film Barat. Barisan pohon pinus yang menjulang tinggi memang menghiasi sepanjang perjalanan menuju tempat ini.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di tempat ini mulai dari berburu sunset yang indah, bermain ayunan di kawasan puncak sampai dengan berayun dengan hammock yang disewakan disekitaran puncak.

Watu Goyang

Watu Goyang

Tempat wisata yang Instagenic selanjutnya yang bisa anda kunjungi bila menyambangi Bantul adalah sebuah destinasi wisata yang unik. Bukan tanpa alasan, pemberian nama Watu Goyang ini tertanya menyimpan sejarah tersendiri. Alasannya amat sederhana, lantaran dulunya ada batu yang berada di puncar yang bisa bergoyang apabila disentuh atau didorong. Uniknya batu tersebut sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu sehingga banyak orang kagum dengan keunikan tempat wisata yang satu ini.

Lokasi Watu Goyang berada di Pedukuhan Cempluk di Mangunan tepatnya di Bantul Jogja. Tempat ini tidak terlalu jauh dari Kebun Buah Mangunan dan ada banyak daya tarik yang disuguhkan di tempat yang satu ini, terutama bagi wisatawan generasi milenial yang haus berburu spot unik dan menarik untuk berselfie.

Akan tetapi, satu hal yang perlu diingat bila anda menyambangi tempat ini tetap jaga sopan santun dan hargai setiap adat istiadat di tempat ini. Jangan pula naik ke atas batu hanya untuk berfoto atau membuktikan nyali diri. Sebab hal tersebut amat tidak dianjurkan karena dampaknya akan sangat berbahaya.

Pintu Langit Dahromo

Pintu Langit Dahromo

Gemerlap kota Jogja di malam hari bisa anda nikmati bila mampir ke tempat yang satu ini. Ya, salah satu daya tarik wisata di kawasan pegunungan adalah pemandangan yang nampak lebih menakjubkan dari atas ketinggian. Baik saat malam maupun siang keelokannya tak pernah habis. Nah, bagi anda yang menyambangi Jogja maka pemandangan unik dan elok tersebut bisa anda temukan di Pintu Langit Dahmoro.

Berlokasi di kawasan hutan pinus yang membentang bagian sebelah timur Kabupaten Bantul, tempat wisata Pintu Langit Dahmoro tidak jauh dari destinasi lainnya seperti halnya Puncak Becici dan Pinus Pengger. Alamat lengkapnya ada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo yang ada di Kabupaten Bantul Yogyarkarta. Bila anda berada di sekitaran Tugu Jogja maka jaraknya sekitar 32 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 15 menit.

Seperti namanya, tempat wisata ini punya keunikan yakni sebuah pintu yang terdapat di alam terbuka dengan pemandangan langit dan pegunungan yang indah. Bila anda berfoto di tempat ini maka hasil jepretan yang dihasilkan seperti anda memasuki pintu alam yang menakjubkan.

Leave a Reply