Carhenge: Wisata Situs Parodi Stonehenge Di Nebraska Amerika

Membicarakan mengenai perjalanan dan wisata memang tidak pernah ada habisnya, selalu saja ada tempat baru yang menunggu dan menarik hati kita untuk berkunjung dan mengeksplorasi tempat tersebut.

Meskipun memang tidak pernah membosankan untuk berkunjung ke wilayah-wilayah indah macam laut, pegunungan dan berbagai tempat bertema alam indah lainnya di setiap dunia, namun sepertinya akan lebih menarik jika pilihan wisata yang dipilih beragam dan unik.

Banyak tempat yang menawarkan keunikan dan keindahan dalam satu waktu. Mungkin hal tersebut justru membuat kita terkagum-kagum dan mendapatkan pengalaman baru yang justru lebih berharga. Dari berbagai pilihan paket wisata yang ada, salahsatu yang cukup menarik dan bisa dijadikan alternatif berwisata adalah situs-situs peninggalan masa lalu.

carhenge

Situs-situs peninggalan masa lalu memang selalu meninggalkan kesan misterius dan penuh tanda tanya bagi para wisatawan yang berkunjung. Hampisr di setiap sudut dunia memiliki situs sejarahnya sendiri-sendiri. Berbicara mengenai situs sejarah, pasti anda kenal dengan Stonehenge yang terkenal di Inggris. Stonehenge sendiri merupakan sebuah situs sejarah peninggalan masalalu yang hingga kini masih misterius dan belum diketahui bagaimana muasalnya situs tersebut hingga mampu berdiri serta untuk tujuan apa Stonehenge tersebut dibangun. Meskipun demikian banyak sekali teori yang menyertai pembangunan situs dari dari masa neolitikum itu.

Namun kita tidak akan berbicara mengenai Stonehenge, sebab ada bangunan lainya yang serupa tapi tak sama dan bisa anda bisa jadikan alternatif berwisata. Lain di Eropa, lain di Amerika, jika Stonehenge berada di dataran Eropa dibangun dengan menggunakan batu-batu besar yang ditumpuk sedemikian rupa hingga membentuk konstelasi yang sangat mengagumkan, maka jauh di belahan lainnya, tepatnya di Nebraska Amerika anda akan menemukan sebuah monumen bangunan bernama Carhenge yang serupa dengan Stonehenge namun dibangun dengan menggunakan mobil-mobil tua bekas dan disusun sedemikian rupa hingga persis menyerupai Stonehenge.

Carhenge sendiri sering diasosiakan sebagai parodi dari bangunan Stonehenge. Carhenge sendiri merupakan sebuah ide dari Jim Reinders yang ia dedikasikan untuk almarhum sang ayah di tahun 1987. Bangunan Carhenge sendiri memiliki susunan dan detail ketinggian yang sama dengan Stonehenge. Seluruh pengamatan dan penelitian ia lakukan semasa Jim tinggal di Inggris, agar Carhenge yang ia bangun memiliki dimensi yang sama. Bangunan Carhenge dibangun oleh sejumlah besar keluarga besar Reinders yang berjumlah hingga 35 orang. mereka berkumpul bersama pada bulan Juni 1987 dan menyelesaikan dalam hitungan 5 tahun.

Pengelolaan Carhenge dipegang oleh friends of carhenge yang berdiri sejak tahun 1989 untuk mempertahankan keberadaan Carhenge. Namun sejak tahun 2013, tepatnya pada tanggal 1 Oktober, pengelolaan Carhenge sendiri diambil alih oleh The City Of Alliance, namun meskipun demikian Friends Of Carhenge tetap aktif dalam melakukan penggalangan dana, dalam rangka mengelola keberadaan bangunan unik yang dianggap sebagai situs parodi ini.

Mengunjungi Keunikan Carhenge, Nebraska

Keunikan bangunan Carhenge yang semula dibuat Jim untuk ayahnya ternyata mampu menyedot pengunjung serta wisatawan untuk mendatangi situs parodi Stonehenge tersebut. Para wisatawan akan merasakan bagaimana nuansa berada dalam situs Stonehenge, sebab dimensi dibuat semirip mungkin bahkan warna mobil yang tersusun di cat warna abu serupa batu. 

Dengan jumlah susunan mobil mencapai 38 unit, Carhenge tercetat mampu mendatangkan hingga 100.000 pengunjung per tahunnya. Yang unik lagi dari Carhenge yang terletak Nebraska ini adalah, semua mobil yang digunakan dalam susunannanya adalah mobil klasik Amerika dengan merk Cadillac. Sebelumnya Jim sang pembuat bangunan parodi tersebut sempat menempatkan 2 buah mobil klasik buatan Jepang, namun kemudian ia menggantinya sehingga semuanya menjadi mobil klasik dari Amerika.

Sejak pertama kali dibangun pada 27 tahun yang lalu Carhenge terus mampu menarik sejumlah besar wisatawan untuk berkunjung. Carhenge sendiri mampu menjadi situs tempat wisata terpopuler ke 2 di daerah Nebraska. Selain daripada itu Carhenge juga mampu menarik perhatian para pembuat film hingga beberapa kali dijadikan set untuk pembuatan video klip untuk beberapa band. Carhenge yang sepat dikelola oleh Friends Of Carhenge ini juga dalam banyak kesempatan digunakan untuk beragam acara seperti storytime, diskusi buku, pameran, pertunjukan musik dan beberapa kegiatan lainnya. 

Selain bangunan Carhenge anda juga bisa menemukan beberapa karya seni patung yang berada di sekitar Carhenge. Salahsatu yang terkenal adlah karya seorang pematung berbakat asal Kanada bernama Geoff Sandhusrt. Sandhurst meletekan sebuah patung Salmon dan memenangkan 2500 USD atas karyanya tersebut. Selain patung salmon terdapat juga patung-patung unik lainnya seperti patung dinosaurus dan hal unik lainnya.

Tak perlu khawatir mengenai tiket masuk dan lain sebagainya, sebab anda tidak perlu membayar jika hendak berkujung ke tempat ini. Selain itu fasilitas wisata di Carhenge sudah cukup tertata dan dikelola dengan baik, terbukti dengan ketersediaan pemandu, brosur yang lengkap hingga souvenir-souvenir bisa anda dapatkan jika mengunjungi situs parodi Stonehenge ini.

Akses Menuju Carhenge

Jika anda berniat mengunjungi Carhenge, maka segera persiapkan semua keperluan perjalanan anda, dan segeralah pesan tiket dengan tujuan Nebraska Amerika. Lokasi tepatnya dari Carhenge ini sendiri adalah berada di Provinsi Box Butte di negara bagian Nebraska Ameriak Serikat. Terletak di sebuah kota bernama Alliance di sebelah barat laut Box Butte. Dengan posisi awal keberangkatan anda dari pusat Kota Alliance, anda bisa berkendara sejauh 3 mil ke arah utara menuju highway 87. 

Penginapan Sekitar Bangunan Carhenge

Dengan letaknya yang berada di sebuah kota yang terbilang cukup maju, anda tak usah khawatir soal akomodasi selama berada di Alliance. Tersedia banyak hotel dan penginapan hingga homestay yang bisa disesuaikan dengan keinginan anda. Pertimbangkan juga lokasi dan fasilitas yang anda perlukan. 

Tips Berkunjung

Jika berniat pergi ke Alliance dan mengunjungi bangunan terkenal Carhenge, maka berikut ada beberapa tips kecil yang bisa anda ikuti.

  1. Anda bisa mengecek dan merencanakan untuk mengunjungi Carhenge setelah sebelumnya melihat-lihat dahulu situs Carhenge.com yang dikelola oleh Friends Of Carhenge.
  2. Akan lebih menyenagkan jika anda mengunjungi Carhenge ketika di sana sedang diadakan kegiatan. Jenis kegiatan dan jadwal bisa di cek di dalam situs resminya, kecuali jika anda memiliki tujuan lain yang membutuhkan suasana sepi seperti keperluan fotografi dan hal lainnya.
  3. Anda juga bisa menghubungi pemandu wisata, jauh hari sebleum anda mengunjungi bangunan unik nanterkenal yang berada di Nebraska ini.
  4. Carhenge tidak seperti pantai atau gunung yang bisa dijadikan tempat menginap dan menghabiskan waktu liburan anda selama berhari-hari, oleh karena itu jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat wisata terkenal lain yang berada di Nebraska.

Tertarik mengunjungi keunikan Carhenge? Jangan lupa berikan komentar dan share kepada teman dan keluargamu.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook