Dak Lantai Beton Rumah

Cara Super Cepat Mengerjakan Dak Lantai Beton Rumah

Cara Super Cepat Mengerjakan Dak Lantai Beton Rumah – Dak yaitu pembatas lantai bagian bawah dengan lantai yang ada di atasnya. Terdapat beberapa bahan yang bisa dipakai dalam pembuatan dak, salah satunya yaitu memakai beton.

Pembuatan dak beton itu sendiri biasanya yaitu dengan menggunakan cor beton maupun dengan menggunakan beton hasil fabrikasi. Apabila anda membuat dak beton dengan cor, maka ada beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Lihat juga : Harga Panel Lantai

Dak beton harus mampu menahan beban dan pengerjaannya rapi. Pastikan dibangun pada waktu tang tepat. Kemudian sebelum membuatnya dimensi lantai harus diukur untuk menghitung material, pekerja dan peralatan. Selain itu, waktunya juga sebaiknya dihitung agar dapat memberikan hasil yang baik. Nah, berikut ini cara membuat dak beton rumah.

Dak Lantai Beton Rumah

Cara Mengerjakan Dak Lantai Beton Rumah

Agar pembuatan dak beton di rumah menjadi lebih mudah, ada beberapa langkah yang perlu disiapkan seperti berikut ini.

Menghitung Luas Dak Beton

Hal pertama kali yang harus dilakukan yaitu menghitung luas dari dak beton. Ini dilakukan untuk menghitung struktur besi tulangan. Jika jumlah besi terlalu banyak justru biaya akan semakin banyak pula, serta bobot struktur menjadi bertambah. Oleh karena itu, pastikan anda menghitung luas dak beton dengan tepat dan benar.

Hitung Ketebalan Dak Beton

Langkah berikutnya yaitu menghitung ketebalan dari dak beton. Ketebalan dak beton yang mampu menahan gaya tekan benda yang ada di atasnya. Untuk dak lantai beton itu sendiri ketebalannya dapat dibuat sekitar 12 cm. Sedangkan atap dak beton ketebalannya cukup 8 cm.

Sesuaikan Struktur Dak Beton

Bagi anda yang akan membuat dak beton lantai rumah maupun atap, maka penting untuk menyesuaikan kebutuhan dari struktur dak beton itu sendiri. Apabila anda membuat dak beton untuk lantai rumah, maka anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan misalkan untuk menaruh barang-barang seperti ranjang, lemari dan barang lainnya.

Perhatikan Komposisi Bahan Dalam Pembuatan Dak Beton

Material yang digunakan untuk pembuatan dak beton itu sendiri harus diperhatikan supaya semua bahan-bahan dapat tercampur dengan merata. Untuk campuran material jangan terlalu cair ataupun terlalu kental jika ingin dak beton yang didapatkan sempurna. Jangan terdapat butiran terpisah yang akan dapat mempengaruhi kualitas dak. Beton harus mempunyai kerapatan tinggi sehingga tidak akan hancur atau retak.

Proses Pengecoran

Sebelum pengecoran dimulai, maka bekisting terlebih dahulu dibuat, lalu pembesian. Bekisting itu sendiri yaitu cetakan sementara yang digunakan untuk menahan beton saat proses penuangan agar bentuk yang didapatkan sesuai keinginan.

Agar hasilnya bagus, maka pengecoran harus selesai selama 1 hari bersamaan dan cepat. Oleh karena itu, pastikan tenaga tukang cukup untuk bisa menyelesaikan pengecoran selama satu hari.

Siram Air Pada Dak Beton Pada Waktu yang Tepat

Terdapat beberapa langkah perawatan memakai air apabila dak beton sudah selesai dibuat, yaitu dengan melapisi menggunakan lembaran yang dapat menyerap air. Proses ini bisa saja memakan waktu 7 hari agar material dapat dengan sempurna menempel pada permukaan beton. Tukang bangunan biasanya akan menyiramkan air dengan rutin pada permukaan dak beton beberapa hari.

Itulah cara membuat dak beton. Agar hasilnya cepat, tentu anda harus memakai pekerja yang cukup. Semoga bermanfaat.

Klik disini : Jual Panel Lantai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.