Cara Mudah dan Cepat Membersihkan Karat Dengan Menggunakan Cairan Bersoda

Seperti yang kita ketahui banyak barang-barang rumah tangga yang terbuat dari bahan dasar besi.

Namun ternyata barang-barang yang terbuat dari besi tidak pernah luput dari penyakit karatan. Ketika mendapati barang-barang yang kita sayangi berkarat, tentunya kita akan merasa kesal dan panik. Namun, dalam hal ini anda jangan khawatir karena ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengusir karat yang membandel tersebut.

Karat yang menempel pada logam memang sangat mengganggu sekali, tapi memang sudah kodratnya logam jika bereaksi dengan air atau udara akan menyebabkan karat.

Cara-menghilangkan-karat-dengan-minuman-bersoda

Sungguh sangat disayangkan jika kita harus membeli peralatan rumah tangga yang baru lagi, secara fisik barang-barang tersebut masih terlihat bagus, tetapi gara-gara karat maka akan menyebabkan kurangnya nilai estetika barang itu sendiri.

Nah, berdasarkan penelitian ada beberapa zat yang bisa digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan karat yang ada pada logam tertentu. Dimana itu semua disesuaikan dengan tingkat keparahan karat itu sendiri. Lantas zat atau bahan apa saja yang bisa digunakan untuk menghilangkan atau membersihkan karat?

Bahan pertama yang bisa digunakan yaitu, cuka. Anda hanya tinggal menggosokan cuka ke bagian benda berkarat dengan menggunakan perantara kain. Selain cuka, perasan jeruk nipis juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat. Campurkan perasan jeruk nipis dengan garam, lalu lakukan langkah yang sama seperti cara sebelumnya. Minyak tanah dan air teh juga bisa digunakan untuk membersihkan benda berkarat. Namun, selain semua bahan atau cairan tersebut ada bahan lainnya yang terkenal sangat efektif, dimana bahan atau cairan yang kami maksud yaitu minuman bersoda atau soft drink.

Cara menghilangkan karat dengan minuman bersoda atau soft drink ini sangat mudah dan sederhana. Dimana pertama kali anda harus meyiapkan terlebih dahulu alat atau barang-barang berkarat serta minuman bersoda atau sof drink, kain, dan wadah.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan karat. Dimana cara pertama yaitu, rendam terlebih dahulu kain di dalam soft drink atau minuman bersoda selama kurang lebih satu jam. Jika sudah, gosokan kain yang sudah direndam tersebut pada bagian barang yang berkarat. Gosok berulang-ulang sampai karat sedikit demi sedikit menghilang. Atau tumpahkan minuman bersoda pada benda berkarat, lalu gunakan luminium foil untuk menggosoknya.

Cara kedua yaitu, tuangkan minuman bersoda atau soft drink pada wadah tertentu. Lalu masukan atau rendam barang-barang berkarat tersebut dalam wadah selama kurang lebih satu jam. Jika sudah direndam dengan waktu yang sudah ditentukan, anda bisa langsung mengangkat barang atau benda berkarat tersebut dari wadah. Lalu bersihkan atau lap dengan menggunakan kain.

Setelah melakukan kedua cara ini, anda bisa lihat sendiri karat yang menempel pada benda atau barang-barang tertentu rontok. Mengapa soft drink atau minuman bersoda bisa menghilangkan karat?

Tingkat keasaman atau PH minuman bersoda rata-rata yaitu 3,4. Dimana angka ini sangat tinggi sehingga asam dan kandungan lainnya mampu merontokan atau menghilangkan karat.

Nah, saat ini anda tidak harus membuang barang yang sudah berkarat dan membelinya yang baru, karena dengan adanya cara mudah dan efektif ini barang berkarat bisa kembali seperti baru lagi.

Itulah tutorial membersihkan karat dengan menggunakan minuman bersoda. Setelah anda mengetahui tips ini, tidak ada salahnya jika anda menyebarkan atau membagikannya kepada teman dan sahabat anda dengan mengklik tombol share. Berikan juga komentar pada kolom yang sudah kami sediakan di bawah ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook