Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi – Sering bertambahnya usia, daya ingat seseorang akan semakin menyusut. Hal ini bisa terjadi sebab kian waktu fungsi otak akan menurun akibat proses penuaan dan dampak kesehatan yang kurang baik. Untuknya, penting bagi kita semua mengetahui cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang baik. Tips di bawah ini akan penting untuk anda simak sampai tuntas.

Setiap orang punya waktu tertentu dalam melupakan sesuatu. Biasanya orang-orang yang sibuk akan cenderung lebih mudah melupakan banyak hal. Kondisi ini umumnya dipicu karena konsentrasi yang terbagi yang membuat fokus menjadi berantakan. Selain menjengkelkan, mudahnya melupakan sesuatu bisa jadi membuat anda merugi.

Melupakan kegiatan penting yang menyangkut masa depan anda, bertemu dengan klien penting dan lain sebagainya akan tentu menjadi masalah yang amat sangat merugikan. Nah, oleh karenanya simak langsung yuk cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi untuk hidup yang lebih berkualitas. Baca juga: Cara Mengecilkan Betis dan Paha Agar Lebih Percaya Diri

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kemampuan daya ingat dan konsentrasi seseorang menurun. Salah satunya adalah faktor gaya hidup yang mungkin selama ini tanpa anda sadari sering anda sepelekan. Lalu bagaimana sih cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang baik? Dibawah ini tipsnya.

Perhatikan Asupan Gizi Anda

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Ingatan dan memori terkait erat dengan fungsi dari otak kita. Untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik, otak dan tubuh kita akan tentu membutuhkan asupan yang juga berkualitas baik. Dalam kasus ini, memperhatikan asupan dari makanan yang sehat adalah hal penting yang harus anda perhatikan dengan baik.

Konsumsilah makanan seperti sayuran hijau, teh hijau, makanan dengan kandungan asam lemak omega-3. Selain itu, ikan dan bahan makanan olahannya akan tentu baik menjadi menu sehat untuk mendukung kesehatan otak. Bila perlu anda bisa mengkonsumsi suplemen atau vitamin tambahan yang akan meningkatkan fungsi dari otak kita.

Ada banyak produk vitamin dan suplemen yang baik untuk kesehatan otak kita yang dijual di pasaran. Akan tetapi, bila anda merasa ragu maka ada baiknya mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sehingga anda mendapatkan produk yang terbaik dengan dosis yang tepat.

Kurangi Konsumsi Gula

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Salah satu kebiasaan baru yang cenderung kurang baik untuk kesehatan bagi masyarakat di era maju seperti ini adalah konsumsi sesuatu secara berlebihan. Padahal kita tahu betul bahwa sesuatu yang dilakukan secara berlebihan akan dapat berdampak kurang baik untuk kesehatan. Termasuk dengan konsumsi gula ke dalam tubuh. Selain dapat memicu berbagai permasalahan kesehatan, rupanya asupan gula yang terlalu banyak akan dapat menghambat kinerja otak, termasuk dengan menurunkan kualitas daya ingat dan konsentrasi anda.

Sebuah penelitian banyak membuktikan bahwa seseorang yang terlalu sering mengkonsumsi gula, apalagi dalam takaran yang terlalu berlebihan cenderung memiliki ingatan yang buruk. Selain itu, dalam penelitian ini pun ditunjukkan bahwa asupan gula yang berlebihan dapat membuat volume otak yang lebih rendah. Hal ini rupanya menjadi perbandingan yang cukup signifikan dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi gula lebih sedikit.

Oleh karenanya, bagi anda yang saat ini sedang dihadapkan pada kondisi yang mengharuskan anda mengasah daya ingat lebih baik. Maka sebaiknya kurangi konsumsi gula. Perlu diketahui, asupan gula tak hanya terdapat pada makanan manis, namun bahan makanan seperti nasi pun punya kandungan glukosa yang tidak bisa dianggap remeh.

Adapun batas konsumsi gula yang disarankan oleh kementrian kesehatan kita adalah sekitar 50 gram atau yang bila dikira-kirakan, takarannya tidak lebih dari 5 sampai dengan 9 sendok setiap harinya.

Upayakan Untuk Lebih Menata Aktivitas Anda

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Pada umumnya, seseorang yang mudah mengalami kondisi kelupaan adalah mereka yang biasanya terburu-buru dan aktivitasnya cenderung tidak tertata. Misalkan, seseorang yang seringkali menaruh kunci, pulpen dan barang-barangnya secara sembarangan akan punya peluang kelupaan yang lebih besar dibandingkan dengan mereka yang menata dengan baik aktivitasnya.

Nah, anda yang ingin menghindari hal-hal semacam ini tak hanya perlu meningkatkan daya ingat anda saja. Namun menata aktivitas anda dengan lebih baik tentu menjadi hal penting yang harus anda perhatikan.

Cobalah untuk mengatur peralatan seperti alat tulis, kunci dan segala pernak-pernik anda secara tertata. Bila perlu gunakan wadah-wadah terpisah dan tempatkan di tempat yang mudah anda jangkau. Pemberian nama atau label pada wadah yang digunakan pun menjadi hal penting yang dapat anda lakukan. Sehingga ketika anda membutuhkannya maka anda akan lebih mudah menemukannya.

Istirahat yang Cukup

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Para pakar kesehatan menjelaskan bahwa seseorang yang lelah akan cenderung sulit mendapatkan konsentrasi dan mudah melupakan banyak hal. Hal ini dikarenakan, tubuh dan terutama otak anda akan mengalami penurunan fungsi sebab jam biologis anda yang tidak terpenuhi dengan baik.

Bila anda seringkali melupakan banyak hal dan sulit mendapatkan konsentrasi yang baik. Maka ingat kembali kapan terakhir kali anda mendapatkan waktu tidur yang cukup? Adapun waktu tidur yang direkomendasikan para ahli untuk orang dewasa adalah sekitar tujuh sampai dengan sembilan jam setiap harinya.

Perlu diketahui bahwa tidur akan membantu mengkonsolidasikan ingatan anda menjadi lebih baik. Selain itu, ketika jam tidur anda terpenuhi dengan baik maka tubuh anda akan merasa segar ketika bangun di pagi hari. Sehingga anda pun akan cenderung lebih siap menerima banyak hal dan informasi yang anda dapatkan di hari tersebut.

Adapun waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah sekitar 7 sampai dengan 9 jam setiap harinya. Maka hindari begadang dan upayakan mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Sempatkan Untuk Meditasi

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Tak hanya istirahat yang cukup, terkadang ketika semua hal sudah anda coba namun anda masih kesulitan berkonsentrasi dengan baik. Maka mungkin anda akan perlu manfaat dari meditasi. Meditasi adalah sebuah ritual yang akan bermanfaat dengan baik untuk jiwa dan pikiran anda. Sehingga anda lebih mudah memusatkan diri anda dan mendapatkan konsentrasi yang dibutuhkan.

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa ada banyak manfaat dari meditasi yang bisa dirasakan. Selain berdampakan baik untuk kesehatan, meditasi pun ampuh dalam meredakan rasa sakit dan stres. Bahkan kabarnya, salah satu manfaat positif dari kegiatan ini adalah meningkatkan daya ingat dan memudahkan seseorang terfokus pada hal-hal yang mereka inginkan.

Meditasi dapat anda lakukan di tempat-tempat yang membuat anda tenang. Agar meditasi berhasil dilakukan maka anda perlu menjauhkan diri anda dari pekerjaan dan hingar bingar orang-orang yang bisa membuat anda teralihkan. Salah satunya adalah taman rumah yang tenang, ruangan kamar tidur atau mungkin tempat-tempat yang memang dikhususkan untuk bermeditasi.

Hindari Konsumsi Minuman Beralkohol

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Bagi anda yang sedang berusaha keras meningkatkan daya ingat dan konsentrasi maka alkohol adalah barang yang wajib anda hindari. Meskipun efek memabukkan terkadang menjadi penenang untuk sebagian orang. Namun untuk anda yang ingin secara sungguh-sungguh meningkatkan kemampuan ingat dan konsentrasi anda maka menghindari minuman beralkohol perlu anda lakukan dengan serius.

Hal ini dikarenakan alkohol menunjukkan efek neurotoksik pada bagian otak anda. Apalagi ketika alkohol dikonsumsi secara berulang maka kondisi ini akan dapat merusak bagian hippocampus dimana bagian ini adalah salah satu sel yang memainkan peran yang sangat penting dalam pengaturan memori di otak anda.

 

Leave a Reply