Ibu Hamil Wajib Tahu 2 Cara Menghitung Umur Kehamilan

Ibu Hamil Wajib Tahu 2 Cara Menghitung Umur Kehamilan – Mengetahui usia kehamilan adalah edukasi penting bagi para ibu hamil untuk menentukan waktu kelahiran. Di bawah ini adalah 3 cara menghitung umur kehamilan.

Masih banyak wanita yang tidak tahu cara menghitung umur kehamilan. Meskipun metode perhitungan umur kehamilan sulit dipastikan secara akurat sebab kita tidak tahu pasti waktu tepatnya terjadi pembuahan. Namun umur kehamilan dapat diperkirakan lewat beberapa metode, salah satu yang paling banyak digunakan adalah dengan menggunakan metode Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). Dalam perhitungan menggunakan metode ini, HPHT dianggap sebagai hari pertama usia kehamilan anda.

Pada umumnya, kehamilan berlangsung selama 280 hari atau yang bila dibagi menjadi hitungan minggu adalah sekitar 40 minggu semenjak HPHT mereka. Anggapan bahwa HPHT ini sebagai hari pertama usia kehamilan dinilai cukup akurat meski biasanya pembuahan baru saja dimmulai sekitar 11 atau 21 hari setelah tanggal tersebut. Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Wajah

2 Cara Menghitung Umur Kehamilan

Mengetahui usia atau umur kehamilan adalah hal yang sangat penting bagi ibu hamil sebagai patokan guna mengetahui perkiraan waktu kelahiran. Hari Perkiraan Lahir (HPL) apabila sudah ditentukan maka tanggal kelahiran bayi berada diantara rentang waktu sekitar dua minggu sebelum atau sesudah HPL tersebut. Adapun untuk mengetahui cara menghitung umur kehamilan di bawah ini adalah beberapa metode cara menghitung umur kehamilan yang biasa digunakan.

Menghitung Menggunakan Metode Kalender

Ibu Hamil Wajib Tahu, 2 Cara Menghitung Umur Kehamilan

Cara menghitung umur kehamilan pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan metode kalender. Metode yang satu ini biasanya adalah salah satu metode mengetahui HPL yang paling sederhana dan bisa dilakukan para ibu di rumah. Syaratnya, anda perlu tahu kapan HPHT anda dan juga perhitungan ini akan lebih mudah bagi anda yang punya siklus haid yang teratur.

Bila anda tahu betul dengan pasti kapan hari pertama haid terakhir anda nantinya anda bisa menghitung sendiri perkiraan hari lahir si bayi ke dunia. Hal ini dikarenakan perhitungannya cukup mudah dan siapa saja bisa melakukannya terlepas dari tepat atau tidaknya perhitungan ini sebab biasanya adalah hal yang wajar jika bayi anda lahir lebih cepat atau mundur dari waktu perkiraan. Hanya saja, anda perlu mempersiapkan diri di rentang waktu tersebut. Di bawah ini adalah langkah perhitungan metode kalender.

  • Rumus perhitungan ini akan berlaku apabila nada punya siklus haid teratur yakni per 28 atau 30 hari.
  • Rumus hitungannya seperti ini:

Tanggal HPL = HPHT+7

Bulan HPL = Bulan haid terakhir-3

Tahun HPL = Tahun haid terakhir+1

Contohnya apabila anda menstruasi pada 18 Juni 2020. Maka perhitungannya:

18+7= 25

6-3= 3

2020+1= 2021

Jadi HPL anda adalah 25 Maret 2021

  • Dari HPL ini anda dapat menghitung umur kehamilan anda per tanggal 25. Contohnya seperti ini, pada tanggal 25 Juli umur kehamilan anda adalah 6 minggu atau 1 bulan dan seterusnya.
  • Apabila HPHT anda terjadi pada bulan yang tidak bisa dikurangi 3 seperti pada bulan Januari sampai dengan bulan Maret, maka perhitungannya cukup ditambahkan 9 sementara untuk hitungan tahunnya tetap. Misalnya seperti ini: HPHT anda adalah pada saat 6 Januari 2020, maka perhitungannya akan seperti:

6+7= 13

1+9=10

Tahun tetap

Jadi HPL anda kemungkinan terjadi pada 13 Oktober 2020.

Tanpa menggunakan metode HPHT atau hari pertama haid terakhir, usia kehamilan akan cukup sulit diketahui sebab kita sendiri tidak tahu pasti kapan pembuahan terjadi. Maka dari itu, dunia kedokteran menganggap cara yang satu ini dianggap lebih mudah dan mendekati kepastian dalam memperkirakan usia kehamilan sehingga perhitungan perkiraan usia kelahiran bayi ke dunia lebih mudah dihitung.

Artikel kesehatan: Lebih Sehat, Ketahui 6 Cara Mengurangi Kolesterol Dalam Tubuh

Perhitungan Melalui USG

Ibu Hamil Wajib Tahu, 2 Cara Menghitung Umur Kehamilan

Cara menghitung umur kehamilan yang lebih akurat selanjutnya dapat anda lakukan melalui pemeriksaan USG. Cara ini dapat ditempuh sebagai alternatif bagi anda yang lupa kapan HPHT anda. Biasanya mereka yang punya siklus menstruasi tidak teratur seringkali kesulitan menentukan HPHT.

Untuk bisa menempuh cara ini pemeriksaan ke dokter kandungan menjadi salah satu cara yang perlu anda lakukan. Terdapat dua metode USG yang bisa dilakukan yakni USG transvaginal dimana cara ini dianggap bisa mengetahui usia bayi dalam kandungan dengan lebih akurat. Dalam metode ini nantinya dokter akan melakukan pengecekan melalui jalan lahir guna memastikan keberadaan kantung dan lokasi janin. Lewat USG ini kelainan yang terjadi pada janin pun dapat diketahui.

Metode USG selanjutnya adalah USG transabdominal yakni pemeriksaan melalui dinding perut. USG ini biasanya dilakukan ketika usia kandungan sudah lebih besar yakni sekitar 12 minggu atau pada saat usia kandungan anda 3 bulan. Sementara itu, untuk mendapatkan perhitungan yang lebih akurat, kehamilan anda baru bisa dideteksi melalui USD apabila kandungan sudah mulai membesar yakni pada usia sekitar 4 bulan.

Meskipun ada beberapa ibu yang melakukan tes kehamilan dengan USG sebelum usia kehamilannya 4 minggu. Akan tetapi, dokter pada akhirnya akan dapat memutuskan apakah anda benar-benar hamil setelah usia kandungan anda lebih dari 4 minggu.

Selain itu, pada saat anda pergi ke dokter kandungan biasanya dokter pun akan menanyakankapan HPHT anda. Pertanyaan ini diajukan sebagai bahan pembanding antara informasi HPHT dengan hasil USG mengenai perkiraan umur kehamilan anda. Namun bila anda tidak tahu kapan HPHT anda maka rujukan dari hasil USG lah yang nantinya akan dijadikan sebagai patokan untuk memperkirakan HPL si kecil ke dunia.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil Untuk Pertama Kali

Kehamilan pertama bisa menjadi pengalaman berharga sekaligus mendebarkan pasalnya anda mungkin sedikit kebingungan mengenai hal apa saja yang harus dilakukan dan dipersiapkan menjelang kehamilan pertama ini. Nah, di bawah ini adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

Makan Makanan Bergizi

Ibu Hamil Wajib Tahu, 2 Cara Menghitung Umur Kehamilan

Hal penting pertama bagi anda para ibu hamil adalah memastikan asupan gizi selama mengandung terpenuhi dengan baik. Pasalnya, tumbuh kembang janin dalam kandungan anda akan dapat berjalan dengan lancar tatkala asupan nutrisinya terpenuhi.

Asupan makanan sehat akan sangat bermanfaat dalam mendukung tumbuh kembang bayi dengan sempurna. Maka dari itu, pastikan ibu mengkonsumsi makanan bergizi selama mengandung.

Rajin Periksa Kandungan

Untuk mengetahui perkembangan janin dalam kandungan, pemeriksaan kandungan ke tenaga ahli seperti dokter dan bidan adalah hal penting yang harus anda perhatikan. Selain itu, cara ini dilakukan untuk mengantisipasi bila anda keluhan kehamilan agar bisa segera ditangani.

Hindari Alkohol dan Rokok

Ibu Hamil Wajib Tahu, 2 Cara Menghitung Umur Kehamilan

Ibu hamil dilarang keras mengkonsumsi alkohol dan merokok sebab hal ini akan sangat berbahaya untuk kesehatan dan tumbuh kembang janin. Maka dari itu, hindari kebiasaan buruk ini.

Berolahraga

Ibu Hamil Wajib Tahu, 2 Cara Menghitung Umur Kehamilan

Siapa bilang ibu hamil harus berdiam diri di rumah dan tidak boleh olahraga? Olahraga adalah salah satu syarat wajib untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat termasuk selama menjalani kehamilan.

Baca juga: Lebih Disiplin, 6 Cara Bangun Pagi yang Efektif

Leave a Reply