Cara Menghilangkan Minyak di Wajah yang Baik dan Benar

Cara Menghilangkan Minyak di Wajah yang Baik dan Benar – Minyak berlebih pada wajah memang seringkali menjadi masalah yang cukup menjengkelkan. Penanganan minyak berlebihan pada wajah tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Berikut ini adalah cara menghilangkan minyak di wajah yang baik dan benar.

Kehadiran minyak pada wajah pada dasarnya adalah hal yang wajar. Dimana kondisi ini merupakan upaya tubuh untuk memberikan kelembapan pada kulit dan menjaganya tetap kenyal. Hanya saja, kondisinya bisa berubah menyeramkan ketika volume minyak jumlahnya sudah tidak terkontrol atau bahkan bisa disebut berlebihan.

Selain membuat penampilan anda menjadi kurang maksimal, kehadiran minyak yang berlebihan akan dapat menyumbat pori-pori pada kulit. Hal inilah yang umumnya menjadi pemicu utama timbulnya jerawat dan komedo. Itulah pula yang menjadi alasan mengapa orang dengan wajah berminyak akan cenderung mudah sekali bermasalah dengan yang namanya jerawat.

Cara Menghilangkan Minyak di Wajah yang Baik dan Benar

Tidak sedikit orang yang lebih mempercayakan kesehatan wajah dan kulit mereka ke dokter atau salon dengan harga yang tentunya tidaklah murah. Padahal sebenarnya penanganan masalah wajah, termasuk kehadiran minyak yang berlebihan dapat ditangani di rumah dengan mudah. Di bawah ini adalah cara menghilangkan minyak di wajah dengan baik dan benar.

Rajin Membersihkan Wajah

Cara Menghilangkan Minyak di Wajah yang Baik dan Benar

Cara menghilangkan minyak di wajah yang pertama yang akan dapat anda lakukan adalah dengan memastikan anda sering membersihkan wajah anda dengan baik. Sebenarnya, hal ini cukup sederhana namun memiliki manfaat yang luar biasa yang akan dapat dirasakan. Sayangnya, sebagian besar orang banyak meremehkannya. Alhasil, ketika banyak masalah muncul dipermukaan kulitnya wajahnya mereka akan panik dan ketakutan.

Nah, untuk mengatasi masalah pada wajah termasuk kehadiran minyak yang berlebihan anda hanya perlu memastikan untuk senantiasa mencuci wajah serutin mungkin. Idealnya, mencuci wajah sebanyak dua kali dalam sehari akan sangat dianjurkan. Terutama pada saat bangun tidur dan malam hari saat anda akan beristirahat.

Mengapa pada dua waktu tersebut? Pada pagi hari sebelum diberikan aneka ragam skincare atau produk kecantikan lainnya. Tentunya wajah perlu dalam keadaan bersih dan segar. Sementara  sebelum tidur di malam hari adalah waktu terbaik untuk kembali membersihkan wajah anda setelah beraktivitas seharian.

Selektif Memilih Produk Perawatan Kulit

Cara Menghilangkan Minyak di Wajah yang Baik dan Benar

Sudah bukan rahasia umum jika salah satu syarat wajib untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit adalah penggunaan skincare secara rutin. Anda yang juga menjadi salah satu pengguna skincare namun memiliki masalah dengan kulit berminyak maka cara menghilangkan minyak di wajah yang perlu anda perhatikan dengan baik adalah lebih teliti memilih produk perawatan kulit. Pasalnya, ada beberapa jenis skincare yang memang kurang mendukung kondisi kulit anda. Bahkan beberapa jenis skincare tertentu bisa jadi memicu produksi minyak di wajah menjadi lebih parah.

Contohnya adalah penggunaan produk sabun pencuci wajah. Tentu saja, salah satu cara paling praktis untuk menghilangkan minyak di wajah secara instan adalah dengan membalurkan sabun pencuci dengan merata sehingga anda akan merasa segar dan bersih setelahnya. Akan tetapi, karena anda bermasalah dengan produksi minyak yang menjengkelkan maka untuk jenis produk ini perlu diperhatikan dengan baik.

Hindari memilih produk pencuci wajah dengan kandungan busa yang terlalu banyak atau bahan dengan kandungan deterjen. Sebab hal ini akan mungkin membuat kulit akan semakin parah. Sebaliknya, gunakanlah produk skincare atau sabun wajah yang memang dikhususkan untuk mengatasi permasalahan yang anda hadapi saat ini.

Pastikan Selalu Membersihkan Makeup

Cara Menghilangkan Minyak di Wajah yang Baik dan Benar

Sepulang bekerja dan lelah di malah hari memang seringkali membuat kasur lebih menggoda dibandingkan dengan kamar mandi untuk sejenak membersihkan diri dan makeup yang menempel pada wajah kita. Hal inilah yang seringkali membuat sebagian orang merelakan wajahnya masih ditempeli dengan makeup yang mungkin sudah tercampur dengan aneka macam debu dan kotoran setelah seharian beraktivitas.

Kebiasaan inilah yang pada akhirnya akan memicu masalah pada bagian wajah anda, termasuk mungkin masalah produksi minyak yang anda hadapi saat ini. Selain itu, tanpa disadari kebiasaan ini akan pula memicu masalah yang lebih serius, seperti penumpukan komedo dan bahkan jerawat yang parah yang bisa muncul dikulit.

Untuknya, mau tidak mau anda harus mulai merubah kebiasaan buruk ini. Sempatkanlah barang beberapa menit untuk memastikan makeup yang menempel pada wajah anda dibersihkan dengan merata. Gunakan pembersih makeup yang memang dirancang bersahabat untuk jenis kulit berminyak.

Gunakan Pelembap Secara Rutin

Cara menghilangkan minyak diwajah yang selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah penggunaan pelembab secara rutin. Ada yang menganggap bahwa pemilik kulit berminyak tidak membutuhkan pelembab sebab hal ini digadang-gadang akan membuat kondisi berminyak menjadi lebih parah. Namun sebenarnya hal tersebut keliru.

Anda yang punya jenis kulit berminyak tetap membutuhkan pelembab untuk menjaga kekenyalan kulit dengan baik. Hanya saja, hal yang perlu diperhatikan dengan baik adalah penggunaan pelembab hanya diperlukan pada area yang berminyak saja. Dan penggunaannya pun tidak perlu dilakukan setiap hari.

Contohnya, ketika anda akan beraktivitas diluar ruangan atau pada saat cuaca diluar sedang begitu menyengat. Penggunaan pelembab akan bermanfaat untuk menghindari masalah pecah-pecah atau keretakan permukaan kulit. Selain itu, pilihlah pelembab dengan komposisi bebas minyak. Hal ini dilakukan agar pori-pori pada kulit tidak mudah tersumbat.

Tempelkan Kertas Minyak

Salah satu cara untuk mensiasati kondisi kulit dengan jumlah minyak yang terlalu berlebihan akan dapat anda atasi dengan menggunakan kertas minyak. Produk yang satu ini akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan minyak secara instan. Kabar baiknya, produk kecantikan yang satu ini sudah bukan barang yang sulit didapatkan. Anda bisa menjumpainya hampir di setiap toko kosmetik atau bahkan supermarket.

Cara penggunaannya pun cukup mudah dan sederhana, ambil satu lembar kertas minyak dan pastikan tangan anda dalam keadaan bersih. Lalu tempelkan pada wajah dan diamkan selama beberapa detik. Angkat dengan perlahan dan lakukan cara yang sama pada seluruh bagian wajah sampai kandungan minyaknya berkurang.

Perhatikan pula untuk sering mengganti kertas minyak pada saat permukaannya sudah terlihat terbasahi dengan banyak minyak pada wajah. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran bakteri dari satu area ke area wajah yang mana kondisi ini bisa menyebabkan masalah jerawat yang mengganggu.

Lakukan Ritual Facial Steam

Cara Menghilangkan Minyak di Wajah yang Baik dan Benar

Tak perlu melulu pergi ke salon atau dokter kecantikan untuk mengatasi setiap permasalahan wajah yang sebenarnya bisa diatasi sendiri dengan mudah. Termasuk dengan kehadiran minyak berlebih pada wajah anda. Facial steam rumahan adalah salah satu ritual kecantikan yang bisa anda praktikan dengan mudah.

Cara ini diyakini dapat mengeluarkan kotoran dan zat-zat lain yang ada pada pori, termasuk dengan minyak. Bila ritual ini dilakukan secara rutin maka manfaat luar biasa akan bisa anda rasakan tanpa anda harus mengeluarkan banyak uang.

Caranya, rebus air mendidih dalam panci kemudian tuangkan dalam mangkuk dengan ukuran yang sedang. Dekatkan wajah anda dan tutup bagian atasnya dengan kain atau handuk sehingga anda dapat menghirup uapnya.

Baca juga: Cara Membuat Sabun Mandi dari Bahan Alami

Leave a Reply