Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat dan Alami

Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat dan Alami – Setidaknya, sekali dalam seumur hidup seseorang akan berhadapan dengan yang namanya komedo. Hal inilah yang kemudian membuat bahasan mengenai cara menghilangkan komedo menjadi sangat dicari. Yuk, cari tahu seperti apa sih cara menghilangkan komedo dengan cepat dan alami.

Bintik hitam yang terdapat pada pori-pori di permukaan kulit bisa jadi penghancur segala rencana spesial yang sudah anda siapkan. Terutama ketika acara tersebut menuntut anda untuk tampil maksimal dan mempesona. Sudah bisa dipastikan, fokus anda akan berantakan dan hanya tertuju pada bagaimana menghilangkan si musuh kecil yang satu ini.

Ya, dipungkiri atau tidak bagi sebagian orang kehadiran komedo apalagi dalam jumlah yang banyak dan tidak wajar tentu akan sangat menjengkelkan. Betapa tidak, wajah yang dipenuhi komedo seringkali nampak kusam dan tidak menarik. Nah, untuk itulah mari cari tahu cara menghilangkan komedo dibawah ini. Baca juga: Cara Menghilangkan Minyak di Wajah yang Baik dan Benar

Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat dan Alami

Komedo adalah sumbatan yang terjebak dibawah pori berupa minyak, kotoran dan partikel lainnya yang masuk ke dalam kulit. Ini adalah cikal bakal dari jerawat, ketika sumbatannya sudah menumpuk maka pori-pori akan mengembang dan biasanya muncul ke permukaan kulit berupa bintik-bintik. Ada dua jenis komedo yakni komedo putih dan komedo hitam.

Untuk mengetahui cara menghilangkan komedo dengan cepat dan alami, di bawah ini adalah beberapa tips yang  bisa anda simak.

Menggunakan Putih Telur

Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat dan Alami

Bahan pertama yang akan dapat anda manfaatkan untuk menghilangkan komedo, baik yang putih atau yang hitam adalah dengan menggunakan putih telur. Manfaat putih telur tanpa kita sadari punya segudang kebaikan diantaranya adalah untuk mengencangkan kulit, mengangkat sel kulit mati dan yang paling penting adalah menghilangkan kehadiran komedo.

Cara yang akan dapat anda lakukan cukup sederhana dan tentunya cara ini bisa dipraktikan di rumah dengan mudah. Anda hanya perlu mempersiapkan satu buah telur dan pecahkan dengan perlahan. Kemudian pisahkan antara kuning dan putih telur dengan merata.

Manfaat dari putih telur yang akan kita gunakan kali ini akan kita buat menjadi sheet mask. Jadi persiapkan pula satu atau beberapa lembar kertas tissue. Potong terlebih dahulu tissue dan sesuaikan dengan bentuk wajah anda. Buat lubang pada bagian mata, hidung dan juga mulut. Hamparkan tissue di atas wajah anda kemudian oleskan putih telur dengan merata. Agar lebih mudah anda bisa menggunakan kuas dan oleskan tipis-tipis saja namun merata.

Menggunakan Lemon dan Jeruk Nipis

Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat dan Alami

Manfaat bahan alami yang juga bisa anda gunakan untuk membantu mengatasi permasalahan tumpukan komedo adalah lemon dan jeruk nipis. Mungkin kedua bahan alami ini seringkali menemani lemari es anda sebagai stok bahan makanan. Nah, bila iya tentu saja kabar gembira ini akan semakin mempermudah anda dalam pembuatan ramuan penghilang komedo.

Adapun cara yang akan dapat anda lakukan adalah dengan mencampurkan perasan air lemon dan jeruk nipis menjadi satu bagian. Ingat lemon dan jeruk nipis meski sekilas adalah buah yang sama. Namun tentu manfaatnya beda dan keduanya pun memiliki tingkat keasaman yang berbeda. Setelah selesai mencampurkan dua bahan ini silahkan berikan dengan kucuran madu secukupnya saja. Aduk kembali dengan merata sampai kesemua bahan ini menjadi larut.

Cara penggunaannya anda hanya perlu mengoleskannya dengan lembut menggunakan kapas pada bagian wajah yang dipenuhi dengan komedo. Apabila dilakukan dengan rutin maka sel kulit mati dan kotoran termasuk sumbatan komedo akan keluar dengan sendirinya tanpa anda perlu memencetnya dengan paksa.

Menggunakan Minyak Kelapa

Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat dan Alami

Bahan selanjutnya yang bisa menjadi ramuan penghilang komedo adalah minyak kelapa. Hal ini dikarenakan minyak kelapa memiliki sifat pelembab yang manfaatnya bisa meringankan kulit yang kering dan mencegah timbulnya penyumbatan pada bagian pori. Hal ini pulalah yang membantu menghilangkan komedo dengan lebih cepat dan aman.

Cara penggunaan bahan ini cukup mudah dan sederhana. Anda hanya perlu menyediakan minyak kelapa asli dan sebuah kapas. Sebelumnya cuci bersih terlebih dahulu wajah anda. Lalu aplikasikan kapas yang sudah dicelup minyak kelapa pada permukaan kulit yang dipenuhi dengan komedo. Untuk hasil maksimal, gunakan secara rutin minimal 2 kali dalam 1 hari.

Menggunakan Minyak Jojoba

Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat dan Alami

Minyak jojoba memiliki sifat anti-inflamasi yang akan dapat bermanfaat untuk menghilangkan kerusakan pada jaringan kulit akibat kehadiran komedo. Bahan minyak ini bisa anda temui di apotek ataupun toko obat dan toko kecantikan.

Cara penggunaannya pun cukup mudah dan sederhana. Campurkan minyak jojoba bersama dengan minyak zaitun dengan perbandingan 1:1. Masukkan ke dalam wadah yang bersih dan aduk dengan merata. Lalu bilas terlebih dahulu wajah dengan menggunakan air mengalir.  Celupkan kapas dan aplikasikan ramuan ini pada wajah yang berkomedo dengan merata. Lakukan secara rutin pada pagi hari dan malam hari sebelum menjelang tidur.

Cegah Komedo Datang Lagi

Bila cara diatas berhasil maka kami ucapkan selamat ya. Namun perlu diperhatikan dengan baik kalau komedo bisa saja kembali kapan saja bahkan saat anda merasa sudah bekerja dengan hati-hati merawat wajah anda.

Nah, di bawah ini adalah beberapa cara mencegah komedo datang lagi. Simak langsung ya!

Cuci Muka Secara Teratur

Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat dan Alami

Mencuci muka secara rutin adalah salah satu kunci mencegah kehadiran segala permasalahan yang bisa muncul pada wajah anda. Hal ini dikarenakan umumnya, berbagai masalah bisa terjadi sebab wajah anda dalam keadaan kotor. Termasuk dengan cara mencegah datangnya kembali komedo yang sudah susah payah anda singkirkan.

Pastikan anda mencuci wajah anda minimal setelah beraktivitas seharian. Terutama setelah anda berada diruangan terbuka. Bahkan saat anda merasa wajah anda tidak terlihat kotor. Saat itu, anda pun perlu tetap mencuci wajah karena kehadiran debu dan partikel halus yang kotor bisa saja menjadi pemicu komedo yang datang lagi.

Baca juga: Cara Membuat Sabun Mandi dari Bahan Alami

Keramas yang Rajin

Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat dan Alami

Anda mungkin sedikit tercengang dengan keterkaitan rambut dan penyebab komedo. Ya, rambut yang kotor dan berminyak dapat menjadi pencetus munculnya komedo pada wajah. Jadi demikian, pastikan anda senantiasa menjaga kebersihan rambut anda dengan baik.

Atau bila anda kesulitan mendapatkan waktu luang untuk segera mencuci rambut. Minimal pastikan rambut tidak tergerai sampai menutupi bagian wajah anda.

Jangan  Sering Menyentuh Wajah

Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat dan Alami

Tak hanya kotoran dari kendaraan atau polusi saja yang akan dapat membuat wajah anda menjadi kotor. Akan tetapi, kebiasaan yang tanpa sadar anda lakukan seperti memegang wajah dengan terlalu sering akan dapat memicu masalah komedo dan jerawat.

Hal ini dikarenakan bakteri yang ada pada tangan bisa berpindah dengan mudah pada wajah saat anda sering menyentuhnya. Untuk itu, pastikan dengan baik tangan anda dalam keadaan bersih dan hindari terlalu sering menyentuh wajah anda. Baca juga: 5 Cara Membersihkan Kacamata Yang Tepat Tanpa Menggores Lensa

Leave a Reply