Tak Perlu Panik, Begini 5 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Tak Perlu Panik, Begini 5 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah – Selain jerawat dan komedo, permasalahan yang lain yang seringkali menyerang bagian wajah adalah bruntusan. Berikut ini adalah cara menghilangkan bruntusan di wajah.

Wajah adalah bagian paling depan dari tampilan seseorang. Bagian ini adalah yang membedakan tampilan dari satu orang dengan yang lainnya. Sayangnya, wajah juga menjadi salah satu bagian tubuh yang paling sensitif. Kurangnya perawatan pada wajah atau bahkan keliru merawat wajah dengan baik maka permasalahan seperti wajahbruntusan bisa saja terjadi.

Ya, selain jerawat dan komedo kondisi wajah yang bruntusan akan tentu membuat anda tidak percaya diri dengan kondisi ini. Bruntusan biasanya menyerang bagian dahi dengan bintik-bintik timbul seperti jerawat. Namun tak perlu khawatir di bawah ini adalah 5 cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan mudah. Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam

5 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Agar bruntusan yang ada pada wajah tidak semakin parah, sebenarnya masalah ini bisa diatasi dengan beberapa cara alami yang bisa anda lakukan di rumah. Di bawah ini adalah beberapa daftar bahan alami sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah.

Atasi dengan Es Batu

5 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Bahan alami pertama yang dapat anda manfaatkan untuk mengatasi bruntusan pada wajah adalah dengan mencobanya menggunakan es batu. Penggunaan es batu bermanfaat untuk mengurangi kehadiran bruntusan yang parah. Hal ini dikarenakan sensasi dingin yang dihasilkan oleh es batu akan juga bekerja untuk mengurangi perasaan gatal yang ditimbulkan akibat bruntusan.

Selain bermanfaat untuk mengatasi bruntusan, penggunaan es batu biasanya juga dimanfaatkan untuk mengempiskan jerawat yang membengkak. Nah, mengingat kondisi bruntusan umumnya tidak separah dengan jerawat maka bahan ini akan tentu ampuh untuk dimanfaatkan.

  • Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menyiapkan es batu dan menghancurkan sehingga menjadi beberapa bagian.
  • Kemudian siapkan lap atau kain yang bersih dan masukkan es ke dalamnya. Selanjutnya silahkan tutupi dengan merata.
  • Aplikasikan pada bagian wajah yang terkena dengan bruntusan. Lakukan pula penekanan yang lembut agar anda merasa lebih nyaman.
  • Lakukan proses ini selama kurang lebih 10 menit agar hasilnya meresap dengan merata.

Coba Manfaat Madu

5 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Masih seputar bahan alami yang mudah didapatkan, anda bisa mencoba manfaat madu untuk menghilangkan bruntusan di wajah. Madu telah sejak dulu dikenal punya khasiat yang banyak untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan juga kecantikan.

Salah satunya adalah untuk mengatasi bruntusan mengganggu yang menyerang bagian wajah. Bahkan digadang-gadang manfaat dari madu dapat meredakan bruntusan dengan waktu semalaman saja. Wah, anda tentu bisa meredakan masalah ini dengan lebih cepat tentunya.

Tak hanya itu, madu juga punya sifat anti-inflamasi yang akan dapat meredakan peradangan. Sehingga tak hanya baik untuk menghilangkan bruntusan. Namun bahan ini pun akan efektif membantu meredakan jerawat yang meradang.

  • Cara yang dapat dilakukan untuk membuat ramuan madu guna menghilangkan bruntusan adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah wadah bersih. Kemudian siapkan pula sebuah kapas sebagai aplikator yang bisa anda gunakan.
  • Kucurkan madu dalam wadah kira-kira 1 sendok makan saja. Lalu oleskan pada bagian wajah yang terkena dengan bruntusan secara merata.
  • Diamkan sampai kering, kemudian anda bisa membilasnya menggunakan air bersih dengan merata.

Gunakan Teh Hijau

5 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Bahan alami selanjutnya yang akan dapat anda manfaatkan khasiatnya adalah teh hijau. Teh hijau sudah sejak lama dimanfaatkan masyarakat Cina sebagai salah satu rahasia kecantikan alami. Selain bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap ideal, konsumsi teh hijau ternyata baik pula untuk kecantikan. Bahkan bila anda membuat ramuan sendiri dari teh hijau, salah satu manfaatnya bisa untuk meredakan kehadiran bruntusan yang ada pada wajah.

Manfaat dari bahan alami ini akan tentu lebih aman sebab bebas dari efek samping yang berbahaya. Selain itu, harganya pun cukup ekonomis dibandingkan dengan melakukan perawatan wajah ke salon atau dokter kecantikan. Hanya saja, karena bahan yang digunakan adalah bahan alami biasanya untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal anda perlu rutin menggunakannya. Artikel menarik lainnya; 7 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat

  • Cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan bahan teh hijau untuk menghilangkan bruntusan adalah dengan menyiapkan teh hijau alami kira-kira sebanyak 1 sendok teh.
  • Kemudian seduh teh hijau dengan menggunakan air hangat sebanyak 1 gelas. Ambil kapas dan celupkan ke dalam seduhan teh tersebut.
  • Lalu aplikasikan pada bagian wajah dengan merata terutama di bagian yang mengalami bruntusan. Manfaat antioksidan yang ada dalam teh hijau pun baik untuk menangkal radikal bebas.

Hilangkan dengan Tomat

5 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Siapa menyangka bahwa bahan baku makanan yang satu ini punya manfaat yang sangat baik untuk menghilangkan bruntusan di wajah. Hal ini dikarenakan kayanya kandungan nutrisi pada buah tomat akan dapat bermanfaat baik untuk kulit yang mengalami masalah seperti bruntusan.

Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalam tomat akan bermanafaat sangat baik untuk memelihara kecantikan wajah. Tak hanya diracik menjadi masker atau produk kecantikan dari luar. Anda pun dapat mengolah tomat menjadi aneka makanan atau minuman yang bisa dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Cara pembuatan masker tomat untuk menghilangkan bruntusan pada umumnya sangat mudah dan sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan satu sampai dengan 2 buah tomat.
  • Lalu haluskan dengan menggunakan mesin blender.
  • Setelah halus baru tuangkan dalam wadah dan aplikasikan pada wajah sebagai masker alami.

Untuk hasil yang lebih maksimal perawatan ini dapat anda lakukan 2 sampai dengan 3 kali dalam satu minggu. Namun pastikan pula sebelumnya anda mencuci wajah terlebih dahulu agar penggunaan masker tidak bertumpuk dengan kotoran pada wajah.

Gunakan Lemon dan Putih Telur

5 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Dua kombinasi bahan alami yakni putih telur dan lemon akan bisa anda manfaatkan untuk mengatasi bruntusan yang hadir pada bagian wajah. Selain murah, kedua bahan ini umumnya mudah ditemukan sehingga pembuatan bahan alami untuk kecantikan ini tidak akan terlalu merepotkan untuk dibuat.

Lemon punya kandungan vitamin C yang sangat baik untuk mencerahkan kulit dan memelihara nutrisi pada kulit. Sementara putih telur bermanfaat untuk mengencangkan kulit, menghilangkan komedo putih dan bahkan menghaluskan permukaan kulit. Dengan begini permasalahan seperti bruntusan pun dapat diatasi hanya dengan menggunakan dua bahan alami ini.

  • Pembuatannya pun cukup mudah dan sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan satu buah lemon dan satu putih telur.
  • Masukkan dalam wadah dan aduk dengan merata sampai semuanya tercampur.
  • Lalu setelah itu, silahkan gunakan kuas dan aplikasikan dengan media tersebut pada bagian wajah yang terkena dengan bruntusan. Oleskan dengan merata.
  • Diamkan sampai kering, baru setelah itu bilas wajah anda dengan menggunakan air bersih dan cuci wajah seperti biasa.

Leave a Reply