Penting! Ketahui 6 Panduan Cara Menggosok Gigi yang Benar

Penting! Ketahui 6 Panduan Cara Menggosok Gigi yang Benar – Hampir semua orang setuju bahwa menggosok gigi adalah hal yang penting. Namun tidak banyak yang paham seberapa penting kegiatan ini dilakukan. Mari ketahui panduan cara menggosok gigi yang benar.

Salah satu upaya mendasar dan utama dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah rajin menggosok gigi secara rutin. Tak hanya membuat gigi menjadi bersih dan membuat napas menjadi lebih segar. Cara menggosok gigi yang benar dapat pula mengurangi risiko terjadinya penyakit gusi, mengurangi risiko terhadap gigi sensitif dan juga mencegah terjadinya kerusakan gigi.

Untuknya, dalam bahasan kali ini kami akan beberkan panduan cara menggosok gigi yang benar untuk anda. Penasaran seperti apa? Mari simak informasinya di bawah ini. Baca juga: 5 Cara Memutihkan Baju Putih dan Menghilangkan Noda

Ketahui 6 Panduan Cara Menggosok Gigi yang Benar

Menyikat gigi baiknya dilakukan secara rutin sebagai usaha mendasar untuk merawat kesehatan gigi dan mulut. Idealnya, gosok gigi dilakukan dua kali sehari, yakni setelah sarapan dan sebelum menjelang tidur di malam hari atau waktu-waktu setelah menyantap makanan untuk mencegah tumpukan kotoran yang bersarang pada gigi dan mulut. Di bawah ini adalah panduan cara menggosok gigi yang benar.

Perhatikan Posisi Sikat Gigi

Penting! 6 Ketahui Panduan Cara Menggosok Gigi yang Benar

Semua orang tentu tahu cara menggosok gigi namun belum tentu semua paham bagaimana cara menggosok gigi yang benar. Yang mana tentunya cara ini akan mencegah anda dari kerusakan pada gigi dan mulut. Untuknya sebagai langkah awal mengetahui panduan cara menggosok gigi yang benar adalah memperhatikan posisi sikat gigi anda.

Hal ini menjadi pedoman yang penting agar proses menggosok gigi bisa berjalan dengan baik dan bekerja menghilangkan kotoran juga membersihkan bagian gigi dan mulut anda dengan menyeluruh.

  • Genggam sikat gigi anda baik menggunakan tangan kanan atau tangan kiri silahkan tentukan mana yang membuat anda merasa nyaman.
  • Kemudian letakkan bagian bulu sikat gigi di permukaan gigi dekat dengan bagian tepi gusi.
  • Posisikan sikat gigi agak miring dengan kemiringan kira-kira 45 derajat. Dengan posisi ini maka anda tidak menempelkan seluruh bagian permukaan bulu sikat di bagian gigi.

Mulai Menggosok Gigi

Penting! 6 Ketahui Panduan Cara Menggosok Gigi yang Benar

Apalagi posisi sikat gigi sudah diperbaiki maka langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mulai menggosok gigi anda. Tekhnik penggosokkan gigi pun tidak dapat dilakukan dengan sembarang. Bahkan ketika anda merasa sudah menggosok gigi dengan benar, selalu ada ruang untuk meningkatkan cara tersebut agar lebih baik.

  • Mulailah menyikat gigi anda dari bagian depan gigi pada salah satu sisi mulut anda.
  • Gerakan menyikat gigi sebaiknya tidak maju mundur melainkan melingkar untuk memastikan kotoran yang terjebak di sela gigi dapat dibersihkan.
  • Lakukan selama kurang lebih 20 detik.
  • Apabila bagian gigi depan anda sudah bersih dengan merata. Maka lanjutkan ke bagian lainnya yakni di bagian belakang, sisi atas dan bawah.
  • Pada sisi atas dan bawah ini mungkin gerakan maju mundur akan lebih gampang dilakukan. Namun sebaiknya lakukan perlahan agar tidak sampai melukai bagian gusi.
  • Perhatikan pula beberapa bagian yang seringkali luput dari perhatian yang mana bagian inilah yang seringkali menjadi tempat menumpuknya plak dan karang gigi. Yakni pada bagian dalam gigi seri baik di bagian atasnya ataupun bawahnya.
  • Sikat bagian dalam gigi seri dengan memegang sikat gigi secara vertikal. Lakukan dengan perlahan.

Bersihkan Bagian Lidah

Penting! 6 Ketahui Panduan Cara Menggosok Gigi yang Benar

Untuk membersihkan bagian gigi dan mulut, hanya menyikat bagian gigi saja tidak cukup membersihkannya secara keseluruhan. Bagian lidah seringkali menjadi bagian yang dilewatkan yang mana ini sebenarnya bagian yang sama pentingnya dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Untuknya, setelah menggosok gigi pastikan anda membersihkan juga bagian lidah. Bagian lidah bisa dibersihkan dengan menggunakan tongue scraper. Alat ini memungkinkan kotoran yang ada pada lidah termasuk bercak putih penyebab bau mulut bisa diangkat dengan baik.

  • Adapun cara menggunakan alat ini adalah dengan membuka mulut anda setelah menggosok gigi dengan merata.
  • Lalu julurkan lidah dengan perlahan dan letakkan alat tersebut pada bagian belakang lidah.
  • Kemudian tarik dengan perlahan hingga mencapai ujung lidah dibagian depan.
  • Ulangi cara ini selama beberapa kali sampai kotoran terangkat dan lidah bebas dari bercak putih.

Artikel menarik: 7 Cara Mengatasi Ngantuk di Siang Hari

Jangan Lupa Gunakan Floss

Penting! 6 Ketahui Panduan Cara Menggosok Gigi yang Benar

Terkadang kotoran pada gigi tidak seluruhnya dapat dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi biasa. Tanpa kita sadari, bekas makanan atau kotoran yang terjebak di sela gigi akan menumpuk dan menjadi masalah yang memicu permasalahan pada gigi yang fatal.

Nah, untuk menjangkau kotoran yang terjebak di bagian sela gigi yang sempit. Penggunaan benang gigi atau floss akan sangat membantu anda. Benang gigi bisa anda temui di toko obat atau supermarket.

  • Cara penggunaan benang gigi cukup mudah anda hanya perlu memegang bagian masing-masing ujung dengan tangan.
  • Kemudian selipkan benang di sela-sela gigi yang terdapat kotoran.
  • Tarik ke atas dengan perlahan dan lakukan cara yang sama pada bagian sela gigi lainnya.

Berkumur

Penting! 6 Ketahui Panduan Cara Menggosok Gigi yang Benar

Serangkaian pedoman cara menggosok gigi yang benar memang cukup banyak akan tetapi ini tidak seberapa dibandingkan ancaman keluhan pada gigi akibat dari asal-asalan menggosok gigi. Setelah selesai menggunakan floss, anda masih perlu berkumur untuk benar-benar memastikan kotoran dan bakteri yang ada pada mulut dibersihkan dengan cairan kumur.

Penting diperhatikan pemilihan obat kumur yang digunakan pun sebaiknya tidak dipilih dengan sembarangan. Hindari menggunakan obat kumur dengan kandungan alkohol. Sebaiknya, gunakanlah obat kumur yang diformulasikan sesuai dengan keluhan yang anda alami pada gigi. Contohnya, obat kumur untuk bau mulut atau untuk gigi sensitif.

  • Caranya adalah dengan menuangkan kira-kira satu tutup botol cairan kumur.
  • Kemudian tenggak dan simpan dalam mulut serta hati-hari tertelan. Kumur dengan kuat dan cepat untuk mengeluarkan kotoran yang terjebak di sela mulut.
  • Lakukan proses ini selama 1 sampai 2 menit.
  • Lalu buang dan bilas dengan air bersih.

Hindari Menyikat Gigi Terlalu Keras

Penting! 6 Ketahui Panduan Cara Menggosok Gigi yang Benar

Perlu dipahami dengan baik bahwa menggosok gigi yang baik dan benar tidak terletak dari seberapa besar tekanan yang anda berikan sewaktu menggosoknya. Namun kualitas gosokannya itu sendiri yang menentukan kotoran dan sisa makanan mampu atau tidak dijangkau oleh sikat gigi sehingga tidak dibiarkan terjebak di dalamnya.

Oleh karenanya, sewaktu menggosok gigi sebaiknya hindari menyikat gigi dengan terlalu keras. Sebab ini akan dapat berpotensi membuat gusi berdarah dan mengakibatkan bagian tersebut meradang. Selain itu, perhatikan pula untuk tidak terburu-buru sebab ini akan berisiko membuat bagian mulut dan gigi anda terluka. Menyikat gigi dengan terlalu terburu-buru pun akan cenderung membuat gigi dan mulut tidak bersih.

  • Adapun durasi menggosok gigi yang disarankan adalah sekitar 2 menit.
  • Pastikan pula sisa makanan dikeluarkan dengan baik sehingga tidak menumpuk dan menyebabkan karang atau plak gigi berkembang biak dalam gigi anda.
  • Untuk mengetahui apakah anda sudah menggosok gigi dengan bersih atau belum. Anda bisa menggosokkan jari pada bagian gigi. Apalagi gigi terasa lembut maka ini berarti anda sudah bersih menggosoknya.

Anda mungkin tertarik: Cantik Seutuhnya dengan 5 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

Leave a Reply