Cara Mengatasi Kecanduan Narkoba

Cara Mengatasi Kecanduan Narkoba

Cara Mengatasi Kecanduan Narkoba – Narkoba merupakan obat-obatan berbahaya yang akan dapat memberikan efek kecanduan bagi para penggunanya. Untuk menghentikan kecanduan tersebut semakin sulit jika para penggunanya telah menggunakan dosis tinggi.

Adapun beberapa ciri seseorang mengalami kecanduan narkoba yaitu menarik diri dan menyimpan rahasia dari orang lain, masalah pada pekerjaan atau tugas sekolah, hilangnya minat terhadap kegiatan yang dulunya disukai, nekat melakukan berbagai cara supaya bisa mendapatkan narkoba, mudah gelisah, cemas dan marah-marah, mengalami perubahan terhadap pola tidur dan lain sebagainya.

Tidak hanya membuat kecanduan, namun narkoba juga akan dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya untuk kesehatan, bahkan dapat menyebabkan kualitas hidup terganggu. Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecanduan narkoba yaitu dengan rehabilitasi.

Cara Mengatasi Kecanduan Narkoba

Orang yang sudah kecanduan narkoba tidak dapat berhenti begitu saja. Hal itu disebabkan karena narkoba sudah mempengaruhi otaknya. Nah, berikut ini beberapa langkah yang harus dijalankan sebagai cara mengatasi kecanduan narkoba.

Pemeriksaan

Langkah pertama yaitu melakukan pemeriksaan. Sebelum melakukan rehabilitasi, para pengguna narkoba terlebih dahulu harus menjalankan pemeriksaan. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui berapa jauh kecanduan yang mereka alami, serta mengetahui apakah ada efek sampingnya atau tidak. Apabila pecandu narkoba mengalami depresi atau gangguan perilaku, efek tersebut akan disembuhkan oleh terapis kemudian setelah itu melakukan rehabilitasi.

Detoksifikasi

Cara selanjutnya yaitu detoksifikasi. Ditahapan ini pengguna narkoba harus sepenuhnya berhenti memakai obat berbahaya tersebut. Tahapan ini menjadi salah satu tahapan yang berat karena akan merasakan beberapa reaksi seperti mual sampai sakit badan. Selain itu, tekanan akan dirasakan oleh pecandu sebab tidak ada asupan obat penenang.

Efek tersebut akan diringankan, dimana dokter akan memberikan obat. Pecandu juga diharuskan minum air yang banyak supaya tidak mengalami dehidrasi dan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar kondisi tubuh dapat pulih. Dimana proses ini lamanya bergantung sesuai tingkat kecanduan dan tekad dari pecandu.

Stabilisasi

Jika proses detoksifikasi sudah selesai dilewati, kemudian langkah selanjutnya yaitu stabilisasi. Tujuan dilakukannya tahap ini yaitu untuk pemulihan jangka panjang. Ditahap stabilisasi ini, para pecandu narkoba diikutkan berbagai aktivitas yang dapat membantu proses pemulihan seperti konseling, pembinaan spiritual atau psikoterapi untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab kecanduan, serta mencari cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Selain itu, para pengguna juga dapat bergabung dengan kelompok lainnya supaya bisa berbagi pengalaman dan mendapatkan dukungan maupun motivasi dari anggota yang lainnya.

After Care

After care merupakan tahap akhir dari rehabilitasi narkoba. Ditahapan ini para pengguna akan diberikan aktivitas sesuai dengan minat bakat untuk mengisi kegiatan sehari-hari. Apabila sudah sembuh, kemudian pengguna dapat pulang dan bisa kembali pada kehidupan normal. Hanya saja, mereka tetap membutuhkan pengawasan dari BNN serta pemeriksaan dengan berkala.

Nah, salah satu pusat rehabilitasi untuk korban penyalahgunaan narkoba yaitu Ashefa Griya Pusaka. Pusat rehabilitasi ini mempunyai komitmen membantu para pengguna agar bisa kembali pulih, produktif serta pengembangan diri. Ashefa Griya Pusaka merupakan tempat rehabilitasi swasta dengan program yang dijalankan dibantu oleh tenaga ahli pada bidangnya agar pasien menjadi lebih baik lagi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.