Cara Menanam Bunga Mawar dengan Batang yang Mudah dan Berhasil

Cara Menanam Bunga Mawar dengan Batang yang Mudah dan Berhasil – Bagi para pecinta tanaman, mawar menjadi salah satu bunga yang wajib hadir menghiasi taman rumah mereka. Sayangnya, tidak banyak yang tahu bahwa cara menanam bunga mawar yang baik akan menentukan keberhasilan dari bercocok tanam bunga cantik yang satu ini. Di bawah ini adalah tata cara yang bisa anda simak untuk menanam bunga mawar dari batang stek.

Mawar menjadi salah satu bagian produk pertanian dengan tampilan cantik yang wajib dimiliki, terutama bagi mereka para pecinta kegiatan bercocok tanam atau gardening. Betapa tidak, bunga dengan rupa yang elegan dan romantis ini tak pernah gagal membuat tampilan taman di halaman rumah terlihat anggun dan mempesona.

Bagi anda para pemula yang ingin menanam bunga mawar, berikut ini adalah beberapa cara menanam bunga mawar dari batang stek. Penasaran seperti apa? Simak langsung informasinya. Baca juga: Cara Membuat Sabun Mandi dari Bahan Alami

Cara Menanam Bunga Mawar dengan Batang

Peralatan yang Perlu Disiapkan

  • Pisau atau gunting tanaman
  • Satu toples air
  • Pot atau wadah tanam lainnya
  • Hormon penumbuh akar atau ZPT (opsional)
  • Pensil atau ranting pohon.
  • Media tanam (tanah, pupuk kandang, kompos – 1:1:1)

Tata Cara Penanaman

Ada beberapa langkah penanaman yang perlu anda perhatikan dengan baik. Cara di bawah ini akan memandu anda agar tanaman bunga mawar yang didapat dari batang stek bisa tumbuh subur dan cantik di rumah anda.

Memotong Batang

Cara Menanam Bunga Mawar dengan Batang yang Mudah dan Berhasil

Langkah pertama adalah dengan memotong terlebih dahulu batang pohon mawar dengan panjang sekitar 15 sampai dengan 20 cm. Anda bisa menggunakan gunting atau dengan pisau khusus tanaman yang tajam. Ingat pemilihan alat potong batang akan memudahkan anda untuk memotong batang dengan halus. Selain itu, media pemotong yang tajam akan pula mempercepat proses pemotongan dengan lebih baik. Jangan lupa pula untuk memastikan media potong yang anda gunakan bersih dan steril.

Celupkan Dalam Air

Cara Menanam Bunga Mawar dengan Batang yang Mudah dan Berhasil

Setelah selesai, maka siapkan air di dalam wadah. Sebelum mawar ditancapkan ke media tanam silahkan celupkan terlebih dahulu  ke dalam air. Cara ini dilakukan agar tanaman mawar selalu dalam keadaan segar. Cara ini dilakukan untuk mempersempit peluang kegagalan dalam menumbuhkan tanaman bunga cantik yang satu ini. Artikel menarik lainnya: 5 Cara Membersihkan Kacamata Yang Tepat Tanpa Menggores Lensa

Lubangi Pot

Cara Menanam Bunga Mawar dengan Batang yang Mudah dan Berhasil

Bila sudah dicelup, silahkan sisihkan terlebih dahulu. Silahkan beralih pada media tanam yakni pot. Buat lubang pada pot menggunakan pensil atau ranting pohon. Lakukan dengan hati-hati dan pastikan lubang yang anda buat dalam keadaan rapi. Agar ketika dipajang nanti tampilannya dalam keadaan cantik. Upayakan pula kedalaman yang dibuat tingginya kurang dari tinggi ukuran batang mawar yang sudah anda potong sebelumnya. Gunting pula daun-daun yang ada pada batang sebelum anda menancapkannya ke dalam pot.

Masukkan Tanah

Cara Menanam Bunga Mawar dengan Batang yang Mudah dan Berhasil

Masukkan tanah ke dalam pot dengan perlahan dan pastikan tidak memenuhi bagian permukaan pot. Sisakan sedikit bagian agar nantinya tanah yang anda masukkan tidak sesak dan menghindari pula tanah yang berhamburan keluar.

Tancapkan Batang

Cara Menanam Bunga Mawar dengan Batang yang Mudah dan Berhasil

Baru kemudian tancapkan batang mawar ke dalam media tanam dan lakukan dengan perlahan. Anda bisa menambahkan hormon penyubur pada bagian dasar akar atau lubang tanah yang anda buat sebelumnya. Tujuannya adalah untuk mempercepat pertumbuhan dari akar sehingga lebih kuat menancap pada media tanam.

Siram dan Berikan Penyubur

Sirami pula dengan teratur untuk memastikan agar tanaman bunga mawar anda tidak kekurangan air. Perlu diketahui, kekurangan air akan dapat menghambat pertumbuhan dari tanaman yang anda tanam. Minimal sehari sekali disiram dengan menggunakan air secara merata.

Tips Menanam Bunga Mawar dengan Batang

Tips seringkali menjadi panduan informasi penting yang perlu diketahui untuk menunjang keberhasilan dari proses yang anda lakukan. Termasuk dalam menanam bunga mawar kali ini. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar tanaman bunga mawar yang anda buat dapat berhasil dan tumbuh subur menghasilkan aneka bunga yang cantik.

Lakukan Proses Penanaman Pagi Hari

Cara Menanam Bunga Mawar dengan Batang yang Mudah dan Berhasil

Hal penting pertama yang perlu anda perhatikan dengan baik dalam penanaman bunga mawar adalah masalah waktu. Sebaiknya, lakukan proses penanaman bunga mawar pada saat pagi hari. Hal ini dikarenakan pada saat pagi hari membuat batang yang akan ditanam dalam keadaan yang  masih segar. Selain itu, pagi hari biasanya matahari tidak akan terlalu menyengat yang mana hal ini akan baik mempengaruhi proses pertumbuhan tanaman yang anda tanam.

Gunakan Pemotong yang Steril

Cara Menanam Bunga Mawar dengan Batang yang Mudah dan Berhasil

Mungkin banyak dari anda yang tidak menyadari atau mungkin menyepelekan media pemotong batang bunga mawar yang digunakan. Hal inilah yang bisa menjadi salah satu faktor mengapa tanaman mawar anda tidak tumbuh dengan subur.

Sebaiknya gunakan media pemotong yang steril atau bersih. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mensterilkan alat pemotong ini adalah dengan menyiramkan atau merendamnya sebentar dengan menggunakan alkohol sebelum digunakan.

Garap Tanah dengan Baik

Cara Menanam Bunga Mawar dengan Batang yang Mudah dan Berhasil

Proses penanaman tumbuhan termasuk bunga mawar tak selesai hanya sampai anda berhasil menancapkan batangnya dengan tegak. Namun andapun perlu untuk menggarap dengan baik tanah sekitaran lokasi penanaman. Penggunaan tanah gembur dengan metode drainase yang baik akan tentu mempengaruhi pertumbuhan bunga mawar yang subur.

Leave a Reply