Cara Membuat Sabun Mandi dari Bahan Alami

Cara Membuat Sabun Mandi dari Bahan Alami – Sabun mandi adalah kebutuhan semua orang, tak heran bila ada banyak produk sabun mandi yang hampir tak pernah sepi pembeli. Sabun biasa yang dijual di pasaran biasanya mengandung bahan-bahan yang kurang baik untuk kesehatan kulit. Untuknya, cara membuat sabun mandi dari bahan alami di bawah ini akan menarik untuk disimak.

Salah satu hal yang menarik dari meracik sendiri sabun mandi adalah anda bisa menyesuaikan sendiri bahan-bahan apa saja yang ingin anda sertakan di dalamnya. Selain itu, pembuatan sabun mandi rumahan ala sendiri akan tentu memungkinkan anda untuk menyesuaikan kandungan sabun dengan kebutuhan kulit anda. Sehingga selain wangi dan enak digunakan, tentunya sabun mandi anda lebih sehat. Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo dengan Cepat dan Alami

Cara Membuat Sabun Mandi dari Bahan Alami

Sebelum membuat sabun mandi ada beberapa bahan yang perlu anda persiapkan terlebih dahulu. Selain itu, informasi mengenai perlengkapan yang perlu anda siapkan pun menjadi panduan penting untuk disimak dengan baik.

Bahan-Bahan:

  • 190 gr Air distilasi
  • 150gr Coconut oil
  • 250 gr Olive oil
  • 65gr Rice bran oil
  • 70 gr NaOH / Soda api
  • 1 sdm madu hutan
  • 1 sdm Oatmeal (dihaluskan)
  • 35gr Castor oil
  • 1 sendok stainless

Perlengkapan yang Dibutuhkan:

  • Bubble wrap
  • Hand Blender
  • Gelas ukur
  • Cetakan Sabun
  • Hand gloves + Kacamata pelindung

Langkah Pembuatan:

Berikut ini adalah langkah yang bisa anda ikuti untuk membuat sabun mandi alami ala rumahan.

Persiapan

Cara Membuat Sabun Mandi dari Bahan Alami

 

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menyiapkan gelas takar atau gelas ukur. Kemudian tuangkan ke dalamnya semua bahan-bahan minyak yang anda sediakan. Bila anda kesulitan mendapatkan salah satu bahan minyak maka tidak masalah. Anda bisa menggunakan bahan minyak yang ada dan tidak perlu terlalu lengkap.

Pencampuran Soda Api

Cara Membuat Sabun Mandi dari Bahan Alami

Langkah selanjutnya silahkan masukkan soda api ke dalam air. Ingat perlu diperhatikan keberhasilan dan keselamatan dari pembuatan sabun mandi kali ini adalah mencampurkan soda api ke dalam api, bukan sebaliknya. Maka dari itu, simak dengan baik dan lakukan dengan hati-hati. Bila sudah selesai kemudian diamkan sebentar agar suhunya menjadi lebih turun pada suhu ruangan.

Campurkan Air Soda Api dengan Minyak

Cara Membuat Sabun Mandi dari Bahan Alami

Masukan campuran air soda api tersebut ke dalam campuran minyak dengan merata. Seperti sebelumnya lakukan dengan hati-hati dan pastikan anda menggunakan peralatan pelindung anda selalu.

Aduk Merata

Cara Membuat Sabun Mandi dari Bahan Alami

Aduk semua bahan ini dengan merata sampai adonan menjadi lebih mengental atau yang lebih dikenal dengan istilah trace sampai adonan berubah menjadi seputih susu dan merata.

Tuangkan Oat dan Madu

Cara Membuat Sabun Mandi dari Bahan Alami

Baru setelah itu, anda akan dapat menuangkan madu hutan bersama dengan oat yang sebelumnya sudah anda siapkan dengan merata. Lakukan dengan bergantian dan perlahan sampai semua bahan ini tertuang dengan merata.

Cetak

Cara Membuat Sabun Mandi dari Bahan Alami

Aduk kembali adonan dengan merata dan masukkan ke dalam cetakan sabun yang sudah anda persiapkan. Lakukan cara ini dengan hati-hati agar bahan adonan sabun tidak tumpah atau berantakan yang dikhawatirkan akan bercecer dan tercampur dengan peralatan lainnya disekitar.

Bentuk dengan Bubble Wrap

Cara Membuat Sabun Mandi dari Bahan Alami

Untuk memberikan tekstur dan sentuhan menarik pada bentuk sabun maka anda bisa menaruh plastik wrap yang dihamparkan dengan merata. Nantinya, bentuk ini akan memberikan kesan seperti bentuk sarang lebah yang lebih cantik.

Sabun Siap Didiamkan

Cara Membuat Sabun Mandi dari Bahan Alami

Terakhir anda akan dapat mendiamkannya selama 24 jam sampai mengeras dengan sendirinya. Baru setelah itu, silahkan potong sabun dengan ukuran yang anda inginkan. Kemudian keringkan dengan proses curing pada suhu ruangan selama kurang lebih 4 sampai dengan 6 minggu sebelum nantinya bisa anda gunakan.

Berikut video pembuatan sabun yang dapat anda simak

Leave a Reply