4 Langkah Cara Membuat Kerajinan dari Sabun Berbentuk Asbak

4 Langkah  Cara Membuat Kerajinan dari Sabun Berbentuk Asbak – Mengkreasikan sabun batang menjadi kerajinan yang cantik akan menjadi bahasan yang menyenangkan. Selain bisa memberikan edukasi yang baru untuk anak di masa pandemi seperti saat ini. Tentunya hal ini bisa mengisi waktu luang anda bersama dengan keluarga. Mari simak cara membuat kerajinan dari sabun berbentuk asbak.

Dalam bahasan kali ini kita akan pelajari cara membuat kerajinan dari sabun berbentuk asbak. Asbak adalah salah satu peralatan rumah tangga yang umumnya digunakan kaum lelaki untuk menampung abu rokok. Biasanya material yang digunakan untuk membuat asbak adalah sesuatu yang tahan panas seperti melamin, stainless dan bahan lainnya.

Nah, padakesempatan kali ini kita akan buat asbak dari sabun batang. Selain unik tentunya ini bisa menjadi kerajinan yang bisa anda ajarkan pada si kecil untuk mengisi waktu luang di tengah pandemi seperti ini. Pengerjaannya cukup mudah dan sederhana dan bahan-bahan atau peralatan yang dibutuhkan pun hanya sabun dan sebuah pisau. Baca juga: Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel Hanya 5 Menit

4 Langkah  Cara Membuat Kerajinan dari Sabun Berbentuk Asbak

Nah, untuk mengetahui cara membuat kerajinan dari sabun bentuk asbak kali ini maka langkah di bawah ini bisa anda simak dengan baik. Namun sebelumnya, kita simak terlebih dahulu apa saja sih peralatan yang akan dibutuhkan. Inilah dia beberapa peralatan yang harus disediakan dalam pembuatan asbak dari sabun batang.

Peralatan yang Harus Disiapkan

Sebelum terburu mengetahui cara membuat kerajinan dari sabun berbentuk asbak kali ini. Sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja peralatan yang harus anda siapkan.

  • Sabun batang
  • Pisau ukir/pisau biasa

Langkah Pembuatan Asbak dari Sabun Batang

Nah, apabila persiapan di atas sudah dicatat maka kini anda akan bisa menyimak pembuatan asbak dari sabun batang kali ini. Mari simak langkah demi langkahnya di bawah ini.

Haluskan Bagian Pinggir Sabun

4 Langkah Cara Membuat Kerajinan dari Sabun Berbentuk Asbak

Hal pertama yang dapat anda gunakan adalah dengan menghaluskan bagian pinggir sabun batang dengan menggunakan pisau. Cara ini dilakukan untuk memastikan bentukan asbak yang akan kita buat kali ini dibuat dengan sempurna. Apalagi biasanya model sabun batang selalu hadir dengan garis yang terdapat dibagian pinggir mengelilingi bentuk sabun. Nah, garis ini harus disamarkan dengan menggunakan pisau. Caranya dapat anda simak di bawah ini.

  • Sediakan pisau ukir dan pastikan pisau dalam keadaan bersih juga tajam.
  • Selanjutnya ambil dan buang kemasan sabun.
  • Kemudian pegang dengan salah satu tangan anda.
  • Kerik bagian pinggirnya dengan merata untuk memastikan garis dibagian ini disamarkan.

Artikel menarik: 5 Tips Belajar Cara Menjahit Untuk Pemula

Buat Lubang di Bagian Tengah

4 Langkah Cara Membuat Kerajinan dari Sabun Berbentuk Asbak

Langkah selanjutnya sebagai cara membuat kerajinan tangan dari sabun berbentuk asbak adalah dengan mulai membuat lubang di bagian tengah dengan bentuk cekung. Dimana nantinya lubang inilah yang akan digunakan untuk abu dari sisa pembakaran rokok.

  • Caranya dapat anda lakukan dengan mulai mengukir garis mengikuti bentuk sabun di bagian tengah.
  • Lakukan dengan perlahan dan hati-hati agar tidak mengenai tangan anda.
  • Kemudian kerik bagian dalamnya sampai benar-benar terlihat bentukan lubang yang anda buat.
  • Jangan buat lubang terlalu dalam sebab nantinya dikhawatirkan membuat sabun menjadi bolong sampai ke bagian dasar.

Proses Perataan Bagian Samping

4 Langkah Cara Membuat Kerajinan dari Sabun Berbentuk Asbak

Nah, setelah selesai melubangi bagian tengah sabun dengan ukuran yang sesuai. Kemudian anda hanya perlu meratakan bagian pinggirnya. Cara ini dilakukan untuk membuat permukaan pada bagian lubang terlihat lebih halus.

  • Setelah itu, kemudian bagian pinggir sabun pun diratakan dengan memotongnya menggunakan pisau. Bagian ini dibentuk agar tampilannya lebih seperti bentuk asbak.
  • Caranya adalah dengan memotong bagian pinggir menggunakan pisau.
  • Lakukan pula hal yang sama pada bagian ujung lainnya hingga ukuran atau jaraknya terlihat sama.
  • Selanjutnya bagian masing-masing ujungnya dibentuk agar miring. Gunakan pisau untuk melakukannya.

Baca juga: 4 Menit Tutorial Cara Membuat Origami Burung Merpati

Buat Potongan di Samping

4 Langkah Cara Membuat Kerajinan dari Sabun Berbentuk Asbak

Karena cara membuat kerajinan dari sabun kali ini berbentuk asbak maka kita akan butuh bagian untuk menyimpan rokok. Bagian ini bisa anda bentuk dengan memotong di bagian samping sebanyak yang anda perlukan. Gunakan pisau untuk memudahkan anda membuatnya. Sementara cara pembuatannya dapat disimak di bawah ini.

  • Ambil pisau dan potong masing-masing di bagian pinggirnya.
  • Buat potongan sesuai dengan kebutuhan anda. Caranya adalah dengan mengikis bagian samping di kedua sisinya yakni kanan dan kiri.
  • Setelah itu, ratakan dengan menggunakan pisau secara merata.
  • Lalu anda akan bisa membuat bagian lain di samping yang berlawanan.

Nah, kini cara membuat kerajinan dari sabun berbentuk asbak sudah selesai anda bisa membuat kerajinan ini untuk digunakan. Namun sebelumnya, diamkan terlebih dahulu selama beberapa hari atau jemur di bawah terik matahari selama beberapa saat. Cara ini dilakukan agar sabun menjadi semakin kering dan kuat digunakan.

Anda mungkin tertarik membaca: 4 Cara Membuat Kerajinan dari Botol Bekas Bentuk Lampu Hias

Catatan Penting:

Dalam pembuatan kerajinan yang satu ini hanya boleh dilakukan oleh anak berusia 10 tahun ke atas. Dan perlu sekali dampingan dari orangtua sebab penggunaan pisau yang dilibatkan dalam pembuatan kerajinan ini akan cukup berbahaya. Kehati-hatian dan panduan dari orangtua menjadi hal penting untuk menjaga agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Tidak diperkenankan dilakukan oleh anak di bawah usia 10 tahun atau balita.

Leave a Reply