Cara Membuat Bubble Tea/Pearl Milk Rumahan

Cara Membuat Bubble Tea/Pearl Milk Rumahan – Minuman kekinian belakangan tengah menjadi gaya hidup untuk sebagian besar orang, terutama masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan. Menikmati secangkir besar minuman manis dengan sensasi dingin yang menyegarkan seringkali syarat wajib untuk menemani aktivitas harian. Sebut saja salah satunya adalah minuman bubble tea.

Bubble tea dikenal pula dengan sebutan pearl milk. Hidangan minuman yang umumnya dicampurkan bersama dengan sajian teh ini memang menjadi campuran yang unik. Teksturnya yang kenyal dan lembut seringkali mengundang sensasi yang nikmat ketika minuman sampai ke mulut.

Nah, bagi anda yang juga pecinta hidangan yang satu ini, anda tentu tahu betul bahwa harga untuk satu cup sajian bubble tea tidaklah murah. Yuk, buat sendiri hidangan bubble tea di rumah, lengkap dengan campuran teh susu yang enak. Penasaran seperti apa cara membuat bubble tea atau pearl milk? Yuk, ketahui cara dibawah ini.

Cara Membuat Bubble Tea/Pearl Milk Rumahan

Mengkreasikan sendiri sajian bubble tea di rumah bisa menjadi kegiatan asyik yang bisa anda lakukan untuk mengisi waktu luang. Terutama ditengah pandemi seperti saat ini. Seperti apa sih cara membuat bubble tea rumahan?

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Ada beberapa bahan yang perlu anda persiapkan sebelum meracik sajian yang satu ini. Pastikan mencatatnya dengan baik agar tidak ada bahan yang tertinggal ya!

Bahan Milk Tea:

  • 300 ml susu full cream
  • 2,5 sdm kental manis
  • Secukupnya teh India

Bahan Bubble Tea:

  • 2 cup tepung tapioka
  • 2/3 cup air (untuk adonan)
  • 1 liter air (untuk merebus)
  • 1/2 cup gula merah

Langkah dan Cara Membuat Bubble Tea/Pearl Milk Rumahan

Merebus Brown Sugar

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membuat bubble teanya terlebih dahulu. Caranya pastikan anda mempersiapkan semua bahan. Kemudian setelah itu, panaskan air dan gula merah di dalam sebuah panci. Aduk merata sampai gula mencair dan larut dengan merata.

Cara Membuat Bubble Tea/Pearl Milk Rumahan

Mencampurkan Tapioca

Bila sudah mendidih kecilkan api pada kompor dan masukkan tepung tapioka secara bertahap sedikit demi sedikit dengan perlahan. Lanjutkan dengan mengaduk semua sajian ini dengan merata.

Cara Membuat Bubble Tea/Pearl Milk Rumahan

Pindahkan Adonan

Setelah tercampur dengan merata maka anda akan dapat memindahkan adonan ini ke dalam wadah dengan bagian permukaan yang lebih rata, seperti misalkan tatakan atau talenan.

Cara Membuat Bubble Tea/Pearl Milk Rumahan

Uleni Adonan

Taburi bagian atasnya dengan tepung tapioka agar adonan tidak lengket. Kemudian uleni sajian ini dengan merata sampai kalis.

Cara Membuat Bubble Tea/Pearl Milk Rumahan

Cetak Adonan

Bila sudah selesai kemudian cetak dengan tangan berbentuk bulat dengan merata. Ukuran diameternya sendiri bisa anda sesuaikan dengan ukuran yang anda inginkan. Selain mencetaknya dengan menggunakan tangan dengan cara dibulat-bulat secara manual, anda pun dapat memotongnya dengan ukuran yang diinginkan. Masukkan ke dalam wadah yang lain dan sisihkan sajian ini dengan merata.

Cara Membuat Bubble Tea/Pearl Milk Rumahan

Rebus Adonan

Apabila adonan sudah dicetak secara keseluruhan maka langkah yang akan dapat anda lakukan adalah dengan mulai merebusnya supaya nantinya tekstur dari bubble tea ini menjadi lebih kenyal dan enak. Caranya siapkan sebuah panci, masukkan air ke dalamnya dan rebus air sampai dengan mendidih dan merata.

Cara Membuat Bubble Tea/Pearl Milk Rumahan

Angkat Adonan

Masukkan sedikit demi sedikit adonan pearl milk yang sudah anda cetak. Tunggu sebentar, bila anda mendapati adonan menjadi mengambang maka itu artinya pearl milk akan siap anda angkat sebab sudah matang dan teksturnya sudah menjadi lebih kenyal. Sebaiknya gunakan saringan pada saat menghangatkan pearl milk yang sudah matang agar airnya terpisah.

Cara Membuat Bubble Tea/Pearl Milk Rumahan

Adonan Siap Saji

Terakhir jika anda merasa pearl milk sudah matang dan telah diangkat, maka matikan api dan saring pearl milk untuk kemudian siram dengan air guna membersihkan kotoran dan memisahkannya agar tidak menggumpal dengan pearl milk yang lainnya.

Cara Membuat Bubble Tea/Pearl Milk Rumahan

Cara Membuat Milk Tea:

  1. Siapkan sebuah gelas atau cup dengan ukuran yang anda inginkan. Lalu campurkan semua bahan ke dalamnya menjadi satu aduk dengan merata sampai tercampur.
  2. Siapkan gelas saji yang baru dan masukkan potongan es batu dengan jumlah sesuai dengan selera anda. Sendokkan bubble tea sesuai keinginan kemudian kucurkan larutan milk tea yang sudah anda buat.
  3. Hidangan milk tea dengan campuran bubble yang kenyal dan enak akan siap untuk anda santap.

Bagaimana mudah dan praktis bukan? Anda bisa menyimpan bubble tea dalam wadah dengan permukaan yang tertutup sehingga nantinya ketika anda membutuhkan sajian ini maka anda hanya perlu memanaskannya dengan cepat. Baca juga: Resep dan Cara Membuat Green Tea Milk yang Enak, Lezat dan Spesial

Tips Penting yang Mungkin Anda Butuhkan

Ada beberapa hal penting yang menjadi kunci agar sajian bubble tea terlihat seperti buatan restoran. Anda mungkin mendapati cairan kental yang terdapat pada bubble tea yang seringkali dilumurkan pada bagian sisi gelas membuat minuman ini terlihat begitu menggoda.

Nah, untuk bisa membuatnya anda akan perlu beberapa tips di bawah ini. Apa sajakah rahasia pembuatan bubble tea enak seperti yang ada di cafe-cafe? Simak dibawah ini.

Tambahkan Brown Sugar

Menikmati bubble tea polos tanpa tambahan brown sugar mungkin membuat anda sedikit kecewa. Pasalnya bisa saja, bubble tea yang dibuat rasanya hambar dan tampilannya kurang menarik hati. Nah, salah satu rahasia penting yang bisa anda lakukan untuk mensiasati hal ini adalah dengan menambahkan brown sugar pada sajian bubble tea yang anda buat.

Lalu kapan penambahan brown sugar tersebut bisa dilakukan? Yakni ketika anda sudah selesai membuat bubble tea yang sudah direbus. Ketika teksturnya sudah menjadi kenyal maka penambahan brown sugar akan dapat membuat aroma dan rasa dari sajian bubble tea ini semakin lezat dan menggoda.

Dari tambahan ini pulalah yang nantinya membuat cairan kental dari bubble tea akan bisa anda lumurkan pada permukaan gelas sehingga ketika disiram dengan milk tea maka tampilannnya akan sama menggodanya seperti yang anda dapati dari bubble milk yang sering anda beli. Artikel menarik lainnya: Cara Membuat Sabun Mandi dari Bahan Alami

Masak dan Racik Kembali

Penambahan brown sugar pada hidangan bubble tea mungkin menjadi kunci andalan untuk menghasilkan aroma dan rasa yang enak. Akan tetapi, tidak selesai sampai disitu, anda pun perlu tahu bagaimana pengolahan yang baik dan benar sehingga racikan cara membuat bubble tea rumangan akan bisa berhasil dilakukan di rumah.

Caranya adalah dengan memasak kembali bubble tea yang sudah direbus dengan menambahkan sejumlah brown sugar ke dalamnya. Jadi ketika sudah selesai merebus, anda akan perlu menyiapkan kembali sebuah wajan atau panci. Masukkan ke dalamnya brown sugar bersama dengan sedikit air dan aduk dengan merata kemudian masak sampai mendidih dan larut.

Baru setelah itu, masukkan bubble tea yang sudah direbus dan aduk dengan merata agar semua bahan ini tercampur. Masak sekitar 5-10 menit sambil sesekali diaduk agar tidak lengket atau gosong. Baru setelah itu, hidangan ini akan siap anda sajikan.

Berikut video contoh membuat bubble tea yang bisa anda simak:

Leave a Reply