5 Cara Membersihkan Kacamata Yang Tepat Tanpa Menggores Lensa

Kacamata merupakan salah satu aksesoris yang digemari oleh banyak orang. Selain fungsi utamanya yaitu sebagai alat bantu penghilatan bagi penderita mata minus atau plus, kacamata sering juga digunakan sebagai aksesoris untuk menunjang penampilan kita sehari-hari.

Saat ini, anda dapat dengan mudah menemukan kacamata dengan beragam model yang dapat disesuaikan dengan selera, personal style, dan bentuk wajah anda. Selain itu material yang digunakan untuk membuat kacamata pun tersedia dalam berbagai pilihan.

cara membersihkan kacamata

Bagian lensa tentunya adalah komponen utama pada setiap produk kacamata, terutama untuk kacamata yang digunakan sebagai alat bantu penglihatan. Jika lensa kacamata kotor atau rusak, tentunya anda akan kehilangan fungsi utama dari kacamata itu sendiri.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu merawat lensa kacamata agar dapat membantu kita dalam beraktifitas sehari-hari. Salah satu langkah perawatan yang wajib kita lakukan adalah menjaga kebersihan lensa kacamata. Dengan lensa yang bersih tentunya kita akan sangat nyaman menggunakannya.

Namun, membersihkan lensa kacamata harus dilakukan dengan hati-hati, karena bisa saja anda menggores lensa kacamata apabila anda tidak melakukannya dengan benar. Lalu, bagaimana cara membersihkan kacamata yang tepat? Simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Membersihkan Kacamata Yang Tepat

Kebanyakan dari kita seringkali membersihkan lensa kacamata dengan menggosokkannya pada baju. Cara membersihkan kacamata tersebut tidaklah tepat karena dapat beresiko menggores lensa kacamata anda. Berikut cara membersihkan kacamata yang dapat anda aplikasikan dengan mudah.

Siapkan Cairan Kacamata atau Air Sabun

cara membersihkan kacamata 1

 

Cairan khusus untuk membersihkan kacamata dapat anda temukan dengan mudah dalam bentuk spray. Dengan cairan ini anda dapat mendapatkan hasil lensa kacamata yang lebih bening. Selain itu, anda juga dapat menggunakan air sabun cuci piring yang lebih efektif dalam membersihkan debu yang menempel pada lensa kacamata anda.

Untuk membuat cairan pembersih kacamata dari sabun, siapkan bahan-bahan berikut:

  • mangkuk kecil
  • 2 hingga 3 tetes sabun cuci piring
  • 3 sdm air bersih
  • air mengalir

Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk membuat cairan pembersih lensa dengan air sabun:

  • Campurkan tetesan air sabun dengan air bersih di dalam mangkuk kecil
  • Aduk semua bahan hingga airnya cukup berbusa

Basahi Lensa Kacamata

cara membersihkan kacamata 2

Langkah kedua adalah membasahi lensa kacamata dengan cairan pembersih atau air sabun. Penggunaan kedua cairan tersebut dapat membersihkan lensa kacamata dari debu dengan sangat efektif. Berikut langkah-langkahnya:

  • Basahi kedua sisi lensa kacamata anda dengan menyemprotkan cairan kacamata atau mengalirkan air sabun pada kedua lensa.
  • Gunakanlah kedua cairan tersebut dengan takaran secukupnya jangan terlalu berlebihan.

Guncang Kacamata Perlahan

cara membersihkan kacamata 3

Langkah ini dimaksudkan agar cairan yang menempel pada lensa tidak terlalu banyak karena dapat meninggalkan bekas embun. Bekas embun yang menempel tentunya akan membuat lensa kacamata anda terlihat kotor. Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Setelah lensa kacamata cukup basah, guncangkan kacamata anda secara perlahan dengan gerakkan ke atas dan ke bawah.
  • Jika anda menggunakan air sabun, anda perlu membilas lensa kacamata dengan air bersih terlebih dulu kemudian guncangkan secara perlahan.

Keringkan Dengan Kain Halus

cara membersihkan kacamata 4

Langkah selanjutnya adalah keringkan cairan khusus lensa kacamata atau air sabun pada lensa dengan perlahan menggunakan kain kering. Selalu gunakan kain dengan bahan yang lembut seperti kain katun halus atau kain microfiber yang banyak dijual di optik-optik, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan kain microfiber atau kain katun halus dalam keadaan kering.
  • Angkat kacamata anda dengan memegang bagian bingkainya dan jangan menyentuh bagian lensanya.
  • Gosok lensa menggunakan kain tersebut dengan arah horizontal.
  • Jangan menekan lensa terlalu keras karena bisa merusak kacamata anda.

Simpan Kacamata Jika Tidak Dipakai

cara membersihkan kacamata 5

Terakhir, simpanlah kacamata anda di dalam tempat khusus kacamata yang terhindar dari debu apabila tidak digunakan. Dengan selalu menyimpan kacamata anda pada tempat yang tertutup, kebersihan kacamata anda akan tetap terjaga tanpa perlu membersihkannya terlalu sering.

  • Siapkan box kacamata yang lengkap dengan penutupnya.
  • Simpan kacamata di dalam box dengan posisi lensa menghadap ke atas.
  • Pastikan anda menutup box kacamata dengan rapat.

Baca juga: 7 Cara Agar Bisa Tidur Dengan Cepat Yang Mudah Untuk Dipraktekan

Itulah cara membersihkan kacamata yang dapat anda aplikasikan dengan mudah. Sebagai alat bantu penglihatan atau aksesoris penunjang penampilan, menjaga kebersihan lensa kacamata merupakan perawatan rutin yang harus anda lakukan.

Dengan cara yang tepat, anda dapat menjaga kebersihan kacamata anda tanpa merusaknya. Sebagai tambahan, simak tips singkat dibawah ini untuk memilih kacamata yang tepat untuk anda.

  • Pilih Material Plastik

Pada umumnya lensa kacamata terbuat dari bahan kaca dan plastik. Kedua bahan tersebut tentunya memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri.

Namun, saat ini lensa kacamata plastik lebih banyak digemari karena dinilai lebih praktis. Lensa kacamata plastik tidak mudah pecah jika anda menjatuhkannya.

  • Sesuaikan Dengan Bentuk Wajah

Agar kacamata yang anda gunakan dapat membuat penampilan anda terlihat lebih menarik, pilihlah bentuk lensa yang sesuai dengan bentuk wajah. Contohnya, jika anda memiliki bentuk wajah yang bulat, pilihlah bentuk kacamata kotak.

  • Pastikan Kenyamanan Frame

Bentuk frame juga sangat menentukan kenyamanan kacamata yang anda pakai. Oleh karena itu, pastikan desainnya sesuai dengan bentuk wajah dan kepala anda.

Selamat mencoba tutorial cara membersihkan kacamata diatas yah!

 

Leave a Reply