Bunga Rafflesia Arnoldii, Bunga Tunggal Terbesar dan Terberat di Dunia

Bunga Rafflesia merupakan bunga terbesar dan terberat yang ada di dunia, tidak hanya itu bunga ini pun memiliki bau yang sangat menyengat.

Bunga Rafflesia itu sendiri terdiiri dari 28 spesies tanaman yang berbunga parasit, dimana bunga ini merupakan bunga asli hutan tropis/hujan yang ada di kawasan Asia Tenggara. Dan salah satu spesies Rafflesia yang sangat terkenal yaitu Rafflesia Arnoldii.

Rafflesia itu sendiri merupakan sebutan yang merujuk pada Rafflesia Arnoldii. Bunga ini pun merupakan salah satu bunga terbau yang ada di dunia. Rafflesia Arnoldii ini adalah tanaman parasit yang tumbuh dan merambat dari tanaman inang. Keberadaan bunga yang satu ini hanya bisa kita ketahui jika tunasnya telah muncul. Diketahui Rafflesia Arnoldii ini membutuhkan waktu yang cukup lama yakni sekitar sepuluh bulan untuk tunasnya bisa mekar, meskipun umur bunganya hanya beberapa hari saja.

Penamaan bunga yang satu ini tidak bisa terlepas dari sejarah penemuaannya pertama kali pada tahun 1818 di hutan tropis Bengkulu, Sumatera, di suatu tempat tepatnya di dekat Sungai manna, Lubuk Tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan. Karena sebagai tempat pertama kali ditemukan bunga ini, untuk itulah Bengkulu dikenal oleh dunia sebagai The Land of Rafflesia atau Bumi Rafflesia.

Bunga ini pertama kali ditemukan oleh Sir Stamford Raffles dan seorang ahli fisika yang bernama Joseph Arnold. Pada saat kedunya sedang menjelajahi daerah penemuan bunga ini, mereka mencium suatu bau yang sangat busuk serta menyengat. Karena merasa penasaran mereka mencari asal bau tersebut dan mereka menemukan bunga yang satu ini. Setelah diidentifikasi dengan cermat maka ditemukanlah identitas bunga ini. Dan nama bunga in diambil dari nama kedua penemu tersebut.

Rafflesia Arnoldii ini merupakan bunga tunggal terbesar. Meskipun bunga Titan Arum juga dikatakan sebagai bunga terbesar, namun yang menjadi kebenarannya bunga tersebut adalah bunga terbesar dan bercabang, jadi bukanlah bunga tunggal.

Bunga Rafflesia ini terbentuk dari lima kelopak, dan yang menjadi perbedaannya bunga ini bisa memiliki diameter maksimum 100 cm dan beratnya bisa mencapai 7-11 kg. Kelopak bunga ini pun bisa memiliki ketebalan 2,5 cm. Bahkan spesies Rafflesia yang lainnya memiliki ukuran bunga yang lebih besar dan terkecil berukuran 12 cm.

Bunga Rafflesia Arnoldii ini adalah parsit yang tidak berakar, tidak berdaun serta tidak bertangkai. Karena tidak berdaun, bunga ini pun tidak mampu berfotosintesis. Bunga ini menghisap unsur anorganik dan organik dari tanaman inang Tetrastigma. Bunga yang satu ini memiliki lima daun mahkota yang mengelilingi bagian yang terihat layaknya mulut gentong. Di dasar bunga terlihat bagian seperti piring berduri yang berisi benang sari atau putik dan bergantung pada jenis kelamin bunga itu sendiri. Karena bunga ini memiliki bau yang sangat busuk, untuk itulah hewan penyerbuk bunga ini adalah lalat.

Saat ini bunga Rafflesia Arnoldii ini dilindungi oleh pemerintah karena hampir punah. Untuk melihat bunga ini secara langsung kita bisa menggunjungi kebun Raya Bogor. Pertama kali bunga ini ditanam dikebun Raya Bogor yaitu pada tanggal 19 Desember 1992. Nah, di bawah ini kami sajikan sebuah video yang menggambarkan keunikan dari bunga Rafflesia Arnoldii.

Sangat unik bukan? Yuk bagikan artikel ini kepada teman dan orang-orang terdekat anda. Serta jangan lupa berikan komentar anda pada kolom komentar yang ada di bawah ini. Semoga bermanfaat.