Inilah Dia Semut Paling Mematikan di Dunia yang Pernah Ada

Ketika mendengar kata ‘semut’ mungkin kita semua berpikir bahwa ia merupakan makhluk berukuran kecil yang tidak berdaya.

Ya anggapan tersebut memanglah benar adanya karena biasanya hanya dengan sekali ditekan saja semut sudah mati. Bahkan gigitannya saja dianggap tidak ada apa-apanya. Semut ini adalah serangga yang memiliki jenis lebih dari 12.000. Pada umumnnya semut ini dikenal sebagai serangga sosial karena semut biasanya hidup berkelompok atau berkoloni dengan beranggotakan ribuan per koloni.

Meskipun semut ini dianggap sebagai hewan kecil tetapi kita tidak lantas meremehkannya. Karena meskipun kecil semut ini termasuk hewan terkuat di dunia. Dimana semut jantan mampu menopang lima puluh kali dari berat beban badannya sendiri, dibandingkan dengan gajah yang hanya bisa menopang dua kali dari berat badannya . Tidak hanya itu, ternyata makhluk yang selama ini kita anggap lemah tesebut bisa sangat mematikan. Meskipun tidak semua semut mematikan, tetapi ada diantaranya salah satu semut yang dianggap sebagai semua paling mematikan di dunia. Dimana semut yang paling mematikan di dunia tersebut merupakan semut Bulldog.

Semut Bulldog atau yang biasa dikenal dengan semut banteng ini merupakan semut yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan denan semut-semut lainnya, dimana semut ini memiliki panjang hampir 4 cm dan sengatakan sekitar 0,5 cm. Semut tersebut merupakan semut yang agresif, memiliki rahang panjang, lurus serta kuat. Tidak hanya itu, sengatan dari semut ini pun berisi racun.

Semut banteng ini memang dianggap sebagai semut yang paling agresif di Australia. Di Australia sendiri ada 90 spesies semut banteng, dan semuanya termasuuk ke dalam Ordo Hymenoptera serta dari Keluarga Formicidae , dimana diklasifikasikan berbeda disesuaikan dengan panjang antena mereka.

Spesies semut banteng ini memiliki warna merah atau orange terang pada kepala atau perut. Salah satu semut terbesar dari spesies tersebut yakni berukuran sampai 1,51 inci atau 3,8 cm panjangnya. Semut yang satu in memakan nektar dari tanaman atau memangsa serangga. Pada dasarnya mereka membangun sarang di bawah tanah dengan menggunakan pintu masuk yang sangat kecil.

Sebutan semut Bulldog diberikan kepada semut yang satu ini karena cengkraman serta gigitan yang kuat dari semut ini sendiri. Semut ini akan menjaga sarang mereka sendiri dengan sangat ganas. Mereka akan menyerang siapa saja yang menjadi penyusup. Bahkan beberapa semut banteng ini dikenal sebagai semut peloncat karena semut ini akan meloncat pada setiap penyusup yang datang.

Dengan kemapuan penglihatan yang sangat baik semut ini akan mengejar atau mengikuti penyusup dari sarangnya. Semut ini akan menggunakan rahang yang kuat menyerupai cakar ketika hendak mengambil makanan, mengusir predator serta menghancurkan mangsa. Semut ini akan memberikan sengatan yang menyakitkan dengan menggunakan rahang serta mencengkram penyusup datang dan kemudiann melemahkannya lalu menyengat atau menyuntikan korbannya dengan racun.

Semut ini akan melakukan hal yang serupa jika ada sesuatu yang akan mengancamnya. Bahkan jika sarangnya mereka benar-benar terancam maka pasukan semut dalam jumlah besar akan datang menyerang. Menurut beberapa sumber setidaknya ada enam kematian akibat sengatan dari semut yang satu ini di Australia, lima di Tasmania dan satu di New South Wales.

Kematian yang disebabkan oleh semut ini dilaporkan bahwa semuanya lai-laki berumur 40 sampai 80 tahun. Oleh sebab itu, jika anda menemukan semut yang satu ini anda harus berhati-hari dan jangan pernah berencana untuk mengusiknya. Di bawah ini merupakan video yang menggambarkan semut bulldog yang bisa anda saksikan.

Yuk bagikan artikel ini kepada orang-orang disekitar anda dan jangan lupa berikan komentar anda di bawah ini.

Leave a Reply