Berwisata Menyusuri Keindahan Ngarai Sianok Melalui Janjang Koto Gadang

Kebesaran nama dan keindahan tembok China memang sudah tidak diragukan lagi.

Dengan keindahannya tembok China mampu menempatkan dirinya sebagai salahsatu dari sekian banyak keajaiban dunia yang membuat banyak orang ingin mengunjunginya, namun tahukah anda jika Indonesia juga memiliki hal serupa yang dilengkapi dengan pemandangan alam yang tak kalah indahnya? Jika anda ingin merasakan pengalaman berada di tembok besar China, sepertinya anda bisa mengunjungi sebuah lokasi bernama Janjang Koto Gadang atau dikenal juga sebagai The Great Wall of Koto Gadang.

Janjang Koto Gadang terletak di Kota Padang, Sumatera Barat, terbentang sejauh 1,5 kilometer dari Kota Agam menuju Bukittinggi. Keindahan dan namanya sudah cukup dikenal oleh banyak orang yang penasaran bagaimana rupa dari great wall versi Indonesia ini. Penampakannya sendiri hampir serupa dengan tembok yang ada di negeri tirai bambu, bagian jalannya sudah diberi tembok batu, bagian pinggirnya pun diberi pembatas yang berukuran kurang lebih satu meter.

05-janjang-koto-gadang

The Great Wall of Koto Gadang ini sendiri sebenarnya sudah ada semenjak dahulu, yakni berbentuk jalan setapak menyusuri Ngarai Sianok. Dengan bentuknya yang kurang menarik tersebut dan susah dilalui membuat turis enggan berkunjung, meski pemandangan Ngarai Sianok yang terkenal indah bisa anda lihat dengan jelas dari situ.setelah mendapatkan perhatian dan perombakan, maka kini lokasi ini menjadi salahsatu lokasi favorit kunjungan banyak sekali turis baik domestik maupun mancanegara, apalagi jalan ini menghubungkan beberapa lokasi sekaligus, seperti goa Jepang.

Menyusuri The Great Wall of Koto Gadang

Bagi anda yang gemar dengan trekking, sepertinya menyusuri jalanan panjang Janjang Koto gadang ini bisa menjadi pilihan untuk berwisata, jalannya cukup panjang, berliku dan menanjak. Meskipun demikian bagi anda yang tidak terlalu suka dengan trekking pun masih bisa menikmatinya dengan berjalan santai sembari melihat pemandangan super indah dari Ngarai Sianok. Pemandangan yang indah tersebut pasti tidak akan bisa dilewatkan untuk diabadikan menggunakan lensa kamera anda. 

Meskipun memang terkesan sangat meniru konsep The Great Wall di China, dengan membuat miniaturnya, namun sisi positifnya adalah perkembangan pariwisata Janjang Koto Gadang ini bisa meningkat dengan baik. pemandanagannya yang indah menjadi pengalaman tersendiri yang tidak bisa anda temukan di tempat lainnya.

Transportasi Menuju The Great Wall of Koto Gadang

Jika anda tertarik untuk berkunjung menyususri jalanan panjang janjang Koto Gadang ini, maka dengn titik keberagkatan dari Kota Bukittinggi anda tinggal menggunakan satu kali transportasi dari sekitaran Jam Gadang menuju Koto Gadang, transportasi yang digunakan beragam bisa angkot atau bendi yang langsung menuju ke lokasi Janjang berada. Tarifnya berkisar antara 2500 rupiah untuk angkot dan 15000 rupiah untuk bendi. Apabila menggunakan kendaraan pribadi anda bisa langsung menuju ke lokasi tanpa perlu repot mencari transportasi lagi.

Akomodasi

Bagi anda yang ingin beberapa hari menikmati alam Bukittinggi, maka anda bisa melakukan reservasi penginapan di sekitaran Kota Bukittinggi. Tersedia cukup banyak pilihan tempat menginap, tinggal anda sesuaikan dengan bujet dan kebutuhan. Untuk urusan kuliner anda juga bisa berkeliling sekitaran kota untuk mencari makanan khas dari Kota Bukittinggi dan mencicipinya satu persatu.

Bagaimana? Tertarik berkunjung dan menikmati alam indah Ngarai Sianok melalui jalanan panjang Janjang Koto Gadang? Jangan lupa untuk menekan tombol sahre dan membagikan artikel ini kepada teman dan sahabat anda. Berikan juga komentar anda mengenai keindahan Janjang ini.

Leave a Reply