Berwisata Di Selat Sunda, Gunung Api Purba Krakatau

Indonesia memiliki banyak sekali gunung api purba dan besar yang tersebar di berbagai wilayahnya.

Sebagian besar masih aktif dan sebagian lainnya sudah tidak aktif. Dari sekian banyak gunung tersebut pemandangan serta misteri dibaliknya menjadi hal menarik untuk di eksplorasi dan dikunjungi, gunung-gunung tersebut sangat menarik apabila dijadikan sebagai salahsatu destinasi wisata yang cukup memberikan pengalaman berbeda.

Jika kini mungkin anda mendengar nama-nama semacam Gunung Merapi di Jogja dan Gunung Sinabung di Tanah Karo Medan, maka jauh sebelum itu nama besar Krakatau lah yang sangat mendunia. Terletak di Selat Sunda, sebuah selat antara Pulau Jawa dan Sumatera, reputasi gunung ini sudah tidak perlu diragukan, mungkin anda sudah pernah mendengar kehebatan ledakan Gunung Krakatau ini hingga mampu mengubah iklam di dunia.

Pada saat meletus di tahun 1883 awan panas dan tsunaminya hingga menewaskan 3600 jiwa manusia, dan merupakan yang terdahsyat di dunia sampai akhirnya tsunami Aceh pada tahun 2004 melanda. Meskipun ledakannya masih jauh berada di bawah letusan Gunung Tambora ataupun Toba, letusan Gunung Krakatau juga masih termasuk dalam salahsatu gunung dengan letusan dahsayt pada saat populasi manusia di dunia terhitung padat dan kekmampuan ilmu dan teknologi sudah jauh berkembang. Kini jauh setelah ledakannya mah dahsyatnya tersebut muncul kembali sebuha gunung berapi, meskipun dengan ukuran yang jauh lebih kecil darii sang induk bernama Anak Krakatau. 

Berbicara mengenai krakatau maka tidak lengkap rasanya jika tidak berbicara mengenai traveling atau jalan-jalan. Area sekitar krakatau kini bisa menjadi salahsatu objek alternatif yang bisa dikunjungi dalam berbagai tujuan. Bisa untuk fotografi, sekedar menikmati pemandangan alamnya yang menakjubkan, hingga yang bersifat penelitian. Sebab keberadaa alam di sekitar Krakatau ini dianggap sebagai laboratorium raksasa di mana lahan biologi, geologi, juga vulkanologi tersedia dengan baik dan siap menjadi lahan bagi para peneliti.
Dengan berwisata ke area Krakatau yang juga sudah ditetapkan sebagai salahsatu cagar alam ini merupakan hal yang sangat menyenangkan, sebab anda bisa melihat bagaimana sebuah gunung api aktif yang sewaktu-waktu bisa saja menunjukan aktivitasnya yang mngeluarkan berbagai material dari dalam perut bumi. Selain itu keindahan bawah lautnya merupakan bagian dari sajian menarik di cagar alam yang juga sudah ditetapkan sebagai salahsatu sistus warisan bersejarah dunia oleh UNESCO.

Daya Tarik Krakatau

Krakatau sendiri merupakan sebuah kepulauan vulkanik yang didalamnya menyimpan sejuta pesona berupa berbagai kekayaan flora juga fauna, disamping itu kekayaan alam bawah laut yang menyimpan berjuta jenis terumbu karang merupakan hal yang sangat menjanjikan bagi anda sekalian pecinta snorkeling dan diving.

Kegiatan utama yang bisa dilakukan di Kepulauan Krakatau ini sebnarnya dalah treking di Anak Gunung Krakatau, di sana anda akan disambut oleh pasir hitam yang merupakan pasir vilkani panas hasil letupan gunung api tersebut. Anda bisa mengunjunginya saat matahari yang hendak terbit atau di pagi hari, sebab cahaya sunrise yang akan didapatkan akan menjadi hal indah bagi para petualang pemberani yang berani menaklukan ganasnya Krakatau. Titik tertinggi di sana anda bisa capai dengan melakukan treking melewati hutan di lereng gunung, sebab anda dilarang untuk mendaki hingga ke pinggir kawah, sebab akan sangat berbahaya dan bisa dengan mudah menghilangkan nyawa anda.

Dengan keadaan bawah lait yang teramat menjanjikan, salahsatu spot untuk merasakannya adalah Pulau Sertung. Di pulau ini anda bisa mencoba melihat keindahan bawah lait dari kepulauan Krakatau.

Untuk merasakan sensai berpetualang yang berbeda dan terus membuat adrenalin anda meningkat adalah dengan mengunjungi Pulau Rakata, sebab di pulau ini anda bisa mencoba untuk melakukan kegiatan panjat tebing. Pulau Rakata merupakan salahsatu pulau di kepulauan Krakatau yang merupakan sisa-sisa erupsi dahsyat yang terjadi di masa lalu.

Jika anda berniat melihat bagaimana kekayaan alam serta vegetasi yang berkembang di Krakatau maka Pulau Panjang harus masuk ke dalam destinasi anda ketika berada di Kepulauan Krakatau. Selain itu keragaman fauna juga bisa anda dapatkan ketika berada di pulau ini Pulau ini juga menjadi salahsatu spot menyelam dan snorkeling yang sangat bagus bagi para wisatawan yang berkunjung.

Transportasi Menuju Krakatau

Terletak di Selat Sunda, dengan di apit 2pulau besar yakni Jawa dan Sumatera, maka anda bisa menuju ke Kepulauan Krakatau dari 2 tempat tersebut. Berikut ini cara mencapai Krakatau dari kedua tempat tersebut.

Titik Keberangkatan Jakarta

Jika budget anda mencukupi, anda bisa menyewa kapal pesiar dari Tanjung Priok menuju ke Kepulauan Krakatau, namun jika hendak menggunakan transportasi umum, maka rute yang harus dilalui adalah sebagai berikut Pelabuhan Merak-Pelabuhan Bakauhuni-Pelabuhan Tanjung Bom-Pulau Sabesi-Krakatau. Lama perjalanan bervariasi tergantung pada cuaca. Kendaraan yang digunakan berupa perahu penumpang biasa dan kapal feri untuk penyebrangan pulau.

Titik Keberangkatan Bandar Lampung

Jika titik awal kebrangkatan di Bandar Lampung maka langkah pertama adalah anda harus menju ke arah Lampung Selatan, tepatnya di Desa Canti. Dari Desa Canti ini barulah tersedia kapal pesiar, perahu motor biasa, dan kapal cepat yang bisa mengantarkan anda ke Krakatau. Lama perjalan tergantung pada jenis kendaraan yang anda tumpangi, juga keadaan cuaca pada saat keberangkatan.

Penginapan Di Area Krakatau

Reservasi penginapan hanya bisa anda dapatkan dan lakukan di Kalianda. Di sana terdapat beberapa hotel yang bisa memnuhi kebutuhan akomodasi anda ketika berlibur. Salahsatu yang terkenal adalah Krakatoa Nirwana ReResort yang juga menyediakan paket wisata Krakatau. Namun jika berniat menginap di sekitar cagar budaya maka anda bisa menghubungi pengelola yang berada di Pulau Sertung untuk mengatur jadwal.

Tips Mengunjungi Krakatau

Ada beberapa hal yang harus diingat ketika anda mengunjungi Krakatau, antara lain.

  1. Buatlah terlebih dahulu Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (SIMAKSI) sesuai dengan tujuan kalian datang ke agar alam Krakakatu. Pembuatan dilakukan dengan membutuhkan beberapa persyaratan, yang semuanya bisa dibuat di BKSDA Lampung. Untuk pembuatan anda bisa menghubungi Bpk. Ari Rakatama dengan nomo Telepon: +62 721 703882 or +62 813 69455403.
  2. Tidak tersedianya warung apalagi restoran membuat anda harus mempersiapkan segala kebutuhan logistik selama berkegiatan di Krakatau.
  3. Patuhi dan taati peraturan selama berada di Krakatau, sebab area tersebut merupakan area yang terhitung masih berbahaya, dan merupakan wilayah gunung api vulkanik yang masih aktif dan senantiasa menyemburkan material-material berbahaya.
  4. Perhatikan juga jadwal kunjungan anda, sehingga ketika anda berkunjung aktivitas gunung tersebut sedang dalam keadaan yang normal dan tidak terlalu berpotensi membahayakan.
  5. Cobalah untuk menjelajah setiap pulau yang ada di kepulauan krakaktu sebab setiap pulaunya menyimpan keindahannya masing-masing yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Tertarik berkunjung? Sipakan mental anda, dan jangan lupa ajak saudara serta teman anda dengan cara menekan tombol share.

Leave a Reply